10 Makanan Sehat Yang Mempunyai Efek Merusak Perut

Makanan sehat ini biasanya banyak digunakan oleh orang yang ingin menjalani program diet, namun tetap saja mempunyai efek samping tertentu salah satunya yang biasa disebut Irritable Bowel Syndrome (IBS), seperti penumpukan gas, kembung, sakit perut, sembelit atau diare.

Banyak orang yang memiliki proses pencernaan karbohidrat yang sulit, dan mereka dapat menjadi malabsorbed atau menjadikan kondisi dalam usus untuk bakteri dapat berfermentasi. Kondisi inilah yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan kita dan juga dapat menimbulkan beberapa gejala yang sangat tidak nyaman.

Strategi dengan menjalani diet rendah FODMAP adalah untuk menghilangkan semua makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dalam kurun waktu enam minggu dan kemudian mengkonsumsi makanan tersebut kembali secara perlahan-lahan untuk menentukan makanan jenis mana yang berhubungan dengan timbulnya beberapa gejala tersebut.

Apel

Meskipun apel kita ketahui merupakan makanan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh kita, tapi mereka juga sangat tinggi akan kandungan fruktosanya, yaitu sejumlah karbohidrat yang dapat mengganggu perut. Jika mengikuti diet rendah FODMAP, kita harus bisa menghindari pengkonsumsian apel.

Namun, ada beberapa pendapat yang menyatakan mengenai manfaat dari apel yang dapat menyembuhkan penyakit maag, gastritis, dll. Memang beberapa fakta ini terbukti untuk sebagian orang yang mempunyai permasalahan penyakit yang berhubungan dengan perut, karena buah apel ini mempunyai sifat yang dapat menenangkan dan sifat dinginnya yang dapat mengatasi kondisi panas dalam.

Semangka

Semangka memiliki reputasi sebagai jenis buah yang mengandung kadar air yang tinggi, tetapi juga mengandung tinggi dalam tiga karbohidrat yang kemungkinan juga dapat menimbulkan rasa sakit pada usus kita, seperti kandungan oligosakarida, fruktosa dan poliol (alkohol gula).

Buah pir

Pir merupakan buah yang sangat tinggi akan kandungan seratnya, tetapi pir ini juga sangat tinggi fruktosa dan poliol yang harus dihindari oleh orang yang menjalani program diet FODMAP.

Yogurt

Meskipun kandungan probiotik dalam yogurt ini sangat baik untuk usus, tetapi yogurt juga mengandung tinggi laktosa, yaitu karbohidrat yang umumnya sulit diserap dan dapat menyebabkan penumpukan gas yang menimbulkan ketidaknyamanan dan kembung.

Alpukat

Alpukat sudah diketahui banyak mengenai manfaatnya dalam diet jantung sehat, tapi buah alpukat ini juga mengandung poliol (P di FODMAP) yang dapat mengganggu usus. Untuk mendapatkan asupan sumber lemak jantung sehat rendah FODMAP, pilih kacang-kacangan seperti kacang pecan atau kacang pinus sebagai gantinya. Lihat juga beberapa makanan penyebab rasa mulas dan panas dalam!

Kubis bunga

Kandungan tinggi poliol dalam kubis bunga ini dapat menyebabkan beberapa masalah perut yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Asparagus

Asparagus adalah cara yang bagus untuk mengurangi kondisi perut yang kembung, tetapi asparagus ini sangat sensitif terhadap FODMAP, jadi orang yang menjalani diet program FODMAP harus menghindari sayuran etrsebut.

Bawang putih

Bawang putih mengandung karbohidrat yang disebut oligosakarida, yaitu merupakan karbohidrat yang suli di cerna atau di pecahkan oleh suatu zat tertentu dalam tubuh, terutama jika sistem pencernaan orang tertentu tidak memproduksi enzim yang berfungsi sebagai pemecahnya.

Roti multigrain

Tepung terigu tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh orang yang menjalani diet FODMAP. Saat berbelanja, kita harus memilih makanan yang bebas gluten atau dari makanan campuran tepung yang bebas dari kedelai. Dan bukan berarti mereka bebas gluten makanan tersebut dapat mengandung tinggi karbohidrat, karena sekarang ini juga banyak roti yang bebas gluten tapi mengandung inulin atau poliol yang juga dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman pada usus kita.

Madu

Madu merupakan makanan yang mempunyai kandungan pemanis alami didalamnya yang juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Namun, bagi orang yang mempunyai sistem pencernaan yang sulit untuk mencerna fruktosa, madu juga menjadi pilihan yang sangat buruk untuk dikonsumsi. Lihat juga 8 masalah umum pencernaan dan cara pengobatannya!

Masalah gangguan penyakit yang berhubungan perut yang kebanyakan diderita adalah karena adanya masalah atau kerusakan pada bagian lambung, karena bagian lambung ini sangat sensitif dan mempunyai kendali dalam memproduksi asam yang berfungsi untuk menghancurkan makanan yang kita konsumsi. Kondisi ini sangat umum di derita oleh banyak orang atau yang biasa kita ketahui sebagai penyakit maag. Ada sebagian besar pengobatan yang di tawarkan untuk menyembuhkan kondisi tersebut, namun obat-obatan kimia tersebut hanya akan memperparah luka pada lambung tersebut.

Tapi jangan khawatir lagi, karena sekarang ini sudah ada sejumlah pengobatan yang berkhasiat yang akan membantu kita untuk sembuh dari masalah lambung dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan yaitu dengan GASTRIC HEALTH TABLET. Obat ini merupakan obat herbal yang akan membantu menyembuhkan masalah penyakit perut dengan cepat dan sudah terbukti akan keunggulan dari obat tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+2Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *