10 Jenis Manfaat Kesehatan Ikan Tuna

Ikan tuna sangatlah kaya akan kandungannya seperti jumlah vitamin dan nutrisinya yang sangat rendah lemak jenuh dan merupakan sumber protein yang sangat baik utnuk pemenuhan gizi kita sehari-hari. Karena banyaknya pemberitaan yang mengetahui tentang efek bahaya dari kandungan zat merkurinya yang tinggi, maka tidak heran lagi kalau sebagian banyak orang sudah berpaling dari jenis makanan laut tersebut.

Ketika kita mengkonsumsi ikan laut ini dengan batasan tertentu, tentunya kita juga akan mendapatkan sejumlah manfaat yang sudah tersedia dalam jenis ikan tersebut dan juga dapat terhindar dari efek negatif yang disebabkan oleh tingkat merkuri yang tinggi dalam makanan kita. Jika kalian masih terlihat khawatir akan makanan ikan laut jenis tuna ini, maka dari itu kita akan sedikit mencoba untuk mengulas beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan kita.

Protein

Tentunya kita sudah banyak mendengar kan bahwasanya telur dan daging merupakan sumber protein yang sangat tinggi, tapi bagaimana halnya dengan jenis nutrisi yang terkandung dalam ikan?. Salah satunya yaitu dengan gizi tuna adalah kandungan protein yang sangat tinggi. Kita cukup hanya dengan mengkonsumsi sekitar 23 gram dalam ukuran porsi tiga setengah ons, sudah sangat cukup untuk membantu menjaga bagian jaringan dan sel otot-otot yang kua, kesehatan darah, kulit, rambut dan kuku.

Stroke

Tuna dapat membantu kita untuk terhindari dari penyakit stroke. Sebuah studi terbaru telah menunjukkan bahwasanya orang dewasa yang mengkonsumsi 1-4 porsi ikan tuna dalam diet, biasanya akan memiliki risiko 27 persen lebih rendah mengalami stroke iskemik. Lima atau lebih banyak per porsi ikan tuna setiap per minggunya kemungkinan dapat mengurangi risiko stroke hingga 30 persen. Lihat juga cara ampuh pencegahan penyakit stroke!

Tekanan darah

Tuna mengandung asam lemak omega-3, yang akan membantu mencegah kita terhadap timbulnya tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan seperti ikan tuna, yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu dan menjaga agar tekanan darah tetap sehat. Lihat juga ciri-ciri menderita darah rendah!

Trigliserida

Cukup dengan hanya dua porsi ikan tuna dalam seminggu, kita sudah dapat menurunkan kadar trigliserida yang kita derita. Trigliserida dalam aliran darah menunjukkan jumlah kadar kandungan lemak yang terdapat dalam darah tersebut. Jika kita memiliki tingkat tinggi trigliserida, Anda mungkin juga mengalami tingkat tinggi Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dan rendahnya tingkat High Densitas Lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik. Kita bisa mengkonsumsi ikan tuna untuk menurunkan tingkat trigliserida yang kita alami.

Baik untuk jantung

Ukuran fungsi denyut jantung yang dikenal sebagai Heart Rate Variability (HRV), dapat kita tingkatkan hanya dengan mengkonsumsi ikan tuna. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan tuna tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan HRV. Asam lemak omega-3 juga akan melindungi jantung dari kondisi ritme jantung yang abnormal yang bisa berakibat fatal. Lihat juga makanan terbaik untuk jantung!

Penyakit jantung

Konsumsian sehat dan dengan menggunakan aturan untuk mengkonsumsi ikan tuna dalam batasan tertentu juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Faktanya bahwa tuna akan membantu meningkatkan rasio HDL terhadap LDL dalam tubuh yang akan memungkinkan untuk menangkal peningkatan risiko penyakit jantung, terutama ketika menggantikan makanan yang dikonsumsi dengan tinggi lemak jenuh dan dengan kadar kolesterol yang tinggi.

Obesitas

Manfaat lain dari asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan tuna ini adalah kemampuannya yang dapat mengurangi risiko obesitas dengan cara meningkatkan respon insulin tubuh. Asam lemak omega-3 mampu merangsang hormon yang disebut leptin, yang akan membantu proses metabolisme tubuh sambil mengatur berat badan. Tuna juga rendah terhadap Glycemic Index (GI) dan rendah di kedua kandungan kalori dan lemaknya, yang membuat ikan tuna ini menjadi pilihan makanan yang baik bagi mereka penderita obesitas.

Sistem kekebalan tubuh

Tuna merupakan sumber kandungan tinggi protein dan nutrisi seperti selenium dan antioksidan yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari tubuh yang merupakan bagian integral untuk melawan penyakit dan serangan infeksi lainnya. Lihat juga penjelasan mengenai sistem kekebalan tubuh!

Vitamin B

Vitamin B yang terdapat dalam tuna tersebut akan membantu untuk membangun dan memelihara sel-sel darah merah dan meningkatkan energi dalam tubuh. vitamin yang larut dalam air ini akan meningkatkan laju metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kulit agar tetap sehat. Lihat juga nutrisi dan cara pemulihan cidera otak!

Kanker

Tuna dan jenis ikan berlemak lainnya juga mempunyai kelebihan manfaat untuk mengurangi risiko kanker payudara, karena sudah terbukti dalam beberapa macam kandungan nutrisinya yang sudah melalui beberapa uji coba kesehatan. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa lemak yang terdapat dalam jenis ikan tertentu seperti tuna, juga telah membantu mengurangi risiko terhadap penyakit kanker ginjal. Lihat juga diet sehat untuk penyakit kanker!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *