11 Makanan Ini Akan Memutihkan Gigi Anda Secara Alami Loh !

Senyum berseri akan membuat kita menjadi tampil lebih pede apalagi dengan keadaan warna gigi kita yang putih dan sehat yang tentunya akan melengkapi penampilan kita dengan selalu tampil maksimal dan mempesona dihadapan orang lain. Makanan memang masih menjadi penyebab utama dari kerusakan gigi, apalagi banyak dari kita yang belum mengetahui mengenai beberapa makanan yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Untuk itu, kita harus terlebih dahulu mengetahui beberapa penyebabnya supaya kita pun dengan mudah dapat menghindari penyebabnya tersebut. Semua orang tentunya ingin mempunyai gigi putih, sehat dan berseri tetapi mereka tidak mau menggunakan cara-cara alami, justru mereka cenderung menggunakan cara yang cepat seperti menggunakan bahan-bahan kimia untuk memutihkan gigi. Nah sekarang sudah ada banyak cara alami tersebut yang dapat memutihkan gigi dan sekaligus untuk menyehatkan gigi kita.

Stroberi

Menurut American Society for Dental Aesthetics, kandungan asam malat yang terdapat dalam komponen buah stroberi ini dapat bertindak sebagai astringent alami untuk menghilangkan perubahan warna pada permukaan gigi. Jadi tidak hanya segar dan enak saja, ternyata buah-buahan ini sangat bermanfaat sekali untuk kalian yang ingin memutihkan gigi secara alami.

Biji dan kacang-kacangan

Menurut American Dental Association mengunyah makanan ringan yang keras seperti kacang-kacangan ternyata dapat menggosok plak dan noda dari permukaan gigi. Kita dapat mengkonsumsi beberapa almond untuk sore hari sebagai makanan ringan, tentunya cemilan ini sangat penuh dengan kandungan protein, lemak sehat dll, tidak hanya memutihkan gigi saja tapi akan membuat kulit menjadi sehat dan cerah.

Bawang

Kelompok makanan yang termasuk kedalam jenis alliums memang terkenal sangat buruk untuk pernafasan. Bawang ini memang tidak memiliki berwarna, sehingga tidak akan menyebabkan noda menempel pada permukaan gigi. Kita bisa menggunakan bawang putih setelah makan untuk digosokan keseluruh bagian gigi untuk menghapus kotoran yang tersisa tersebut.

Apel

Buah apel ternyata dapat memperkuat gusi dan kadar air yang tinggi juga dapat meningkatkan produksi air liur, menghilangkan dan menetralkan koloni bakteri yang menyebabkan bau mulut dan plak pada gigi.

Seledri dan wortel

kadar air yang sama tinggi tersebut sudah menjadikan sayuran ini menjadi bagus untuk dimasukan kedalam menu diet kita dan untuk menjaga kesehatan serta memutihkan gigi kita dengan cara merangsang produksi air liur yang akan membantu menyiram sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi serta berfungsi untuk memperkuat gusi.

Brokoli

Tidak seperti bit dan cranberry, sayuran ini tidak akan tinggal di sela-sela gigi dengan mudah, sehingga tidak akan menyebabkan permukaan gigi menjadi bernoda. Kita menggunakan beberapa brokoli mentah untuk di gosokan kebagian permukaan gigi setiap sehabis makan.

Keju

Keju mempunyai kandungan penuh kalsium yang akan memperkuat gigi dan gusi, apalagi sekarang sudah banyak produksi keju yang tidak berwarna, tentunya tidak akan menodai gigi kita.

Jeruk

Buah ini mengandung senyawa asam yang dapat mengikis enamel gigi jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Air putih

Minum banyak air putih untuk menjaga mulut kita agar tetap terhidrasi. Sementara itu, air juga dapat mengurangi keasaman dalam mulut kita yang jadi penyebab rusaknya lapisan enamel pada gigi kita.

Buah pir

Mengkonsumsi buah pir dapat berkhasiat untuk menetralisirkan koloni bakteri penyebab bau mulut dan mencegah perubahan warna pada gigi. Peningkatan produksi air liur yang disebabkan oleh makanan manis juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

Susu dan yogurt

Kandungan kalsium yang tinggi yang terdapat dalam susu dan yogurt ini dapat memperkuat gigi, memperkuat lapisan enamel dan memutihkan gigi secara alami. Tapi tidak semua makanan yang kaya kandungan kalsium seperti bayam dapat memutihkan gigi, karena makanan seperti bayam justru akan menempelkan noda dan menjadi penyebab berubahnya warna pada gigi.

Masih banyak sekali makanan dan cara tertentu untuk memutihkan serta memperkuat gigi dan gusi, hanya saja kita masih malas untuk melakukan hal semacam ini karena kebanyakan dari kita masih menggunakan cara instan yang menggunakan proses cepat tanpa memperdulikan resiko kesehatan yang dapat timbul sewaktu-waktu akibat penggunaan bahan kimia untuk memutihkan gigi tersebut. Memang sudah banyak bahan yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi yang sudah marak dijual dipasaran seperti odol, strip, atau kuas, juga bisa digunakan sebagai cara alternatif. Tetapi, kita harus terlebih dahulu mengetahui kandungan yang terdapat didalam produk tersebut seperti kandungan akan senyawa hidrogen peroksidanya.

Yang menjadi syarat utamanya yaitu kita harus mulai menghindari beberapa makanan atau minuman penyebab masalah pada gigi, termasuk minuman bersoda yang dapat menodai gigi kita, pada akhirnya, tetap saja kita harus menjaga gigi kita dengan selalu menggosok gigi sehabis makan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *