10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Perkembangan Rambut Anda

Banyak aspek tertentu yang secara tidak langsung akan membuat perubahan pada bagian tubuh kita seperti apa yang kita makan dan kebiasaan apa yang kita lakukan akan memberi pengaruh kuat terhadap serat dan komponen rambut. Karena, rambut merupakan mahkota bagi setiap orang yang setiap hari harus di tunjang untuk tampil sehat dan terlihat bagus. Tetapi, sering kali kebiasaan buruk akan membuat rambut kita menjadi rusak dan bermasalah tanpa kita sadari kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan sembarangan pun akan berdampak secara tidak langsung merusak pertumbuhan dan keadaan rambut. Nah, berikut ini kebiasaan buruk yang yang sering kita lakukan yang akan merusak tubuh :

Melakukan mandi uap

Air panas akan membuat setiap helaian rambut menjadi dehidrasi, kering, rambut menjadi rapuh dan yang lebih rentan yaitu terjadinya rambut yang patah dan rontok. Penggunaan minyak pelindung rambut akan menjadi sia-sia, karena panas tersebut akan menghentikan produksi minyak pada bagian kepala, yang justru keadaan ini dapat merusak akar dan menyebabkan rambut menjadi rontok.

Menggunakan alat styling panas

Hawa panas yang dihasilkan oleh alat pemanas styling akan merusak protein pembentuk rambut dan kutikula pelindung, karena jika kutikula rusak, keseimbangan kelembaban rambut pun menjadi terganggu dan rambut menjadi lebih rentan terhadap kerusakan. Batasi penggunaan alat pengering (panas) seperti blowdryer dalam dua atau tiga kali seminggu.

Diet sembarangan

Disaat kita merasakan lapar tubuh kita akan mengarahkan energi yang berlebih terhadap fungsi organ-organ dalam tubuh lainnya seperti membantu jantung dan otak bekerja lebih keras tanpa mendorong fungsi pertumbuhan rambut yang ada ditubuh kita. Bahkan, kita akan langsung mendiagnosis kondisi ini dengan penyakit anoreksia yang merupakan salah satu gejalanya yaitu rambut menjadi rontok parah. Makan makanan yang sehat dengan banyak protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, dan kacang-kacang. Karena pada dasarnya, rambut terbuat dari protein.

Kesalahan penanganan di saat rambut basah

Rambut akan menjadi mudah untuk bercabang ketika kita menggosok-gosokan handuk kering di saat rambut masih basah dan hal ini membuat kutikula pada rambut menjadi hilang akibat gosokan keras dari handuk tadi serta memudahkan rambut kita menjadi rusak dan mudah rontok.

Memakai ikat rambut yang ketat

Kebiasaan ini akan membuat ketegangan yang berlebihan pada folikel rambut yang dapat merusak rambut dan menciptakan bekas luka yang merusak secara permanen. Hal ini dapat menyebabkan alopecia traksi yaitu suatu kondisi permanen yang akan melemahkan folikel rambut dan tidak memungkinkan rambut untuk tumbuh kembali.

Menggaruk-garuk kepala

Kulit kepala yang gatal (seperti yang disebabkan oleh dermatitis seboroik) dapat mengakibatkan rambut menjadi rontok karena kerusakan rambut yang disebabkan oleh kebiasaan menggaruk yang kasar. Setelah terjadinya kerusakan pada kutikula, serat rambut pun menjadi rentan terhadap kerusakan. Kita bisa meringankan gatal dengan sampo yang mengandung selenium, zinc pyrithione, atau minyak pohon teh, seperti Head & Shoulders.

Berjemur dibawah sinar matahari

Ketika kita sedang berada diluar ruangan dengan terik sinar matahari secara langsung dapat memungkinkan rambut kita terkena paparan sinar UV yang dapat menghancurkan kekuatan dan elastisitas rambut kita. Terkena paparan sinar UV dapat menyebabkan lapisan kutikula menjadi lemah dan tidak berfungsi dalam melindungi rambut kita, sehingga rambut pun menjadi rapuh serta dapat menyebabkan rontok. Sebaiknya kenakan topi untuk melindungi rambut dari UV.

Mengkonsumsi pil KB

Jika kita merupakan salah satu dari banyak wanita yang sensitif terhadap rambut rontok atau menipis karena perubahan hormon, penggunaan pil KB ternyata dapat melemahkan rambut, karena pil tersebut mengandung androgen yang dapat menyebabkan kerontokan rambut seseorang. Kita bisa beralih ke pil indeks kelahiran yang mangandung lebih rendah androgennya seperti norgestimate (di Ortho-Cyclen, Ortho Tri-Cyclen), norethindrone (di Ovcon 35), desogestrel (di Mircette), atau diasetat ethynodiol (di Demulen, Zovia).

Menggunakan produk styling rambut sembarangan

Penggunaan hairspray atau gel untuk rambut ternyata mengandung tinggi jumlah alkohol yang dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Kita bisa menggunakan produk styling rambut yang lain yang dapat menjaga kelembapan rambut agar tetap utuh dan tidak menciptakan gesekan saat menyikat.

Minum obat-obatan tertentu

Obat-obat tertentu (seperti statin, anti-depresan, anti-kecemasan, obat anti-hipertensi) atau obat untuk hormon (seperti obat pengganti tiroid) dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Hal ini dapat mengganggu siklus normal pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut menjadi rontok sebelum waktunya.

Selain itu, banyak sekali kebiasaan lain yang akan merusak perkembangan rambut kita dan sudah seharusnya kita sudah bisa merawat dan menjaga mahkota tubuh kita. Selain rambut yang tumbuh dikepala saja ,tentunya ada beberapa manfaat yang sangat luar biasa dari tumbuhnya rambut yang ada di tubuh kita ini.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *