5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Pakaian Untuk Berolahraga

Mengenakan pakaian yang akan digunakan untuk berolahraga tentunya akan mempermudah kita untuk melakukan gerakan saat berolahraga dan gerakan leluasa lainnya. Jenis kain pakaian yang akan digunakan untuk berolahraga haruslah jenis kain yang dapat menyerap keringat dari tubuh yang akan memindahkannya kepermukaan luar. Inilah jenis pakaian yang disebut sebagai “wicking” biasanya terbuat dari polyester atau lycra.

Katun yang terbilang nyaman juga jika lama kelamaan menerima keringat selama berolahraga akan membuat jumlah keringat semakin terperangkap, membebani pakaian dengan air keringat tersebut dan menempel pada kulit kita. Di musim dingin, mengenakan baju yang sudah basah terkena air keringat, tentunya akan membuat tubuh kita menjadi dingin dan juga membuat tubuh menjadi cepat masuk angin. Lihat juga manfaat berolahraga sepatu roda!

Saat akan berolahraga tidak hanya dibutuhkan pakaian yang nyaman saja, akan tetapi kita juga perlu untuk memakai kaus kaki katun yang dapat menyebabkan kelembaban berlebih dan menyebabkan lecet, kita dapat menggunakan kaus kaki poliester campuran yang dapat membantu mencegah masalah pada permukaan kulit kaki kita. Celana pendek, sarung tangan, topi, menggunakan celana ketat, bra khusus berolahraga, celana bahkan pakaian olahraga juga tersedia dalam kain katun yang diperuntukan untuk berolahraga. Berikut ini adalah jenis pakaian yang harus kita perhatikan sebelum melakukan olahraga:

Kenyamanan

Hindari menggunakan pakian yang terbuat dari kain kasar yang dapat menyebabkan peradangan atau iritasi kulit selama kita melakukan gerakan dalam berolahraga. Pilihlah jenis bahan yang dapat memungkinkan kita untuk bergerak dan tidak membatasi pergerakan kita. Yang terpenting juga kita harus memperhatikan mengenai ukuran pakaian yang akan digunakan, beberapa pakaian olahraga cenderung lebih kecil dan memiliki bentuk yang lebih pas dengan bentuk badan kita dari pada pakaian biasa.

Mencari item yang memiliki persentase kecil dari spandex yang sudah tercantum pada label. Hal ini akan lebih memungkinkan untuk mempunyai batasan gerakan fisik yang tidak terbatas saat berolahraga dan dapat memberikan kenyamanan tanpa merasakan adanya kondisi pakaian yang ketat pada badan kita. Lihat juga metode perawatan kulit agar tetap cantik, bersih dan sehat!

Layerable

Nah jika kalian tinggal didaerah yang mempunyai musim panas dan dingin ada baiknya juga kalian harus memperhatikan jenis ketebalan pakaian olahraga tersebut. Untuk menghindari overspending selama perubahan dari musim tertentu, kita harus memilih pakaian yang dapat dengan mudah mempunyai ketebalan lapisan yang dapat bertahan selama berbulan-bulan. Mulailah dengan menggunakan lapisan yang tidak membuat tubuh kalian menjadi lembab seperti T-shirt atau tank top wicking, kemudian tambahkan lapisan hangat seperti bulu pullover. Selesai dengan lapisan luar pelindung (untuk waterproofing) seperti jaket atau shell nilon.

Mempunyai kelebihan modern

Banyak potongan pakaian olahraga yang memiliki perawatan anti-mikroba untuk memerangi bau, ada juga yang mempunyai perlindungan ultra-violet untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Jika kalian termasuk orang yang suka melakukan olahraga dan mempunyai kekhawatiran tentang penyakit Lyme, ada baiknya jika kita menggunakan pakaian yang mengandung permethrin, yang merupakan versi sintetis dari obat nyamuk alami yang ditemukan dalam bunga krisan.

Tahukan kalian bahwasanya penyakit Lyme ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi akibat bakteri Borrelia burgdorferi. Penyakit menular ini bisa menyebar melalui gigitan kutu dan dapat menyebabkan berbagai macam masalah penyakit kulit yang dapat ditimbulkan oleh bakteri tersebut. Untuk itu, ada baiknya kalau kita mengetahui tanda timbulnya penyakit kudis, agar kita lebih cepat untuk mengatasi kondisi tersebut sebelum berkembang lebih luas lagi terhadap permukaan kulit yang lainnya.

Aktivitas yang sesuai

Celana baggy yang tidak layak untuk digunakan berolahraga seperti bersepeda atau berlari juga justru tidak nyaman dan cocok untuk dilakukan berolahraga jenis meditasi yang tidak memerlukan gerakan bebas fisik saja sudah tidak baik untuk digunakan. Pertimbangkan aktivitas yang akan kita lakukan dan memastikan terlebih dahulu pakaian yang akan akan kita gunakan untuk berolahraga supaya nyaman dan cocok untuk kegiatan tersebut.

Semakin sering kita melakukan olahraga, yang lebih penting adalah untuk selalu mengenakan pakaian yang tepat. Selain akan membuat kita menjadi nyaman, kering dan sejuk, pakaian yang tepat juga akan membuat kita merasa lebih aman dan tentunya betah saat melakukan olahraga.

Ketebalan pakaian

Jika kita berkeringat banyak saat melakukan olahraga, pastikan lapisan dasar dari baju yang dikenakan tersebut akan membuat kita tetap kering dan nyaman. Seperti bahan pakaian dari polyester, lycra campuran atau bahan sintetis lainnya. Bahan-bahan pakaian tersebut akan membuat kita menjadi hangat ketika menggunakannya di musim dingin dan terasa akan sejuk di musim, tentunya pakaian sejenis ini juga dapat dengan mudah menjadi kering dengan cepat ketika basah.

Saat akan melakukan aktivitas berolahraga, kita tidak hanya harus memperhatikan pakaian atau alat lainnya yang akan digunakan, akan tetapi kita juga harus menjaga asupan makanan sebelum makan, seperti halnya dengan, pentingkah makan sebelum berolahraga?, karena kebanyakan orang selalu mengabaikan kebiasaan buruk tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *