5 Cara Sederhana Untuk Menekan Nafsu Makan

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan apalagi makanan yang berlemak dan berkalori tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat. Kita cenderung untuk makan berlebihan, mengabaikan rasa kenyang ketika dalam kondisi stres atau kecemasan, yang justru dapat menimbulkan masalah psikologis dan emosional. Lakukan lima cara sederhana dibawah ini untuk menekan nafsu makan yang akan membantu merangsang otak agar merasa kenyang lebih lama, selain itu kita juga menjaga kesehatan tubuh supaya tetap sehat, bugar dan langsing.

Sarapan

Sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi dan energi di pagi hari untuk membantu peningkatan konsentrasi dalam melakukan aktivitas di siang hari. Sarapan juga penting dalam membantu kita menjaga berat badan yang sehat dan mencegah kita dari kebiasaan mengkonsumsi makanan ringan secara berlebihan, apalagi yang mengandung lemak dan gula tinggi.

Sebuah studi pada tahun 2013, menemukan sebuah penelitian yang ditemukan pada orang dewasa yang selalu meninggalkan sarapan cenderung memiliki masalah dengan berat tubuh, hipertensi, resistensi insulin, dan meningkatnya konsentrasi lipid. Orang yang mempunyai kebiasaan makan berlebih di kemudian hari dapat meningkatkan risiko terhadap pengembangan penyakit obesitas.

Gunakan piring kecil

Makan di piring yang lebih kecil dapat membantu menekan nafsu makan, karena di atas piring yang besar tentunya dapat memberikan peluang kita untuk menambahkan porsi makan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006, menemukan adanya sekelompok anak-anak dan orang dewasa yang mempunyai tingkatan porsi makan yang lebih tinggi ketika diberi piring yang lebih besar dibandingkan dengan yang diberikan piring yang lebih kecil. Lihat juga cara meningkatkan nafsu makan dengan aman!

Berolahraga

Berolahraga atau latihan adalah cara terbaik untuk meningkatkan suasana hati, yang juga akan membantu menghilangkan nafsu makan dan mengurangi stres. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012, menemukan bahwa berolahraga secara signifikan mengurangi respon saraf untuk makan, yang dapat dideteksi pada daerah otak yang berbeda. Hal ini juga menyebabkan penurunan yang signifikan dalam aktivasi di bagian otak yang berkaitan dengan nafsu makan, mengurangi peningkatan insentif, dan mengantisipasi berkurangnya nafsu makan. Melakukan aktivitas fisik sehai-hari secara rutin dapat mengatasi rasa lapar berlebih.

Mengingat saat makan

Orang yang mempunyai kebiasaan makan sambil menonton televisi pada umumnya tidak bisa tersadar dengan makanan apa yang mereka konsumsi. Orang yang makan cepat atau tidak mengunyah makanan pun tidak bisa memungkinkan bagi otak untuk mengenali rasa dan perlu waktu yang lama untuk mencapai perut.

Makanan ringan yang sehat

Ternyata mengkonsumsi makanan ringan yang sehat juga dapat menekan nafsu makan kita loh . Mengkonsumsi makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak (misalnya dada ayam, ikan) juga dapat mengurangi nafsu makan berlebih, karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Semakin banyak kita mengkonsumsi makanan adiktif seperti gula, garam, lemak, dan karbohidrat, maka semakin tinggi pula nafsu makan kita. Mengkonsumsi lemak sehat dapat menurunkan gula secara perlahan untuk membantu menghindari nafsu makan yang tinggibesar dan untuk mencegah tubuh dari kondisi fluktuasi yang cepat akan kadar gula darah.

Cara di atas tersebut bukan berarti membiarkan kita untuk tidak makan seharian penuh karena mempunyai keinginan untuk menurunkan berat badan, pembahasan di atas tersebut hanya memberikan solusi untuk orang yang mempunyai kebiasaan buruk dalam menyantap makanan sehinga menjadi berlebihan, yang tentunya berdampak terhadap kenaikan berat badan dan resiko timbulnya berbagai macam masalah penyakit. Nafsu makan berlebihan dan hilangnya nafsu makan merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh manusia, karena ada beberapa gangguan dari kondisi hilangnya nafsu makan dan gejala anokresia.

Dengan kita mengetahui beberapa gangguan dan gejala tersebut hilangnya nafsu makan, maka akan lebih mudah lagi bagi kita untuk menghindari masalah penyakit yang kemungkinan dapat menjadi serius bahkan dapat mengancam jiwa si penderita. Gangguan makan yang menjadi perbincangan serius ini ialah anoreksia, karena tidak sedikit seorang penderita yang dapat bertahan hidup. Penyakit ini akan menimbulkan beberapa gejala berat seperti menurunnya berat badan secara drastis, tidak seimbangnya kadar darah, rambut rontok, kuku rapuh, pusing, kelelahan, kulit menjnadi kering, dll.

Jika kita ingin meningkatkan nafsu makan harus dengan pemenuhan nutrisinya, agar kebutuhan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh pun terpenuhi. Kebiasaan salah yang paling banyak kita lakukan yaitu mengkonsumsi banyak makanan tanpa kita ketahui mengenai kandungan gizi didalamnya, seperti halnya dengan makanan junk food yang memang benar dapat membuat perut kita menjadi kenyang dengan cepat, tapi kandungan gizinya sangatlah nol. Bahkan makanan junk food pada umumnya mengandung jumlah kalori dan lemak jahat yang sangat tinggi, yang menjadi penyebab dari kebanyakan masalah penyakit seperti obesitas dan diabetes.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *