5 Manfaat Kesehatan Tersembunyi Dari Merokok

Segala sesuatu tentunya mempunyai manfaat dan kerugian tersendiri, tidak terkecuali juga dengan kebiasaan (buruk) merokok. Beberapa manfaat yang tersembunyi dari merokok ini yaitu kita bisa tercegah dari berbagai macam penyakit kanker, penyakit jantung, emfisema dan sejenisnya, yang tentunya sudah terbukti secara medis terhadap sejumlah manfaat yang terdapat didalam rokok tersebut.

Namun, tetap saja kita harus menghindari kebiasaan buruk ini yang salah satunya merokok ini dapat menimbulkan jerawat. Merokok ini mempunyai efek yang sangat buruk salah satu dampak terkecilnya yaitu dapat berpengaruh buruk terhadap kulit kita. Hanya saja ada beberapa penelitian yang mendapati (sedikit) manfaat dari kebiasaan yang kita anggap buruk ini, seperti halnya berikut ini:

Menyehatkan tulang

Hasil mengejutkan dari studi terbaru telah mengungkapkan bahwa pria yang merokok memiliki risiko yang lebih kecil dari yang proses operasi penggantian sendi dari pada mereka yang tidak pernah merokok. Penelitian, dari University of Adelaide di Australia, dalam jurnal Arthritis & Rheumatism, ternyata merokok mempunyai sifat protektif terhadap kondisi osteoporosis, bisa jadi bahwa nikotin dalam tembakau tersebut dapat mencegah tulang rawan dan kerusakan sendi.

Menurunkan risiko penyakit parkinson

Sejumlah penelitian  yang dilakukan pada tahun 2010 oleh Journal of Neurology telah mengidentifikasi hubungan antara merokok dan penyakit parkinson. Entah bagaimana ada penelitian yang menyebutkan bahwasanya si perokok akut dapat terhindari dari kondisi penyakit parkinson dan itupun sudah terbukti.

Peneliti di Harvard merupakan yang pertama untuk memberikan bukti yang meyakinkan bahwa seseorang yang kurang atau tidak merokok dapat mengembangkan penyakit parkinson. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Neurology pun menemukan bahwa efek perlindungan berkurang setelah perokok berhenti.

Menurunkan risiko obesitas

Nikotin dan asap tembakau ini bekerja sebagai penekan nafsu makan. Sebuah studi pada tahun 2011 dalam Journal Physiology & Behavior, kandungan nikotin tersebut bertindak sebagai stimulan dan penekan nafsu makan, serta dengan merokok juga akan mengurangi kebiasaan mengemil kita. Sebagai penekan nafsu makan, nikotin akan bertindak pada bagian otak yang disebut hipotalamus.

Tetap saja tidak ada satu orang pun ahli medis atau dokter spesialis tertentu yang menganjurkan pasien penderita obesitas atau kelebihan berat badan untuk melakukan kebiasaan merokok secara rutin demi mengurangi ukuran berat badan, karena pada dasarnya rokok itu sangat berbahaya yang mempunyai berjuta-juta bahan kimia yang menjadikannya sangat tidak cocok digunakan sebagai metode pengobatan.

Namun jangan khawatir lagi, karena sudah ada cara terbaru yang akan membantu kita untuk mengatasi kondisi berat badan yang berlebihan, dengan SLIMMING CAPSULE, yang sudah terbukti karena akan bekerja secara efektif dan cepat dengan cara menurunkan berat badan tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan pada si pemakai. Obat herbal ini terbuat dari bahan herbal alami yang tentunya tidak hanya berperan dalam menurunkan berat badan dengan cepat saja, tetapi juga bekerja sebagai pemenuh asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Menurunkan risiko kematian karena serangan jantung

Dibandingkan dengan non-perokok, perokok yang telah mengalami serangan jantung tampaknya memiliki tingkat kematian yang lebih rendah, karena bekerja sebagai jenis terapi untuk menghilangkan plak dari dinding arteri yang disebut sebagai terapi fibrinolitik, yang sama halnya dengan sejenis obat angioplasty, yang menghilangkan plak dengan memasukkan stent ke dalam arteri.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2005 oleh American Heart Journal, bagaimanapun juga tidak sepenuhnya kebiasaan merokok tersebut dapat mencegah kondisi buruk tersebut, dan karena umur seseorang tidak tergantung dari manfaat rokok tersebut.

Membantu obat clopidogrel yang bekerja lebih baik

Clopidogrel adalah obat yang digunakan untuk menghambat penggumpalan darah untuk pasien yang menderita penyakit arteri koroner dan penyakit gangguan peredaran darah lainnya yang mengarah ke stroke dan serangan jantung. Merokok tampaknya dapat membantu kerja dari obat clopidogrel untuk berfungsi lebih baik lagi.

Sebuah studi yang di lakukan oleh peneliti Korea pada tahun 2010 dalam Thrombosis Journal Penelitian dibangun berdasarkan pekerjaan oleh para peneliti Harvard diterbitkan pada tahun 2009 yang menunjukkan tentang adanya manfaat dari merokok sedikitnya 10 batang rokok sehari. Tampaknya sesuatu dalam asap rokok tersebut dapat mengaktifkan protein tertentu yang disebut sitokrom, yang akan mengubah clopidogrel menjadi suatu zat yang lebih aktif.

Tidak hanya itu saja, namun ada juga beberapa faktor penyebab penuaan kulit wajah, yang salah satunya adalah efek samping dari kebiasaan merokok ini, jadi tidak seharusnya seseorang merokok hanya untuk mendapatkan (sedikit) manfaat atau keuntungan didalamnya tanpa memikirkan mengenai berjuta efek samping berlebih didalamnya. Jika kita sudah mulai kecanduan, coba gunakan beberapa cara untuk berhenti dari kebiasaan merokok, agar kita tidak menjadi perokok akut yang mempunyai gangguan kecanduan rokok yang tidak dapat kita hindari.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *