11 Manfaat Belajar Bahasa Asing

Seseorang berusaha untuk belajar bahasa asing karena berbagai alasan ada yang berdasarkan hobi ataupun keharusan mengikuti mata pelajaran disekolah. Ternyata dengan mempelajari bahasa baru juga dapat mengurangi resiko penyakit migrain loh. Belajar bahasa asing juga memungkinkan untuk menjembatani adanya hambatan sosial. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus belajar bahasa asing. Gunakan BRAIN CARE CAPSULE Manfaat Alami Untuk Perkembangan Otak!!!

Meningkatkan kekuatan otak

Bahasa asing adalah sebuah sistem baru dengan aturan yang berbeda, etimologi, dan makna dari kompleksitas bahasa tersebut. Belajar bahasa baru menempatkan otak agar mempunyai tugas dengan mengikuti metode dan aturan dari bahasa tersebut sehingga akan mempertajam keterampilan membaca, negosiasi, dan pemecahan masalah.

Mengembangkan multi-task seseorang

Multi-tasking biasanya menyebabkan kondisi stres bagi mereka yang tidak terampil dalam kegiatan tertentu. Orang yang multibahasa biasanya akan mahir dari satu lidah ke yang lain, sistem satu bahasa ke bahasa lain meskipun mekanik bahasa tersebut sama sekali berbeda.

Menghentikan perkembangan demensia dan alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang multibahasa mengurangi resiko timbulnya alzheimer dan demensia pada usia lanjut dibandingkan dengan orang dewasa monolingual yang sudah memiliki tanda-tanda pertama pada usia 71. Penelitian ini dilakukan dari seperti jenis kelamin, secara kesehatan, tingkat pendidikan, dan status ekonomi, tapi tidak ada hasil yang secara signifikan dapat berkontribusi terhadap penyakit tersebut. Lihat juga hubungan alzheimer dengan penuaan otak!

Meningkatkan memori

Semakin otak digunakan, maka akan semakin baik fungsi bekerjanya. Belajar struktur bahasa baru memerlukan pengenalan antara kosakata dengan aturannya. Hal inilah yang akan memperkuat memori, karena otak telah membangun kemampuannya untuk mengaitkan informasi dengan mnemonics (ilmu cara menghapal) dan mempertahankan informasi yang lebih baik. Lihat juga bagian otak yang berhubungan dengan memori!

Pikiran menjadi lebih tajam

Sebuah studi yang dilakukan di Spanyol menunjukkan bahwa polyglots, atau orang-orang yang multibahasa, memiliki pikiran yang lebih waspada dan tajam. Mereka dengan mudah melihat sesuatu yang tidak relevan atau menipu. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan seseorang yang multibahasa dan monolingual.

Meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan

Kemampuan pengambilan keputusan menjadi proses yang lebih mudah bagi orang-orang yang multibahasa. Selain dari aturan dan kosa kata yang rumit dengan belajar bahasa asing, ada nuansa dan ekspresi vernakular bahwa mahasiswa bahasa sering mengambil keputusan yang lebih bijaksana dan adil.

Meningkatkan kinerja di bidang akademik lainnya

Otak mempunyai fungsinya secara berbeda seperti halnya untuk mengembangkan berbagai keterampilan kognitif. Studi menunjukkan bahwa manfaat dari belajar bahasa baru biasanya akan mempunyai nilai yang lebih tinggi pada ujian standar dalam matematika, pemahaman membaca, dan kosa kata pada mahasiswa yang multibahasa dibandingkan dengan puluhan siswa monolingual.

Menjadikan seseorang lebih fleksibel dan terbuka terhadap budaya lain

Karena bahasa adalah suatu pintu mengetahui budaya tertentu, maka belajar bahasa baru juga akan memungkinkan seseorang untuk memiliki pemahaman yang lebih luas dari ras atau budaya lainnya. Membuka diri terhadap budaya memungkinkan kita untuk menjadi lebih fleksibel dan menghargai tata cara lain untuk melakukan dan melihat hal-hal yang baru. Akibatnya, jika kita orang yang multibahasa, maka kita memiliki keuntungan untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda.

Bahasa asing memperluas potensi karir

Dengan masalah pengangguran universal, kemampuan multibahasa jelas merupakan suatu keunggulan kompetitif pada seseorang. Ini adalah kemampuan yang menggambarkan kecerdasan seseorang, fleksibilitas, keterbukaan terhadap orang yang beragam, dan keterampilan membuat keputusan.

Membangun rasa percaya diri

Percaya diri juga yang tanpa kita sadari merupakan manfaat dari mempelajari bahasa baru. Dengan hanya menguasai satu keterampilan saja, bidang akademik lainnya pun dapat dikembangkan. Orang cenderung tertarik kepada orang yang multibahasa karena kemampuan mereka yang sangat terbuka dengan pikirannya yang cepat dan menarik.

Membantu dalam pembentukan jati diri dan aktualisasi diri

Ini termasuk kedalam hasil manfaat yang sangat menarik dari kebiasaan kita yang sering mempelajari bahasa baru. Mempelajari bahasa baru dapat membatu kita untuk membentuk dan menemukan jati diri yang sebenarnya. Karena dengan kemampuannya yang biasanya lebih unik dari orang lain ini akan membantu seorang polyglots tersebut menjadi percaya diri.

Belajar bahasa asing atau baru memang sangatlah luar biasa diluar manfaatnya yang dapat menjaga kesehatan memori otak juga, kita bisa lebih luar untuk mengetahui beberapa jenis budaya dan perbedaan antara satu sama lainnya. Selain itu juga, tentunya otak kita juga membutuhkan asupan makanan yang mempunyai kandungan nutrisi yang baik yang benar-benar diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak, seperti halnya dengan beberapa jenis asupan vitamin untuk otak, yang bertujuan untuk menyehatkan atau mempertajam dan memperkuat daya ingat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *