5 Alasan Aneh Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan jenis penyakit yang sangat umum dan mudah diderita oleh orang-orang di Dunia ini. Menurut dokter ahli saraf, menyebutkan bahwasanya sakit kepala primer disebabkan oleh adanya gangguan pada struktur di kepala yang sensitif terhadap rasa sakit. Tapi masih ada juga yang menjadi penyebab lain dari timbulnya kondisi tersebut, bahkan penyebab yang terbilang aneh dan jarang pun ternyata dapat menyebabkan sakit kepala loh. Lihat juga cara mengurangi paparan radiasi ponsel!

Daging yang diasapi

Kebiasaan merokok atau mengkonsumsi makanan kaleng seperti pastrami, daging deli, dan dendeng, biasanya mengandung bahan pengawet atau sintetis yang disebut nitrat dan nitrit. Zat aditif tersebut dapat melebarkan pembuluh darah yang kemudian memicu sakit kepala.

Beberapa penelitian yang dikemukakan oleh ahli saraf mengatakan bahwa makanan tidak semuanya jenis dapat memicu sakit kepala pada setiap orang. Namun, orang yang memiliki penyakit sakit kepala bawaan migrain, biasanya akan lebih sensitif dan lebih rentan terhadap terhadap hal-hal tersebut yang menyebabkan sakit kepala yang juga kebanyakan dipicu oleh makanan.

Anggur merah dan keju

Anggur merah dan olahan makanan keju tua seperti brie, cheddar, keju biru, dan produk olahan keju swiss, ternyata mempunyai kandungan yang disebut tyramine, yaitu zat atau unsur yang terbentuk dari pecahan protein ketika makanan tersebut di fermentasi. Dan ternyata kandungan Tyramine inilah yang juga dapat menyebabkan sakit kepala karena terjadinya pembengkakan dan pembesaran pada bagian pembuluh darah.

Beberapa ahli saraf Dunia, mengatakan bahwa alasan anggur merah tersebut dapat menyebabkan sakit kepala kemungkinan besar karena terkait dengan kandungannya yaitu polifenol, yang merupakan bagian dari pemecahan metabolit pada anggur merah, dan kemungkinan besar juga kandungan tersebut dapat mengganggu metabolisme serotonin di otak, yang ujung-ujungnya menimbulkan sakit kepala juga. Lihat juga manfaat madu menyembuhkan sekali penyakit!

Dehidrasi

Ternyata kondisi dehidrasi ini juga menjadi penyebab paling umum alasan timbulnya sakit kepala primer. Sakit kepala yang ditimbulkan oleh kondisi tubuh yang dehidrasi ini terjadi ketika tubuh kita kehilangan bagian terpenting dari air dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh kita untuk melakukan fungsi normalnya. Beberapa ahli percaya bahwa sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi dehidrasi ini terjadi sebagai akibat dari penyempitan pembuluh darah karena tubuh berusaha untuk mempertahankan cairan yang yang tersedia cukup dalam tubuh kita.

Itu kenapa para ahli kesehatan banyak yang menganjurkan orang-orang untuk menjalani kebiasaan sehat dengan selalu meminum air putih secara teratur 8 gelas sehari untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh, karena sebagian besar tubuh kita itu terdiri dari 80% kandungan air. Dan menjadi alasan yang penting ketika kita harus memenuhi asupan cairan dalam tubuh yang bertujuan untuk membantu melancarkan fungsi kerja dari organ-organ dalam tubuh kita.

Membekukan otak

Membekukan otak atau banyak diketahui sebagai penyebab sakit kepala yang di sebabkan oleh mengkonsumsi es krim dan sakit kepala ini terjadi beberapa detik setelah mengkonsumsi makanan dingin. Rasa sakit bisa dirasakan pada sisi kepala dan umumnya berlangsung selama kurang dari satu menit. Para peneliti tidak tahu apa yang menyebabkan rasa sakit kepala tersebut muncul, tetapi menurut John Hopkins Headache Center, kondisi tersebut timvul karena adanya kombinasi stimulasi langsung dibagian saraf sensitif temperatur ditambah efek dingin yang timbul pada bagian pembuluh darah di sepanjang atap mulut yang berpengaruh terhadap saraf.

Kecanduan kafein

Seorang pecandu kafein yang  pernah berhenti meminum kopi atau mencoba beralih dengan minuman tanpa mengandung kafein kemungkinan besar para pecandu akan merasakan sakit kepala. Kafein dapat memiliki efek fisiologis pada sistem pembuluh darah dan dapat menyempitkan pembuluh. Beberapa ahli saraf juga percaya bahwa ketergantungan yang dihasilkan oleh kafein dapat menyebabkan reaksi fisiologis yang memicu sakit kepala.

The National Headache Foundation menyebutkan bahwasanya reaksi dari senyawa kafein ini akan  timbul setelah kita mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari selama kurun waktu 2 minggu. Kita bisa mencoba untuk menghilangkan rasa ketergantungan atau kecanduan terhadap kafein dengan cara mengurangi asupan minuman atau makanan yang mengandung kafein.

Memang banyak sekali penyebab dari timbulnya penyakit sakit kepala tersebut, namun tetap saja kita tidak bisa menghindari dengan mudah faktor-faktor tersebut. Sekarang kita hanya bisa mencari solusi terbaik untuk menyembuhkan penyakit tersebut dengan cepat tanpa mengkhawatirkan sakit kepala tersebut akan kambuh kembali, cobalah menggunakan pengobatan herbal GINKGO BILOBA PLUS CAPSULE, yang merupakan pengobatan herbal alami 100% dapat dengan cepat menyembuhkan penyakit sakit kepala secara menyeluruh tanpa khawatir akan kembuh kembali.

Kita juga bisa saja mempunyai sakit kepala yang ditimbulkan oleh kebiasaan duduk didepan komputer selama berjam-jam, karena sinar komputer tersebut mempunyai radiasa yang berpengaruh secara langsung terhadap mata, kemudian menyambung kebagian saraf kepala. Untuk itu, kita harus mengetahui bagaimana cara untuk mengurangi ketegangan mata didepan komputer, agar kita dapat mengurangi dampak dari timbulnya sakit kepala.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *