10 Manfaat Kesehatan Olahraga Badminton

Sama halnya dengan jenis olahraga lainnya seperti tenis, sepakbola dan masih banyak lagi, ternyata olahraga bulu tangkis juga menawarkan sejumlah manfaat yang tanpa kita sadari sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh kita loh. Olahraga badminton ini juga bukan hanya sekedar olahraga biasa tapi sudah mulai banyak digemari oleh masyarakat Indonesia apalagi setelah kejuaraan badminton yang sudah menyematkan nama Indonesia di kancah Internasional, akibat euforia yang sangat diterima oleh banyak orang, diluar hal itu, olahraga yang satu ini juga dapat meningkatkan aspek fisik, mental dan kesehatan sosial.

Kebugaran fisik

Olahraga ini tidak hanya memukul bola saja, akan tetapi meliputi gerak fisik lainya yaitu seperti berlari dekat, sering melangkah dan kadang kala harus meloncat, merupakan kegiatan fisik yang dapat membakar lemak lebih dari 450 kalori per jam. Dan badminton ini juga sangat bagus untuk dilakukan bagi orang yang ingin memiliki jenis latihan alternatif yang tepat sebagai olahraga kardiovaskular.

Membentuk tubuh athletis

Sifatnya yang membutuhkan gerakan fisik serba cepat dalam permainan ini juga menjadi pendukung kita untuk membentuk tubuh yang ideal, karena badminton ini dapat meningkatkan kecepatan dan meningkatkan refleks pada tubuh kita. Daya pikir juga merupakan faktor yang sangat bermanfaat penting untuk tubuh kita karena si pemain harus tahu bagaimana untuk menipu lawan mereka di setiap pukulan bola.

Peningkatan tonus otot

Bermain badminton juga dapat membangun dan bentuk otot paha depan, glutes, betis dan paha belakang. Selain itu, otot-otot inti ditubuh kita seperti lengan dan otot punggung juga pastinya akan mendapatkan masukan latihan kekuatan juga. Lihat juga penting atau tidaknya makan sebelum berolahraga!

Manfaat psikologis

Karena badminton dapat menghasilkan kebugaran fisik, maka hal ini juga dapat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan seseorang. Latihan tersebut juga akan meningkatkan endorfin, yang akan membuat perasaan nyaman dibagian neurotransmiter otak dan juga terbukti untuk meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur seseorang.

Kesehatan sosial

Interaksi sosial dari permainan akan menghasilkan perasaan positif setelah sesi pertandingan, karena dengan bermain bulu tangkis tentunya kita membutuhkan lawan atau teman satu tim untuk melawan musuh, dari situlah akan terjalin kerjasama dan kekompakan satu sama lain.

Kesehatan secara menyeluruh

Sama halnya dengan semua bentuk latihan fisik lainnya, bermain bulu tangkis juga dapat mengurangi atau menghilangkan risiko kita terhadap timbulnya jenis penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas. Hal ini juga dapat mengurangi risiko terhadap timbulnya penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik didalam tubuh kita.

Fleksibilitas dan kekuatan otot

Semakin tubuh kita banyak bergerak, maka tubuh kita pun menjadi lebih fleksibel, terutama dalam olahraga seperti bulu tangkis di mana gerakan fisik menjadi hal utama dalam permainan ini. Selain meningkatkan fleksibilitas tubuh, pemain juga akan meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

Gerakan

Faktor usia biasanya menjadi sebab dari gerakan fisik kita menjadi terbatas, tetapi kita juga masih bisa kok untuk tetap aktif bergerak untuk dapat membantu mencegah kondisi tersebut. Hanya dengan berolahraga badminton saja kita sudah dapat membantu untuk melumasi sendi, mencegah arthritis dan kondisi lainnya yang menjadi penyebab pengeroposan tulang persendian.

Berat badan

Badminton juga dapat membantu mengontrol berat badan karena dapat meningkatkan pembakaran lemak dan juga meningkatkan kualitas metabolisme tubuh. Dikombinasikan dengan diet yang tepat, kita pun bisa mencapai penurunan berat badan yang optimal sesuai dengan harapan. Nah, sekarang sudah ada suplemen herbal terpercaya untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan dengan SLIMMING CAPSULE, yang sudah banyak pembuktian dari banyak konsumen.

Kita juga bisa menggunakan obat herbal tersebut hanya sebagai pendukung dalam program diet kita ya, agar lebih cepat dan aman tentunya dengan hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tidak lupa juga kita harus tetap menjaga asupan makanan sehatnya.

Menurunkan diabetes

Yang lebih mengejutkan lagi bahwa olahraga badminton saja sudah dapat menurunkan produksi gula dalam tubuh yang dihasilkan oleh hati dan karena itu dapat menurunkan gula darah. Bahkan, satu studi dari Diabetes Prevention Program menyebutkan bahwasanya dengan berolahraga badminton saja sudah dapat menurunkan kadar gula diabetes sebesar 58% bahkan lebih baik dari pada penggunaan obat-obatan.

Jika masih keberatan dengan olahraga badminton ini untuk menurunkan berat badan, tenang saja masih ada kok jenis olahraga lain yang membantu kita menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Tidak lupa juga kita harus memilih jenis pakaian yang sesuai ketika akan melakukan olahraga, karena pakaian juga berperan penting dalam kenyaman dan keselamatan berolahraga kita. Untuk itu, yu kita ketahui mengenai hal yang harus diperhatikan ketika memilih pakaian olahraga.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *