10 Manfaat Kesehatan Dari Olahraga Sepatu Roda

Roller skating atau biasa kita kenal sebagai sepatu roda merupakan sebuah olahraga yang banyak dimainkan oleh semua kalangan usia, tidak terkecuali anak-anak ataupun orang yang sudah lanjut usia, karena jenis permainan sangat mudah untuk digemari banyak orang hanya dengan mengontrol keseimbangan tubuh, kita sudah bisa meluncur dengan bebas diatas sepatu roda tersebut.

Tapi, tidak hanya efeknya yang dapat menyenangkan suasana hati saja, ternyata jenis olahraga ekstrem yang satu ini juga tergolong olahraga yang mempunyai sejuta manfaat kesehatan untuk tubuh kita loh. Langsing dengan cepat dan sehat menggunakan SLIMMING CAPSULE, terobosan terbaru pendukung program diet sehat alami.

Menyehatkan tulang sendi

Sepatu roda ini menyediakan gerakan fluida yang membuat kita dapat terhindar dari kerusakan sendi, dengan membantu kita menikmati gerakan yang sama persisnya dengan berjalan atau menari tanpa efek ataupun gesekan yang keras. Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Massachusetts, gerakan fisik yang melibatkan sepatu roda hanya menyebabkan kurang dari 50 persen dampak shock pada gerakan sendi dibandingkan dengan berjalan. Dengan kata lain, sepatu roda sam halnya dengan latihan aerobik yang memiliki manfaat yang sama dengan jumlah yang sama dari waktu yang dihabiskan untuk berolahraga joging, tanpa merusak sendi.

Manfaat lain

Sepatu roda mempunyai keunggulan yang setara dengan joging dalam hal seputar manfaat kesehatan, pengurangan lemak di tubuh, dan peningkatan kekuatan tulang kaki. Jadi jika kita merupakan seorang atlet dan mempunyai waktu yang senggang tapi ingin melatih kekuatan otot, kita masih bisa untuk menggunakan sepatu roda sebagai latihan ringan saja.

Lihat juga suplemen terbaik untuk regenerasi dan pertumbuhan tulang!

Membakar kalori

Seorang pria yang mempunyai berat badan sekitar 190 pon biasanya hanya mempunyai kesempatan untuk membakar sekitar 10 kalori setiap menit hanya dengan menggunakan sepatu roda, sementara jika seorang wanita yang mempunyai berat badan sekitar 163 pon juga biasanya hanya mempunyai kesempatan untuk membakar sekitar 9 kalori per menit. Manfaat pembakaran kalori dari sepatu roda jika melakukannya dengan cepat, kita dapat membakar antara 300 dan 600 kalori jika kita melakukannya selama satu jam penuh. Jika kita tidak bisa menggunakan sepatu roda sebagai alat latihan untuk membakar kalori, kita bisa menggunakan cara lain kok dengan cara berendam atau berenang di air dingin karena akan membantu kita juga untuk membakar kalori.

Baik untuk suasana hati

Sepatu roda merupakan permainan yang dapat mengubah serta meningkatkan suasana hati menjadi lebih senang, dengan proses meluncur ditambah dengan suara musik serta kebersamaan dengan teman pun menjadikan hati kita menjadi lebih tenang dan nyaman.

Memperkuat tulang lengan dan kaki

Olahraga sepatu roda ini melibatkan gerakan tulang kaki dan bagian glutes, sementara bagian lengan hanya mendapatkan gerakan khusus yaitu untuk menyeimbangkan tubuh kita selama bergerak. Sepatu roda ini dapat membantu membangun serta meningkatkan kekuatan, terutama dibagian otot-otot tubuh bagian bawah. Karena otot yang lebih kuat juga akan mempunyai koordinasi yang lebih baik untuk secara bersamaan mencegah cedera dan membuat kita tetap aktif dan lentur seperti usia kita seharusnya.

Meningkatkan keseimbangan, kelincahan dan koordinasi

Sepatu roda ini juga ternyata dapat membantu meningkatkan keseimbangan dengan meningkatkan kekuatan otot perut dan punggung bagian bawah, karena kita harus mempertahankan bagian inti tubuh untuk tetap tegak. Keseimbangan dalam menggerakan kaki tentunya dapat meningkatkan koordinasi pada tubuh kita.

Memperkuat jantung

The American Heart Association mengakui bahwasanya sepatu roda merupakan latihan aerobik yang secara efektif dapat membantu memperkuat jantung. Menurut penelitian yang dilakukan di Universitat Konstantx juga telah membuktikan bahwa sepatu roda tersebut dapat meningkatkan denyut jantung mulai pada sekitaran 140-160 denyut per menit, sementara ketika peluncuran sepatu roda tersebut berada di atas kecepatan maka dapat meningkatkan denyut jantung hingga sekitar 180 denyut per menit. Ada baiknya lagi jika kita mengetahui beberapa gejala orang mengalami penyakit jantung, agar kita lebih mudah dan lebih cepat untuk mendiagnosis kondisi tersebut sebelum menjadi lebih parah.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain meningkatkan kekuatan otot, olahraga sepatu roda ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan otot. Menambahkan beberapa peningkatan untuk melatih setiap bagian otot-otot tubuh, yang juga bersamaan dengan sistem kardiovaskular kita, untuk menggunakan sistem energi tubuh kita menjadi lebih efisien lagi.

Lihat juga mengetahui lebih dalam mengenai sistem kekebalan tubuh!

Bisa dilakukan di mana saja

Banyak orang menyukai olahraga atau permainan sepatu roda ini, yang lebih menyenangkannya lagi jika dilakukan bersamaan dengan orang banyak. Olahraga jenis ini juga sangat mudah untuk dilakukan dimana saja terutama dijalanan beraspal ataupun ditempat lain yang mempunyai permukaan dasar yang halus.

Manfaat sosial

Olahraga atau permainan sepatu roda adalah kegiatan sosial yang bisa dilakukan secara bersamaan dengan teman-teman. Meningkatkan kehidupan yang sosial merupakan bagian penting dari perkembangan kesehatan kita dengan cara meningkatkan suasana hati.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *