4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memakai Softlens

Kornea adalah satu-satunya bagian dari tubuh kita yang tidak mendapatkan oksigen secara langsung dari pembuluh darah. Kornea hanya mendapat oksigen dari udara. Jika kita menggunakan lensa ketika tidur, maka secara otomatis kornea mata akan mengalami kekurangan oksigen dengan yang dapat menyebabkan pembesaran, pembengkakan dan benjolan kecil yang disebut microcysts endothelial.

Jika masalah ini terjadi dalam beberapa waktu, maka akan meningkatkan risiko infeksi mata dan ulkus kornea (luka terbuka pada kornea). Tentunya kondisi ini menimbulkan rasa perih, dan jika kondisi menjadi semakin parah, maka dapat menyebabkan kebutaan permanen. Jika penggunaan lensa yang kita pakai tidak bersih atau memakainya dengan cara yang salah, maka kondisi juga dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Aturan ke 1: Harus melakukan konsultasi dengan dokter

Sebelum memulai menggunakan lensa, ada baiknya kita melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui efek samping dan penggunaan baiknya seperti apa untuk meminimalisir efek bahaya yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan kontak lensa tersebut. Sekarang ini banyak sekali orang yang menggunakan kontak lensa bukan atas kesehatan atau kebutuhan penting, biasanya orang cenderung menggunakan kontak lensa sebagai aksesoris untuk mempergaya diri.

Penggunaan lensa tersebut lebih dianjurkan untuk kepentingan kesehatan saja, walaupun tidak sepenuhnya diperbolehkan. Biasanya orang menggantikan pemakaian kacamata minus menggunakan lensa minus, karena pemakaiannya pun lebih praktis dan mudah, beda halnya dengan kacamata yang lebih besar dan lebih ribet di saat pemakaiannya. Lihat juga kebenaran wortel menyehatkan mata!

Aturan ke 2: Tidak diperbolehkan tidur menggunakan lensa

Pemakaian lensa kontak dalam keadaan tidur dapat menyebabkan mata menjadi kering dan perih yang selanjutkan mengarah ke kondisi infeksi atau iritasi mata. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kebiasaan kita malas untuk membersihkan diri sebelum tidur, karena banyak orang yang menggunakan lensa sebagai aksesoris dimana ketika mereka pulang dari aktivitas mereka, yang ada mereka langsung pergi ke tempat tidur tanpa memperdulikan barang-barang yang masih menempel di diri mereka.

Jika dibiarkan, maka kondisi tersebut akan menimbulkan masalah kesehatan serius pada mata kita, bahkan sampai dapat menyebabkan kebutaan permanen. Untuk itu, kita harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan lensa kontak, karena organ mata sangatlah sensitif sehingga penggunaan barang apapun yang berhubungan dengan mata harus lebih waspada. Lihat juga cara mengatasi mata yang cedera!

Aturan 3: Rawat lensa kontak dengan benar

Selain itu, kita juga harus bisa untuk merawat kebersihan lensa kontak dengan baik, karena jika perawatan lensa kontak tidak di perhitungkan maka dampaknya pun akan berpengaruh terhadap mata kita. Kita harus mengganti lensa kontak yang biasa di pakai 3 bulan sekali untuk meminimalisir efek buruk dari bakteri yang kemungkinan bisa hidup di lensa tersebut. Kondisi lensa yang selalu basah dan lembab juga dapat mendukung perkembangan bakteri menjadi lebih cepat.

Jangan gunakan larutan garam dengan air untuk menyimpan lensa kontak. Kita masih bisa menggunakan cairan khusus pembersih softlen atau lensa kontak, sebagian ahli kesehatan juga menyarankan untuk menggosok lembut bagian softlen dengan jari kita yang merupakan bagian dari perawatan sehari-hari.

Aturan 4: Jika ada masalah

Jika kita mempunyai masalah iritasi yang menyebabkan mata menjadi merah atau gatal, timbul rasa terbakar, bengkak, atau nyeri, kita harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk mengetahui kondisi yang di derita, supaya kita lebih mudah lagi untuk melakukan tindakan selanjutnya agar kondisi tersebut tidak menjadi lebih parah.

Jika kalian menderita kondisi serius pada mata, saatnya gunakan pengobatan herbal dari EYE CARE SOFTGEL yang akan memberikan perlindungan bahkan kesembuhan penyakit mata secara total tanpa khawatir akan timbulnya efek samping. Produk herbal inidi produksi oleh Green World, merupakan sebuah perusahaan obat yang berpusat pada herbal, obat ini berbahan dasar Blueberry yang sangat kaya akan kandungan antioksidannya. Herbal ini sudah terbukti akan manfaat dan khasiatnya yang sudah banyak di percaya dapat menyembuhkan penyakit mata 100% tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan. Itu sebabnya, kita mau menawarkan pengobatan yang akan dengan cepat menyembuhkan penyakit atau gangguan kesehatan yang berhubungan dengan mata.

Sebenarnya kita tidak harus untuk melakukan perawatan mata yang mahal yang harus setiap minggu pergi ke dokter dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Karena ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata dengan mudah, agar kesehatan mata pun dapat kita dapatkan dengan tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak. Kebiasaan sepele yang dapat membuat mata kita menjadi iritasi, merah dan perih ialah kebiasaan seperti menonton tv, komputer atau gadget dalam waktu yang lama, bahkan membaca buku di tempat gelap pun mempunyai pengaruh yang sangat tinggi terhadap kerusakan mata.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *