3 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Tinggi Badan

Apakah kita tahu bahwa kebanyakan dari kita mempuyai tubuh yang sudah tidak bisa mencapai tinggi badan maksimum? Berkat kebiasaan makan yang buruk dan perilaku yang menghambat kemampuan tubuh kita untuk tumbuh. Hal-hal lain yang mungkin dapat menghambat peningkatan tinggi badan kita yaitu kebiasaan buruk seperti merokok, meminum alkohol, kurang berolahraga dll. Orang bertumbuh pendek cenderung memiliki kepercayaan diri yang rendah di antara orang lain yang lebih tinggi. Asupan nutrisi yang tepat dapat membantu kita untuk meningkatkan tinggi badan bahkan setelah kita mengalami pubertas sekalipun. Peningkatan tinggi badan ini dibawa oleh Human Growth Hormone (HGH). Ini berarti kita harus mengkonsumsi sejenis makanan tertentu yang dapat melepaskan hormon tersebut.

Protein yang akan menambah tinggi badan:

Kandungan yang terdapat dalam makanan ini terdiri dari asam amino yang akan bekerja aktif dengan hormon pertumbuhan dan juga memainkan peran penting dalam menjaga pertumbuhan tulang, organ, kulit, gigi, dan jaringan sehat dalam tubuh kita. Asam amino dan juga enzimatik akan merangsang reaksi dari biokimia, misalnya proses pencernaan, ekskresi, dan respirasi. Kekurangan protein juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan utamanya seperti terjadinya pertumbuhan yang abnormal, rendahnya perkembangan mental dan hilangnya massa otot tanpa membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah terlebih dahulu.

Vitamin

Vitamin yang penting dalam membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam meningkatkan pertumbuhan tulang kita. Oleh karena itu, nutrisi sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang masih dalam pertumbuhan. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang menjadi lemah, pertumbuhannya melambat, pembentukan gigi yang salah pada anak-anak dan timbulnya tonjolan dibagian perut. Vitamin A dapat membantu tulang dan jaringan pada tubuh kita untuk tetap perkembangan. Vitamin A ini dapat ditemukan dalam sayuran seperti bayam, kubis, ubi jalar, brokoli, labu, wortel dll. Vitamin C memainkan peran meningkatkan tinggi badan Anda dengan membantu dalam pertumbuhan tulang yang sehat.

Mineralzinc

Tubuh kita membutuhkan banyak mineral untuk pertumbuhan penting dari tulang, rambut, kuku, gigi, dan saraf. Mereka sangat penting termasuk dalam meningkatkan tinggi badan kita. Beberapa jenis mineral ini termasuk:

Zinc: membantu dalam produksi sel, produksi energi, dan pertumbuhan serta perbaikan jaringan. Dengan semua fungsi-fungsinya ini, bahwa seng dapat membantu menambah tinggi badan kita. Kita bisa memenuhi asupan seng tersebut dari bahan makanan seperti daging sapi, ayam, susu, kacang-kacangan dan produk gandum.

Kalsium: mineral ini dikenal karena peran pentingnya dalam pembentukan tulang dan gigi sebagai penyeimbang ion dalam tubuh. Kalsium karang yang diperoleh dari karang laut membantu tubuh kita untuk meningkatkan massa tulang. Orang tua harus memberikan anak mereka asupan kalsium yang cukup untuk meningkatkan tinggi badan mereka. Kalsium dapat kita temukan dalam makanan seperti, keju, yoghurt, telur, dan susu. Kalsium adalah salah satu makanan terbaik yang sudah terbukti dapat menambah tinggi badan seseorang. Jadi kita harus mengetahui beberapa gejala dan tanda dari kekurangan kalsium dalam tubuh kita.

Berikut ini adalah daftar makanan terbaik untuk meningkatkan tinggi badan:

Oatmeal: ini adalah makanan yang mengandung tinggi akan protein, makanan ini juga yang membantu kita untuk menurunkan lemak sambil meningkatkan otot. Mengkonsumsi oatmel 50 gram dalam sehari akan membantu tubuh kita untuk tumbuh tinggi.

Kedelai: makanan ini mengandung kadar protein yang sangat tinggi dan menjadi makanan tertinggi dengan jumlah proteinnya. Kita bisa mengkonsumsi 50 gram perhari untuk meningkatkan pertumbuhan tulang kita.

Susu: minuman ini mengandung kandungan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tulang termasuk bagi kita yang ingin meningkatkan tinggi badan secara alami.

Telur: albumen putih yang terkandung dalam telur adalah bagian putih telur yang mengandung tinggi akan kandungan proteinnya. Mengkonsumsi3 sampai 6 telur perhari akan menambah tinggi badan kita.

Mengganti makanan energi dengan makanan pembangun energi seperti telur dan susu akan menjadi langkah penting utama dalam meningkatkan tinggi serta pertumbuhan tulang kita. Beberapa dari sayuran pun sangat bermanfaat bagi organ tubuh, sehingga kita tidak hanya ingin meninggikan ukuran tubuh saja, tetapi kita juga harus menjaga kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi makanan yang bergizi penuh tanpa dibarengi dengan olahraga teratur, tentu saja tidak akan menghasilkan apapun yang dapat membuat tinggi tubuh kita. Selalu melakukan olahraga yang berkaitan dengan pergerakan tulang dan otot, karena proses ini akan mendorong pelepasan hormon pertumbuhan manusia yang sangat penting bagi peningkatan tinggi badan seseorang. Tidak semuanya tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh pemenuhuna asupan gizi dari makanan yang mereka konsumsi setiap harinya, akan tetapi kebanyak dari kasus seperti ini dipengaruhi oleh faktor genetik dari keturunan keluarganya sendiri.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *