10 Gejala Pada Penyakit Ginjal

Banyak orang yang menderita penyakit ginjal kronis yang tidak di ketahui dengan pasti gejala awalnya.. Hal ini dapat memakan waktu bertahun tahun dari penyakit ginjal kronis (CKD) ke gagal ginjal. Kebanyakan orang dengan CKD menjalani hidup mereka tanpa ginjal dengan fungsi yang baik. Orang yang sudah menderita pada stadium 3 CKD memiliki sekitar 80% kemungkinan tidak akan mempunyai ginjal dengan fungsi yang normal.

Pada setiap tahap penyakit ginjal, pengetahuan akan penyakit ini juga dapat membantu kita dalam tahap proses pemulihan. Mengetahui gejala yang terjadi pada penyakit ginjal dapat membantu anda untuk mendapatkan perawatan yang di butuhkan untuk merasa lebih baik lagi. Jika anda atau seseorang yang anda kenal memiliki satu atau lebih dari gejala berikut dari penyakit CKD, atau anda khawatir tentang masalah ginjal, seharusnya anda berkonsultasi ke dokter untuk melakukan tes darah dan urin. Ingat, banyak gejala dapat disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya. Satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab gejala anda adalah untuk memeriksakannya terlebih dahulu sebelum masalah penyakit bertambah parah.

Banyak orang yang menderita penyakit ginjal kronis tidak tahu mengetahui gejala gejala awal yang terjadi sehingga tidak tahu bagaimana cara menangani tindakan hal seperti ini. ini dia beberapa gejala yang terjadi seperti berikut :

Gejala 1 : Gejala terjadi pada saat buang air kecil

  • Sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil
  • Urine mungkin berbusa atau bergelembung.
  • Sering buang air kecil dalam jumlah yang sangat banyak dengan urine warna yang pucat
  • Buang air kecil dengan jumlah yang kecil dan warna urine berubah jadi gelap
  • Kemungkinan urine mengandung darah
  • Adanya kesulitan saat buang air kecil

Gejala 2: Pembengkakan

Gagal ginjal tidak mengeluarkan cairan tambahan, yang terbentuk dalam tubuhlah yang menyebabkan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, kaki, wajah, dan / atau tangan.

Gejala 3: Kelelahan

Ginjal yang sehat membuat hormon yang disebut eritropoietin atau EPO, yang memberitahu tubuh anda untuk membuat sel-sel darah merah untuk membawa oksigen. Dengan sel darah merah lebih sedikit bisa membuat otot, dan jantung bekerja dengan keras dan membuat tubuh merasa cepat lelah.

Gejala 4: Ruam kulit / Gatal

Ginjal membuang limbah dari aliran darah. Ketika fungsi ginjal bekerja tidak baik atau gagal ginjal, maka limbah dalam darah anda dapat menyebabkan gatal atau ruam pada kulit.

Gejala 5: Rasa yang aneh di mulut / Amonia nafas

Sebuah limbah dalam darah (disebut uremia) dapat membuat rasa makanan yang kita konsumsi berbeda dan menyebabkan bau mulut. Anda juga akan mulai berhenti menyukai makan daging, atau bahkan anda akan kehilangan berat badan karena perasaan yang anda rasakan seperti orang yang tidak makan.

Gejala 6: Mual dan muntah

Sebuah penumpukan limbah yang terjadi dalam darah (uremia) juga dapat menyebabkan mual dan muntah, kehilangan nafsu makan pun dapat menyebabkan penurunan pada berat badan.

Gejala 7: Sesak Nafas

Kesulitan saat mengirup udara yang anda alami dapat berhubungan dengan penyakit ginjal dalam dua cara. Pertama, cairan ekstra dalam tubuh dapat mmenumpuk di paru-paru. Dan kedua, anemia (kekurangan sel darah merah membawa oksigen) dapat meninggalkan tubuh anda kekurangan oksigen dan kehabisan napas.

Gejala 8: Merasa Dingin

Anemia dapat membuat anda merasa dingin sepanjang waktu, bahkan di ruangan yang hangat, karena kekurangan darah akan membuat tubuh terasa dingin di bawah suhu tubuh normal pada umumnya.

Gejala 9: Pusing dan Masalah Berkonsentrasi

Anemia yang berhubungan dengan gagal ginjal berarti otak anda tidak mendapatkan banyak cukup oksigen. Hal ini dapat menyebabkan masalah memori, masalah dengan konsentrasi, serta pusing, karena bagian kepala terutama otak pun membutuhkan oksigen untuk menyeimbangkan tubuh.

Gejala 10: Sakit pada kaki

Penyebab paling umum dari CKD tidak menimbulkan rasa sakit. Dan banyak rasa sakit yang terjadi di dekat ginjal tersebut tidak disebabkan oleh masalah ginjal yang rusak. Beberapa orang dengan masalah ginjal mungkin memiliki rasa sakit di punggung atas (di bagian letak ginjal) atau pada sisi yang sama dengan ginjal yang terkena.

Ini dia beberapa masalah yang terjadi pada ginjal :

  • Penyakit ginjal polikistik (PKD), yang menyebabkan besar, kista berisi cairan pada ginjal dan kadang-kadang hati, bisa menyebabkan nyeri.
  • infeksi ginjal dan batu ginjal dapat menyebabkan sakit parah, sering kejang.
  • infeksi kandung kemih dapat menyebabkan terbakar ketika buang air kecil.
  • Orang yang memiliki medula ginjal spons mengatakan itu menyakitkan.

Tanpa kita sadari betapa berharganya organ organ yang ada pada tubuh kita dengan berbagai macam fungsi yang berbeda, sudah seharusnya kita menjaga serta merawatnya dengan asupan makanan bergizi yang dapat membuat proses pencernaan kita menjadi lebih baik, tentunya ini akan berdampak posotif pada tubuh kita jika kita dapat mengatur pola gaya hidup kita menjadi lebih baik lagi.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *