10 Jenis Makanan Penyebab Timbulnya Batu Ginjal

Ginjal mempunyai peranan penting untuk menyaring limbah atau kotoran keluar dari tubuh. Organ ini berada di kedua sisi tulang belakang yang berfungsi untuk menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter limbah sebelum keluar dari tubuh melalui buang air kecil. Jelas saja kalau ginjal sangat penting untuk mendetoksifikasi tubuh dengan tepat. Namun, tetap saja ada makanan tertentu yang dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal dan menimbulkan kerusakan, sehingga ginjal tidak berfungsi lagi secara normal.

Asupan kafein berlebihan

Terlalu banyak asupan kafein dalam bentuk kopi, teh, dan soda dapat membuat ginjal menjadi stres dan mengembangkan terhadap pembentukan batu ginjal karena kadar kalsiumnya yang tinggi dalam urin, dan gagal ginjal tersebut karena kualitas stimulan yang bisa menyebabkan organ kelelahan.

Rhubarb

Jika kondisi dari penyakit batu ginjal tersebut di dapat dari turun-temurun atau penyakit bawaan dari keluarga, maka kita harus menghindari makanan yang mengandung oksalat (yang merupakan sebuah zat pembentuk batu). Rhubarb adalah salah satu makanan yang sangat tinggi akan kadar oksalat.

Pemanis buatan

Penelitian menunjukkan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi cara terbaik untuk memilih jenis pemanis buatan yaitu dari pemanis buatan alami dari madu, stevia atau agave sebagai gantinya. Lihat juga 9 ciri timbulnya penyakit batu ginjal!

Daging

Protein hewani juga sangat erat hubungannya dengan batu ginjal dan kerusakan organ tersebut. Hal ini disebabkan karena mengkonsumsi diet tinggi protein dapat menempatkan tekanan khusus pada ginjal mereka karena limbah protein sulit untuk dikeluarkan.

Sarden

Jika kita rentan terhadap pembentukan batu ginjal, maka kita harus bisa menghindari beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi purin (senyawa organik yang meningkatkan aroma). Salah satunya makanan sarden ini yang mempunyai tinggi akan kandungan purinnya.

Garam

Makanan yang mengandung garam berlebihan jika kita konsumsi secara terus-menerus juga akan menyebabkan tertahannya air dan mendorong jumlah retensi air. Yang berarti dengan kelebihan natrium akan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Minuman berkarbonasi

Jenis minuman berkarbonasi (soda, minuman berenergi dan minuman jus berkemasan) dapat meningkatkan risiko untuk pembentukan batu ginjal dan bahkan beresiko untuk penyakit ginjal. Sebagai alternatifnya, kita bisa menggantinya dengan jenis buah-buahan yang mengandung kadar air yang tinggi, seperti dari stroberi, anggur, apel, dll.

Sayuran berdaun

Kita sudah mengetahui bahwasanya batu ginjal tersebut terbentuk karena adanya penumpukan kalsium oksalat. Dan orang-orang yang memiliki tingkat tinggi senyawa kimia dalam urin mereka lebih rentan terhadap pembentukan batu. Itulah bagaimana pentingnya untuk menjauhi beberapa sayuran berdaun hijau seperti bayam, okra, dan lobak Swiss.

Produk susu

Alasan yang paling umum kenapa kita ingin meminum susu, yaitu karena kandungan kalsiumnya yang berperan penting sebagai pendukung pertumbuhan dan pembangunan tulang yang kuat. Namun, bagi mereka yang sangat rentan terhadap penyakit batu ginjal, maka nutrisi dari susu pun menjadi musuh. Karena, hal tersebut dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin, membuat pengeluarkan limbah menjadi lebih sulit dan tentunya mendorong pembentukan batu ginjal.

Makanan olahan

Kebanyakan makanan olahan sekarang ini banyak di produksi dan juga banyak digemari, karena biasanya rasanya yang gurih, mudah di bawa kemana-mana dan di makan kapan saja. Namun, tahukah kalian bahwasanya makanan olahan tersebut dapat merusak ginjal dan fungsi hati yang sehat, karena mengandung bahan pengawet tertentu yang dapat berperan terhadap pembentukan batu ginjal.

Yang kita tahu pengobatan medis untuk proses penghancuran atau pengeluaran batu ginjal sangatlah mahal dan tentunya mempunyai beberapa efek samping yang sangat berdampak terhadap fungsi ginjal atau pun fungsi kerja organ lainnya. Tapi dengan adanya terobosan pengobatan herbal dari KIDNEY CARE CAPSULE FOR MEN dan KIDNEY CARE CAPSULE FOR WOMEN, akan membantu kalian penderita penyakit batu ginjal akut maupun kronis untuk sembuh dengan cepat secara total tanpa khawatir akan kambuh kembali di kemudian hari. Obat ini tidak hanya sebagia penghancur penumpukan batu ginjal, akan tetapi juga berperan penting dalam memberikan nutrisi dan vitamin untuk mengembalikan fungsi ginjal yang rusak atau lemah.

Jika kita tidak mengobati penyakit ginjal dengan cepat dan tepat, maka hal tersebut jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan secara permanen sehingga ginjal pun tidak dapat menyaring kotoran atau limbah dari sisa makanan yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh. Dan ada beberapa hal yang terjadi jika ginjal gagal berfungsi, karena peran ginjal tersebut sangatlah penting dan utama dalam membersihkan racun dari dalam tubuh. Jadi jika ginjal rusak tentunya tubuh akan mudah sakit dan bahkan sampai mengancam jiwa, karena tidak keluarnya racun dari dalam tubuh tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *