10 Makanan Yang Masih Dapat Dimakan Setelah Tanggal Kadaluarsa

Kebanyakan orang tidak mengerti mengenai tanggal kadaluwarsa dalam suatu produk kemasan makanan. Kesalahpahaman yang umum sering terjadi adalah bahwa setelah tanggal kedaluwarsa lewat pada suatu produk makanan tetap saja kita konsumsi. Produk makanan yang benar-benar diberi label dengan tanggal kadaluarsa tentunya bertujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang kesegaran makanan tersebut.

Dengan kata lain, sebagian besar makanan tersebut menjadi tidak sehat untuk dikonsumsi ketika makanan tersebut sudah melewati batas tanggal yang sudah ditentukan. Biasanya makanan tersebut akan mulai kehilangan kualitas dalam rasa ataupun tekstur. Makanan yang sudah kadaluarsa juga dapat beresiko tinggi menyebabkan masalah kesehatan biasanya menyerang sistem pencernaan kita, karena ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan diare. Tetapi tidak semua makanan yang sudah kadaluarsa tidak dapat dikonsumsi, ternyata ada juga loh jenis makanan tertentu meskipun sudah melewati tanggal kadaluarsa masih tetap bisa dikonsumsi.

Keju

Nyatanya makanan internasional ini terbukti sangat aman untuk dikonsumsi kektika sudah melewati tanggal kadaluarsa yang dicantumkan dibagian produk kemasan makanan tersebut.

Sereal

Sereal juga termasuk kedalam makanan yang tergolong masih aman untuk dikonsumsi walaupun sudah melampaui batas kadaluarsa. Sereal dapat dikonsumsi dan masih bisa dijual setelah berbulan-bulan dari tanggal kadaluarsa.

Pasta

Ternyata makanan internasional seperti pasta juga dapat bertahan selama bertahun-tahun dan masih bisa untuk dikonsumsi, karena pasta tidak mengandung kadar air sehingga akan membuat makanan ini menjadi lebih awet. Selama pasta disimpan di tempat sejuk dan kering, pasta kering bisa bertahan selama bertahun-tahun setelah tanggal kedaluwarsa.

Roti

Roti juga ternyata masih bisa kita konsumsi meskipun sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Jika roti berbau asam atau tengi, kita juga tetap masih bisa memakannya hanya bsaja kita harus membuang bagian dari roti tersebut yang ditumbuhi jamur.

Yogurt

Yogurt juga termasuk kedalam jenis makanan yang memang benar sangat aman untuk dikonsumsi meskipun sudah melampaui tanggal kadaluarsa dan yogurt juga merupakan jenis olahan makanan yang dipermentasi.

Yogurt yang disimpan diruangan terbuka akan mendorong proses perkembangan jamur dan bakteri jahat dalam yogurt sehingga menjadi sangat tidak baik untuk dikonsumsi, tetapi yogurt disimpan ditempat yang tertutup atau disegel biasanya dapat awet dan tetap sehat serta aman dikonsumsi yang dapat berlangsung sekitar satu sampai dua minggu setelah lewat dari tanggal kadaluarsa. Kita juga bisa mengetahui beberapa jenis bakteri yang bersarang dalam tubuh kita, agar menjadi lebih jelas mengenai bakteri apa saja yang berperan dalam sistem pencernaan kita.

Keripik

Seperti halnya dengan makanan roti, keripik kentang juga dapat menjadi basi ketika sudah melewati tanggal kedaluwarsa, tetapi keripik ini masih sangat aman kok untuk di makan. Akan tetapi tentunya kita harus menjaga kemasan keripiki itu sebaik mungkin agar tidak ada bakteri atau partikerl kotoran apapun yang bisa bersarang dalam keripiki tersebut.

Chocolate

Dan ternyata makanan yang banyak digemari oleh semua orang pun menjadi salah satu jenis makanan yang masih tergolong aman untuk dikonsumsi setelah melewati tanggal kadaluarsa dari makanan tersebut, karena coklat sendiri mengandung sejenis lemak dan gula tertentu yang sangat aman untuk dimakan. Jika coklat disimpan di tempat yang dingin (70 derajat atau di bawah), akan membuat daya tahan coklat menjadi sangat lama untuk disimpan walaupun sudah melewati batas tanggal kadaluarsa.

Bumbu

Sejenis bumbu dapur seperti kecap, mayo, dan selai, ternyata masih digunakan sebagai campuran makanan yang akan kita makan, karena jenis bumbu dapur tersebut sangat aman untuk digunakan walaupun sudah melewati batas tanggal kadaluarsa.

Jika jenis bumbu dapur tersebut disimpan ditempat terbuka, kita bisa mencoba untuk mengendus dan menyentuhnya untuk mengetahui apakah bumbu tersebut sudah berubah dalam segi aroma ataupun tekstur. Tetapi jika bumbu tersebut tersimpan rapih dan tertutup, tentunya bumbu tersebut masih digunakan selama dalam beberapa bulan bahkan tahun untuk dikonsumsi.

Makanan beku

Makanan yang beku sudah banyak diketahui dapat menjaga makanan tersebut agar tetap awet selama beberapa minggu bahkan bulan dan tentunya sangat aman untuk dikonsumsi. Pembekuan makanan adalah cara termudah untuk memperpanjang umur makanan yang di simpan, seperti halnya sayuran, kue, atau makanan tertentu yang mengandung protein.

Makanan yang dikemas

Produk makanan yang di kemas memang betul dapat membuat makanan tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama tergantung jenis produk makanan tertentu juga. Karena sekarang banyak sekali jenis makanan yang dikemas akan tetapi masih menggunakan campuran dari bahan pengawet, yang tentunya hal inilah yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan kita.

Setelah kita mengetahui beberapa makanan yang dapat dikonsumsi walaupun sudah melampaui batas tanggal kadaluarsa, bukan berarti kita menjadi lebih bebas dalam mengkonsumsi makanan tersebut, karena tanpa kita sadari bisa saja makanan tersebut sangat buruk untuk tubuh kita, untuk itu kita harus mengetahui proses terjadinya keracunan makanan yang sewaktu-waktu dapat terjadi terhadap tubuh kita ketika kita salah dalam mengkonsumsi makanan tertentu.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *