12 Masalah Kesehatan Terkait Stres

Stres merupakan masalah mental yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita, karena perasaan yang stres tersebut masih saling berhubungan dengan keadaan hati dan perasaan kita yang selanjutnya akan direspon oleh otak kita. Otomatis dapat menimbulkan keadaan kesehatan yang buruk dengan timbulnya beberapa masalah kesehatan, Karakter paru-paru nyang sehat juga mempunyai peranan penting dalam mengatur kondisi stres.

Berikut ini masalah kesehatan terkait stres:

Penyakit jantung

Para peneliti telah lama menduga bahwa kondisi kepribadian stres tipe A memiliki risiko yang lebih tinggi dari perasaan seperti tekanan dan masalah jantung ataupun keadaan darah tinggi. Karena kondisi stres dapat langsung meningkatkan denyut jantung dan aliran darah yang akan menyebabkan pelepasan kolesterol dan trigliserida ke dalam aliran darah. Ada juga kemungkinan bahwa stres yang terkait dengan masalah lain seperti kebiasaan buruk merokok atau menderita obesitas juga dapat meningkatkan risiko jantung. Dokter mengtahui bahwa stres emosional dengan mendadak bisa menjadi pemicu untuk masalah jantung yang serius, termasuk serangan jantung. Orang yang memiliki masalah jantung kronis harus menghindari kondisi stres akut dan mulai belajar bagaimana untuk mengatasi stres. Penyakit jantung saja bisa disebabkan oleh keadaan gigi kita yang buruk loh.

Asma

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat memperburuk penyakit asma. Beberapa penelitian telah terbukti bahwa orangtua yang menderita stres kronis memungkinkan untuk meningkatkan risiko penyakit asma pada anak-anak mereka. Satu penelitian telah mengamati bagaimana efek dari orangtua yang stres dapat mempengaruhi tingkat asma pada anak-anak muda yang juga terkena polusi udara atau si ibu yang memiliki kebiasaan merokok selama kehamilan.

Kegemukan

Lemak berlebih di perut tampaknya menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar daripada lemak pada kaki atau pinggul dan sayangnya, kondisi ini banyak diderita oleh orang-orang yang mengalami stres. Stres menyebabkan tingkatan yang lebih tinggi terhadap hormon kortisol dan menajdi penyebab meningkatnya jumlah lemak yang disimpan dibagian perut.

Diabetes

Stres dapat memperburuk penyakit diabetes dalam dua cara. Pertama, meningkatkan kemungkinan perilaku buruk, seperti makan dan minum secara berlebihan dan juga sembarangan. Kedua, stres tampaknya meningkatkan kadar glukosa dari orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2 secara langsung.

Sakit kepala

Stres dianggap sebagai salah satu pemicu paling umum untuk sakit kepala, tidak hanya sakit kepala karena tegang, tetapi juga migrain.

Depresi dan kecemasan

Ini tidak lagi mengherankan bahwa stres kronis berhubungan dengan tingkat yang lebih tinggi dari kondisi depresi dan kecemasan. Salah satu survei studi terbaru menemukan bahwa orang yang mempunyai kondisi stres yang berhubungan dengan pekerjaan mereka, memiliki risiko 80% lebih tinggi terkena depresi dalam beberapa tahun dibandingkan dengan orang yang mempunyai keadaan stres yang lebih rendah.

Masalah pencernaan

Stres juga dapat merupakan faktor umum di banyak kondisi GI lainnya, seperti keadaan mulas yang kronis (atau penyakit gastroesophageal reflux, GERD) dan irritable bowel syndrome (IBS).

Penyakit Alzheimer

Satu studi dari hewan ditemukan bahwa stres dapat memperburuk penyakit Alzheimer, yang menyebabkan lesi otak untuk membentuk lebih cepat. Beberapa peneliti berspekulasi bahwa cara dengan mengurangi stres memiliki potensi untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut.

Percepatan penuaan

Sebenarnya ada bukti bahwa stres dapat mempengaruhi mengenai perkembangan usia kita. Satu studi membandingkan DNA dari ibu yang berada di bawah kondisi stres yang tinggi, mereka merawat anak penderita sakit kronis. Para peneliti menemukan bahwa daerah tertentu dari kromosom manusia menunjukkan efek adanya penuaan yang sangat cepat. Stres tampaknya mempercepat penuaan sekitar 9 sampai 17 tahun tambahan.

Kematian dini

Sebuah penelitian mengamati efek kesehatan yang ditimbulkan oleh kondisi stres dengan mempelajari seorang lansia yang mencari setelah pasangan mereka meninggal yang merupakan orang-orang yang secara alami berada di bawah kondisi stres. Ditemukan bahwa seorang lansia tersebut memiliki tingkatan lebih tinggi 63% dari kematian dibandingkan dengan seorang lansia yang berada dalam kondisi baik-baik saja.

Insomnia

Stres membuat orang terjaga di malam hari karena khawatir, cemas, atau ketidakpastian tentang sesuatu. Sebagian orang akan merasa khawatir tentang pekerjaan mereka, sementara yang lain khawatir atas isu-isu keluarga atau masalah kesehatan. Untuk memerangi sulit tidur yang disebabkan oleh stres, cobalah minum segelas susu sebelum tidur, hindari kafein, tidak berolahraga setidaknya empat jam sebelum tidur dan menjaga kamar tidur agar tetap sejuk dan nyaman. Kita juga bisa mengetahui gejala, penyebab dan perawatan terhadap penyakit insomnia ini.

Gangguan makan

Ribuan orang bereaksi terhadap stres dengan pola makan yang biasanya mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, berbeda dengan keadaan stres yang hanya mengkonsumsi makanan ringan saja, yang akan membuat jumlah gula dalam darah kita menjadi meningkat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *