10 Cara Alami Untuk Mengobati Kondisi Insomnia

Setiap orang pastinya akan mengalami kesulitan tidur dari waktu ke waktu entah itu kapan dan apa penyebabnya. Tergantung pada bagaimana tidur tersebut mempengaruhi kita, dan ternyata kualitas tidur yang buruk juga dapat mempengaruhi kualitas kita dalam berbagai cara. Oleh karena itu, kita harus mencari tahu pengobatan alternatif yang cepat dalam mengatasi masalah gangguan tidur tersebut.

Obat tidur merupakan cara yang paling utama yang banyak di ambil orang sebagai penanganan yang cepat untuk menyembuhkan kondisi tersebut. Namun, tentunya pil tidur tersebut memiliki efek samping yang justru mungkin akan memperburuk kondisi bahkan dapat menimbulkan beberapa gejala yang akan merusak organ tubuh kita. Untungnya, ada banyak metode yang akan membantu kita dalam mengetasi kondisi susah tidur tersebut dengan cara yang alami dan dapat membantu kita untuk menghilangkan gangguan insomnia.

Mematikan lampu

Cahaya diketahui dapat mempengaruhi kemampuan kondisi tubuh untuk menentukan malam hari yang dapat mempengaruhi jam sirkadian kita. Jadi untuk itu, kita dianjurkan untuk matikan lampu saat kita akan tidur. Kecuali kita memiliki masalah kondisi dengan tidur dalam kondisi ruangan gelap yang justru membuat tubuh kita menjadi susah tertidur.

Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dan ditemani dengan segelas susu hangat atau mendengarkan musik yang menenangkan juga dapat membantu tubuh dan pikiran kita menjadi rileks yang menyebabkan tidur malam hari kita menjadi nyenyak. Lihat juga penyebab dan gejala insomnia!

Jangan tidur siang

Tidur siang dapat kita lakukan selama kita hanya mempunyai waktu tidur siang sekitar satu jam dan lebih baiknya lagi yaitu sebelum jam 3 siang. Karena tidur siang ini akan membuat kita menjadi sulit untuk mendapatkan waktu tidur malam yang berkualitas apalagi bagi yang tidak terbiasa tidur siang.

Olahraga ringan

Kita juga bisa mencoba metode lainnya untuk meningkatkan kualitas tidur kita dengan melakukan olahraga ringan seperti bermeditasi atau yoga, karena cara seperti ini juga dipercaya dapat menjaga waktu tidur kita pada malam hari. Asalkan kita harus bisa untuk menghindari beberapa jenis olahraga yang terbilang berat dan sulit dilakukan.

Cara lain

Jika kita memang sudah tidak bisa mengatasi kondisi tersebut dengan cara apapun, kita bisa mengatasinya dengan cara lain yaitu alihkan aktivitas kita seperti membaca atau berjalan-berjalan ringan, karena dengan kebiasaan membaca saja sudah dapat membuat mata kita menjadi lelah dan akan ceoat tertidur dengan mudah.

Suhu ruangan yang nyaman

Dengan mengatur suhu ruangan pun dapat membantu kita untuk mengetasi kondisi gangguan tersebut, karena suhu ruangan juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan kita dalam tidur, seperti halnya tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin.

Hindari asupan stimulan seperti kafein

Mengurangi asupan depresan seperti alkohol dan kebiasaan merokok selama tidur. Dengan meminum minuman beralkohol memang dapat membuat kita mudah utnuk mengantuk dan menyebabkan kita untuk terbangun pada pagi hari, namun kebiasaan buruk setelah itu pastinya kalian memilih merokok, bukan?, karena kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah pernapasan di malam hari.

Disiplin waktu

Kita harus bisa menetapkan waktu tidur dan membiasakan waktu ketika akan bangun tidur secara rutin, hal ini akan membantu mengatur jam biologis kita sehingga tubuh akan mengetahui kapan harus tidur dan kapan harus bangun. Lihat juga posisi tidur yang baik menurut dokter!

Jangan merokok

Sebuah studi menemukan bahwa seorang perokok memiliki resiko yang empat kali lebih mungkin untuk mendapatkan kualitas tidur yang buruk dibandingkan dengan bukan perokok. Para peneliti di The Johns Hopkins University School of Medicine, menyebutkan bahwasanya efek stimulatif dari nikotin dapat membuat orang menjadi susah untuk mendapatkan waktu tidur yang tepat dan berkualitas. Selain itu, dengan merokok juga juga dapat memperburuk kondisi gangguan tidur kita seperti timbulnya sleep apnea dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma, yang dapat membuat kita menjadi sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Tidak menggunakan alat-alat elektronik

Sebuah survei dari National Sleep Foundation (NSF) menemukan bahwa hampir semua peserta yang menggunakan beberapa jenis perangkat atau alat elektronik seperti televisi, komputer, video game, atau ponsel, dalam satu jam terakhir sebelum tidur mempunyai masalah waktu tidur yang sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang nyenyak dan berkualitas. Karena paparan cahaya dari perangkat tersebut dapat merangsang otak, sehingga membuat sulit respon tubuh kita untuk menguap.

Jika kita tidak bisa mengatasi kondisi insomnia dengan beberapa cara seperti diatas tersebut, kita juga bisa menggunakan makanan tertentu yang dapat meningkatkan kualitas tidur kita dengan cepat tanpa menggunakan obat-obatan untuk merangsang tidur, karena hal tersebut tetap saja mempunyai efek samping yang tidak pernah duga-duga sebelumnya.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *