13 Cara Sederhana Untuk Mengurangi Gejala Malaria

Sebenarnya belum ada obat rumahan sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan gejala dari penyakit malaria selain resep artemisinin, itu pun harus berdasarkan apa yang diresepkan oleh dokter. Malaria adalah kondisi yang terbilang serius, untuk itu kita harus bisa untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter ketika mengalami beberapa gejala yang mengarah terhadap penyakit malaria tersebut. Pengobatan pun sederhana tertentu yang dapat kita lakukan dirumah secara teratur pun bisa kita lakukan hanya menggunakan bahan-bahan alami, tapi ini bukan merupakan pengganti pengobatan medis yang biasanya dokter anjurkan. Jika pengobatan yang kita lakukan tidak tepat untuk mengatasi penyakit malaria tersebut, bisa saja hal ini dapat menyebabkan masalah komplikasi penyakit tertentu seperti anemia, disentri, gagal ginjal dan enchaphalitis, koma serta perubahan mendalam lainnya dari penyakit umum. Obat alami yang akan kita bahas di sini hanya bertujuan untuk meringankan gejala dari malaria saja.

Apa itu malaria?

Malaria adalah penyakit infeksi yang ditandai dengan berpindahnya sel darah merah dalam tubuh kita oleh parasit yang disebut plasmodium. Plasmodium tersebut dilakukan oleh nyamuk Anopheles betina dan menuju ke dalam darah ketika nyamuk ini menggigit manusia. Setelah parasit masuk ke dalam tubuh, mengalir ke dalam hati dan kemudian mempengaruhi bagian sel darah merah.

Sumber penyebab penyakit malaria: Sekitar 80% dari malaria disebabkan oleh parasit yang disebut Plasmodium falciparum yang berusia sekitar 2 bulan. Penyebab umum lain dari malaria termasuk Plasmodium vivax yang berusia sekitar 3 tahun, Plasmodium Ovale yang berusia sekitar 3 tahun dan Plasmodium malariae yang langka dapat menyebabkan penyakit malaria dengan rentang hidup 10 tahun atau lebih. Jenis dari malaria termasuk demam malaria, demam quartan dan demam malaria ganas. Kita harus mengetahui mengenai penyebab dan pengobatan penyakit malaria yang dapat membantu kita untuk mengatasi penyakit tersebut.

Kompres dengan air dingin

Ambil selembar kain panjang lalu celupkan kedalam air dingin kemudian letakan didaerah tertentu dari tubuh. Biarkan selama setidaknya sepuluh menit dan ini bisa dilakukan tiga kali sehari untuk menghilangkan suhu tinggi.

Selalu menjaga lingkungan

Lingkungan harus tetap bersih. Air seharusnya tidak diperbolehkan untuk menggenang disaluran atau tempat apapun disekitar lingkungan tempat tinggal kita, karena ini merupakan penyebab umum dari perkembang biakan yang cepat dari nyamuk jenis malaria tersebut.

Air hangat

Minum air hangat secara rutin pada siang hari untuk membersihkan sistem usus dan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, yang akan membantu dalam fungsi kerja tubuh kita.

Daun kemangi

Daun kemangi ini mengandung dua jenis flavonoid yang sangat penting yaitu vicenin dan orientin yang akan melindungi kerusakan sel-sel darah. Selain itu, daun kemangi juga mengandung minyak seperti cineol, estragole dan linalool, yang memiliki sifat anti bakteri. Semua sifat ini tentunya dapat dengan efektif untuk mengurangi gejala malaria.

Kulit kayu manis

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodic ringan yang membantu meringankan gejala malaria seperti kehilangan nafsu makan, mual, gangguan pencernaan, kram dan kejang.

Buah anggur

Ekstrak buah anggur ternyata mengandung kina alami yaitu zat yang bermanfaat untuk menyembuhkan malaria. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena buah anggur juga mempunyai efek negatif yang berdampak terhadap kesehatan tubuh kita.

Kacang

Biji kacang ternyata sangat ampuh untuk menyembuhkan gejala demam yang ditimbulkan oleh penyakit malaria. Sekitar enam gram biji kacang dicampur dengan segelas air dan diminum dua jam sebelum timbulnya gejala demam.

Chirayata

Chirayata adalah analgesik alami yang akan membantu dalam mengurangi demam. Kita bisa menggunakan seduhan 15gms dari chirayata dalam 250 ml air panas lalu dicampur dengan cengkeh dan kayu manis.

Datura

Daun Datura sangat berguna dalam mengatasi demam malaria tersiana. Sekitar dua setengah daun segar datura, harus dicampur dengan gula merah dan dikonsumsi sebelum timbulnya demam tersebut.

Jeruk nipis dan lemon

Kedua jenis buah-buahan ini juga sangat berguna untuk menyembuhkan rumah untuk demam malaria quartan. Tiga gram buah tersebut dilarutkan dengan air 60ml dan dikonsumsi sebelum timbulnya demam.

Biji fenugreek

Fenugreek ternyata memiliki sifat antibiotik yang akan membantu dalam mengobati malaria. Biji tersebut sangat berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan untuk memerangi malaria.

Jahe

Kita bisa mencampurkan jahe dan kismis untuk satu gelas air kemudian direbus dan setelah itu dapat dikonsumsi, setelah dingin.

Diet

Diet merupakan cara yang sangat baik untuk si penderita selama dalam masa pengobatan malaria. Setelah demam mereda, pasien harus selalu mengkonsumsi buah-buahan segar selama beberapa hari. Hindari asupan makanan olahan atau makanan kalengan, karena jenis makanan tersebut sama sekali tidak memiliki gizi yang diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *