10 Makanan Terbaik Untuk Meringankan Kondisi Sembelit

Hampir kebanyakan orang pastinya pernah mengalami kondisi sembelit, bahkan dari sebagian mereka pun dapat menderita kondisi ini dalam jangka waktu yang lama. Untungnya, sembelit sendiri bukan kondisi yang serius dan biasanya dengan mudah dapat diobati tanpa menggunakan bantuan medis.

Salah satu cara terbaik untuk meringankan sembelit adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, namun tentunya juga harus dibarengi dengan asupan makanan kaya nutrisi lainnya. Diet serat diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu serat larut atau tidak larut. Kedua kelompok serat tersebut tentunya mempunyai manfaat yang sama yaitu yang akan berperan untuk menjaga usus agar tetap berjalan dan berfungsi semaksimal mungkin.

Serat larut akan memastikan bahwa kandungan air dalam tinja masih tetap ada, sehingga membuatnya lebih lembut, halus, dan dengan demikian lebih mudah untuk melewati usus, sedangkan serat tidak larut malah menambahkan kepadatan tinja, yang membuat tinja menjadi sulit untuk keluar. Tidak perlu melakukan pengobatan medis yang selalu merogoh kocek lebih banyak, karena kita bisa menggunakan beberapa cara pengobatan rumahan yang lebih mudah, sehat dan aman!!

Apel

Apel mengandung serat larut dan tidak larut, yang sangat diperlukan untuk kesehatan pencernaan yang benar, sebagian besar kandungan serat tersebut berasal dari kulit apel. Selain serat, apel juga mengandung pektin, yang dapat membantu melembutkan tinja dan membantu memperlancar gerakan usus. Kita bisa mengkonsumsi apel dalam perut kosong yaitu dengan memakan 2 sampai 3 buah apel setelah bangun di pagi hari.

Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat baik digunakan sebagai obat untuk mengatasi kondisi sembelit karena pisang sendiri mengandung serat yang sangat tinggi. Pisang ini akan membantu menormalkan fungsi usus dan kandungan senyawa kalium dalam pisang tersebut juga akan membuat otot usus berfungsi dengan baik. Tidak hanya dapat mengatasi kondisi sembelit saja, pisang ternyata mempunyai manfaat kesehatan lainnya, yang tentunya membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Kubis

Kubis sendiri mempunyai kandungan serat yang baik yang tentunya akan membantu kita untuk mengetasi kondisi sembelit. Kita dapat menggunakan jus kubis untuk menyembuhkan kondisi sembelit dan meminumnya dua kali dalam sehari secara teratur sampai kondisi tubuh membaik.

Wortel

Wortel menawarkan sumber alami yang baik dari serat makanan. Satu wortel segar dengan ukuran 7 1/2 inci saja sudah mengandung sekitar 1,2 g serat larut. Serat larut sangatlah penting untuk kesehatan usus. Karena kandungan tersebut akan membantu untuk membasahi tinja yang keras, yang kemudian akan melembekan kepadatan tinja tersebut, tentunya akan membuat, Buang Air Besar kita menjadi lebih teratur dan nyaman. Lihat juga kebenaran wortel dapat menyehatkan mata!

Jeruk

Kandungan serat yang tinggi dalam jeruk ini akan bertindak sebagai stimulator alami untuk perut kita. Dengan mengkonsumsi satu atau dua buah jeruk saja sebelum tidur sudah merupakan cara yang bagus untuk menyehatkan gerakan usus yang baik pada pagi hari.

Minyak almond

Minyak almond sangat bermanfaat untuk pengobatan sembelit karena memiliki efek pencahar alami. Kita bisa menggunakan 2 sendok makan minyak almond dengan campuran susu sebelum tidur, karena cara tersebut juga akan membantu kita untuk menyehatkan dan memperlancar gerakan usus dipagi hari. Kita juga bisa menggunakan campuran resep dengan menambahkan minyak almond kedalam hidangan makanan yang lainnya.

Kacang polong

Ternyata kacang juga termasuk kedalam salah satu jenis makanan yang mempunyai kandungan serat yang paling tinggi loh. Misalnya, satu cangkir kacang hitam yang sudah dimasak saja mengandung sekitar 15 gr serat. Karena kandungan seratnya yang sudah terbukti sangat tinggi, yang menjadikan kacang menjadi solusi terbaik untuk menangani kondisi sembelit dengan cepat.

Kubis brussel

Satu porsi dari enam kubis brussel saja sudah mengandung sekitar 3 gr serat, sehingga menjadikan kubis brussel ini menjadi makanan yang sangat baik untuk menyehatkan pencernaan. Kubis brussel ini akan mendukung pembentukan bentuk tinja yang lebih lunak yang akan membuat gerakan usus menjadi cepat dan nyaman. Jika kita menderita kondisi sembelit, kita bisa menambahkan kubis brussel ini kedalam beberapa hidangan makanan yang akan dikonsumsi.

Timun

Kandungan air dan serat makanan yang terdapat dalam mentimun sangatlah tinggi yang menjadikan sayuran tersebut menjadi sangat efektif dalam mengurangi sembelit. Jika kita sudah menderita sembelit yang yang sudah mulai kronis, ada baiknya kalau kita melakukan program diet yang memasukan mentimun ini sebagai menu utama makanan sehat kita. Lihat juga manfaat besar mentimun untuk kecantikan!

Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras merah, jelai, dan oatmeal juga termasuk kedalam jenis makanan yang mengandung tinggi serat dan dokter pun sudah berani untuk menganjurkan bagi seseorang yang menderita kondisi sembelit untuk menambahkan beberapa jenis makanan tersebut untuk memperbaiki gerakan usus.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *