3 Bahaya Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Sebagian besar orang pasti mengetahui mengenai anjuran keharusan dalam meminum air putih 8 gelas per hari, memang benar itu adanya dan sangat menyehatkan untuk tubuh kita. Namun di sisi lain juga ada beberapa studi yang telah menemukan mengenai penelitian terhadap efek samping yang dapat ditimbulkan oleh tubuh ketika menerima asupan cairan berlebihan. Bahkan dalam beberapa kasus ekstrim kondisi tersebut dapat menyebabkan kematian.

Menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan limbah

Banyak dari kita pastinya berpikir bahwa dengan selalu meminum air maka tubuh pun akan mempunyai dorongan untuk selalu kencing terus-menerus dan secara otomatis racun dalam tubuh pun ikut keluar.

Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kita buang air kecil secara berlebihan, maka secara otomatis juga organ ginjal kita harus bekerja ekstra untuk mencoba menstabilkan sistem metabolisme. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring limbah dan air berlebih dari aliran darah, tetapi ketika kita meminum air putih terlalu banyak, maka jumlah aliran darah pun semakin banyak untuk diproses oleh ginjal.

Jika kita minum terlalu banyak air, maka darah menjadi encer dan ginjal tidak dapat menyaring cukup cepat untuk menjaga keseimbangan sodium dalam tubuh kita, karena minum terlalu banyak air juga dapat menyebabkan luka pada ginjal. Kondisi ini disebut sebagai hiponatremia yang akan menyebabkan gejala termasuk kelelahan, mual, muntah dan sering buang air kecil.

Secara negatif mempengaruhi otak

Studi sebelumnya menunjukkan bahwasanya air dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi, tetapi penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa terlalu banyak meminum air juga dapat memiliki efek yang sebaliknya, karena terlalu meminum air dapat membuat darah menjadi encer. Tapi, ketika ginjal tidak mampu untuk memproses air yang berlebihan tersebut, maka sel-sel dalam tubuh berubah menjadi membengkak.

Kebanyakan sel-sel didalam tubuh kita tersebut memiliki ruang dan jaringan yang fleksibel seperti pada bagian lemak dan otot, tapi tidak halnya dengan bagian neuron. Sel-sel otak tersebut berada dibagian tengkorak, dan harus berbagi ruang dengan darah dan cairan serebrospinal. Batas ruang dalam tengkorak sangatlah sempit untuk memperluas dan akan sangat berbahaya jika terjadi pembengkakan. Akibatnya, beberapa orang dapat mengalami kejang, koma, masalah pernapasan, bahkan sampai kematian.

Merusak sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah akan melebar dan rusak lebih cepat, karena terjadinya penumpukan cairan berlebihan dibagian dinding pembuluh darah jika kita terlalu banyak meminum air putih tanpa batasan tertentu. Hal ini juga dapat mencairkan jumlah sodium dalam darah yang dibutuhkan oleh seluruh organ dalam tubuh kita untuk berfungsi. Karena aliran darah harus melalui tubuh berkali-kali untuk mendapatkan jumlah banyak natrium ke seluruh bagian sel di tubuh kita. Selain itu, kondisi ini juga akan menempatkan tekanan pada tubuh kita, karena mereka tidak mendapatkan bahan kimia yang mereka butuhkan.

Hal yang sama pun dapat terjadi pada bagian sel-sel dari ginjal. Anjuran sehat untuk meminum air putih adalah sekitar 2,2 liter cairan per hari untuk perempuan, sedangkan untuk kaum pria sekitar 3 liter per hari. Ketika tubuh kita dalam keadaan terhidrasi, maka urin akan berwarna kuning pucat dan tentunya kita pun tidak akan merasakan haus. Kita bisa memperbanyak asupan cairan melebihi yang dianjurkan sebelumnya, namun itupun jika kita dalam kondisi seperti dalam keadaan cuaca ekstrim, berolahraga berlebihan, masa kehamilan dan menyusui, mengalami demam, diare dll.

Air merupakan suatu hal yang benar-benar diperlukan oleh tubuh untuk memaksimalkan kerja dan fungsi dari seluruh organ tubuh, selain itu, ada beberapa manfaat kesehatan lain meminum air putih dengan cukup. Asalkan kita harus dengan cukup dan dengan aturan tertentu ketika meminum air, karena pada dasarnya segala hal apapun tentunya mempunyai manfaat dan efek samping, tergantung dari diri kita sendiri saja, karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, itu kenapa ketika kita meminum air putih yang awalnya bermanfaat namun jika kita meminumnya berlebihan tentunya dapat berpengaruh buruk terhadap tubuh kita.

Jika kita melihat beberapa manfaat dari air, ternyata sangat banyak sekali seperti halnya dengan air hangat yang mempunyai manfaat untuk kesehatan, yang sebelumnya tidak kita ketahui dan mungkin saja jika ada salah satu dari kita menderita penyakit tertentu dan dengan membiasakan meminum air hangat secara rutin, maka tentunya akan menjadi pengobatan alami yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut tanpa menggunakan obat-obatan, walaupun hanya menggunakan air hangat.

Lain halnya lagi dengan orang yang ingin menurunkan berat badan ternyata bisa menggunakan metode dengan cara berenang didalam air dingin, tentunya hal tersebut mempunyai alasan tertentu yang dapat membantu tubuh kita untuk membakar kalori dengan cepat tanpa menggunakan obat-obatan berbahaya. Dan juga ternyata masih banyak lagi loh manfaat kesehatan berenang dalam air dingin, selain dapat membakar kalori saja.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *