11 Manfaat Yang Tersembunyi Dari Kulit Pisang Untuk Kesehatan

Sungguh banyak sekali manfaat yang di hasilkan hanya dengan selembar daun pisang yang mengandung banyak manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh kita, terutama untuk masalah kesehatan kulit kita. Memang tanpa kita kitahui, daun pisang yang biasanya kita buang tanpa kita sadari bahwa banyak sekali kandungan serta khasiat yang terdapat di dalam daun pisang ini.

Nah berikut beberapa manfaat yang tersembunyi untuk kesehatan tubuh dari kulit pisang :

Dapat menghilangkan jerawat

Kulit pisang juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, karena beberapa kandungannya seperti vitamin B, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalium. Salah satu keunggulan kulit pisang yaitu mampu menyingkirkan jerawat. Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terkandung dalam kulit pisang ini juga dapat mengurangi minyak berlebih dan dapat mengatasi iritasi dan gatal-gatal pada kulit.

Memutihkan gigi

Salah satu manfaat dari kulit pisang adalah memutihkan gigi. Kandungan mangan, magnesium, dan kalium dalam pisang kulit yang dapat membantu memutihkan enamel gigi. Caranya dengan menggosok bagian dalam kulit pisang dengan gerakan melingkar selama dua sampai lima menit, setelah itu bersihkan dengan menggosok gigi.

Manfaat kulit pisang untuk wajah

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah yang sehat, cantik dan berseri ? Jika kita ingin kulit wajah yang dapat memancarkan kecantikan dengan penuh, tak ada salahnya untuk mencoba masker dari kulit pisang. Caranya adalah dengan menggosok bagian dalam kulit pisang pada seluruh permukaan wajah sebelum tidur secara merata. Biarkan semalaman, lalu cuci keesokan harinya dengan air hangat. Gunakan kulit pisang yang segar, yang baru dikupas dari buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mengobati luka

Khasiat lain dari kulit pisang yaitu mampu mengobati luka. Luka karena cedera, terutama di lutut dapat disembuhkan dengan menggunakan kulit pisang. Dengan cara menggosok kulit pisang yang baru di kupas pada bagian yang terluka.

Perlindungan UV

Selain manfaat di atas, kulit pisang juga mengandung zat yang dapat digunakan untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Untuk mendapatkan manfaat dari kulit pisang, kita bisa melakukannya dengan cara menggosok kulit pisang pada daerah kelopak mata. Kita memakai kulit pisang yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari dengan durasi yang sebentar saja.

Pengobatan alami penyakit psoriasis

Manfaat kulit pisang dapat digunakan untuk pasien penderita psoriasis, penyakit ini ditandai dengan timbulnya sisik keperakan dan warna merah pada kulit serta rasa sakit atau gatal. Oleskan atau gosokan kulit pisang pada daerah kulit yang terkena psoriasis secara merata. Pada awalnya akan muncul kemerahan pada kulit tapi seiring waktu warna akan mereda atau hilang dengan sendirinya.

Dapat mengobati sakit kepala

Kulit pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan bagi orang yang menderita sakit kepala atau migran. Metode ini sangat mudah dilakukan karena sangat sederhana, yaitu dengan menumbuk kulit pisang dan tempelkan di dahi.

Antidepresan

Penelitian yang pernah dilakukan para ahli di Amerika mengatakan bahwa minum dari jus kulit pisang hangat merupakan cara untuk meringankan rasa emosional. Kulit pisang juga mengandung tryptophan yang meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan kadar serotonin. Serotonin adalah zat yang bertanggung jawab untuk menyeimbangkan emosi dan suasana hati.

Menghambat keriput di wajah

Tak dapat disangkal ketika masalah kulit dapat muncul seiring bertambahnya usia, seperti keriput. Manfaat kulit pisang yaitu dapat menghambat kerutan pada wajah. Hal ini sangat mudah, kita cukup mempersiapkan kulit pisang dan mengikis bagian dalam kulit pisang kemudian tambahkan satu sendok teh madu murni, setelah di campur lalu tempelkan ke bagian wajah yang keriput dan diamkan selama sekitar 15 menit dan cuci wajah dengan air hangat lalu usap dengan handuk yang lembut.

Mengobati gigitan nyamuk

Kulit tentunya akan menjadi bengkak atau bentol-bentol setelah di gigit oleh nyamuk. Tapi tenang, untuk mengatasinya kita bisa menggunakan kulit pisang. Kulit pisang juga dapat mengurangi bekas luka dari gigitan nyamuk, caranya kita potong kecil-kecil kulit pisang lalu tempelkan pada kulit yang bentol tersebut dan diamkan sekitar 15 menit, setelah itu cuci dengan air bersih.

Menjadi obat alami untuk mencegah timbulnya jerawat

Salah satu manfaat yang kita dapatkan dari kulit pisang yaitu untuk mengobati jerawat. Caranya adalah dengan menggosok bagian dalam kulit pisang pada jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan kegiatan ini secara rutin serta melakukannya di malam hari untuk bisa melihat perkembangan jerawat ke esokan harinya.

Mengurangi memar dan iritasi kulit

Kulit pisang mengandung mineral dan antioksidan alami yang membantu untuk meremajakan dan menyembuhkan iritasi kulit atau memar di bagian luar kulit. Caranya cukup mudah, dengan menempelkan kulit pisang di daerah yang luka. Diamkan selama 1 malam sampai pagi, lalu bilas dengan air bersih.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *