5 Masalah Kesehatan Dari Toilet Duduk

Di zaman modern ini sudah banyak sekali peralatan yang sudah berubah dari waktu ke waktu termasuk dengan alat toilet kita untuk Buang Air Besar. Toilet yang dulunya tradisional dengan cara kita jongkok dan sekarang sudah beralih dengan cara duduk, ternyata mempunyai efek yang tidak secara langsung dapat berdampak terhadap kesehatan kita. Yu kita cari tau lebih lanjutnya lagi!

Lihat juga apakah urin dapat memberitahu kondisi kesehatan kita?

Sembelit

National Institutes of Health (NIH) mendefinisikan bahwa kondisi sembelit merupakan kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Menurut NIH sekitar empat juta orang Amerika menderita gangguan sembelit.

Usus adalah organ utama yang berperan penting dalam sistem pencernaan dalam tubuh, namun banyak orang Amerika yang menderita gangguan usus, yang menimbulkan gangguan sembelit. National Institutes of Health memperkirakan bahwa ada sekitar 4 per 1000.000 orang di Amerika menderita penyakit sembelit kronis. Kita bisa melakukan cara berikut untuk mencegah timbulnya penyakit kondisi sembelit:

  • dalam posisi jongkok, berat badan kaan menekan melawan paha dan kemudian ada dorongan lembut dari diafragma untuk melengkapi gaya gravitasi.
  • jongkok melemaskan otot puborectalis, memungkinkan sudut anorektal untuk lurus untuk memberikan dorongan keluar semua yang ada dalam usus.
  • jongkok mengangkat kolon sigmoid untuk membuka bagian yang tertutup di pintu masuk ke rektum. Hal ini juga membantu mencegah inkontinensia, dengan melakukan beberapa tekanan dari otot puborectalis.

Usus besar dilengkapi dengan katup inlet (katup ileocecal) dan katup outlet (otot puborectalis). Jongkok secara bersamaan menutup katup inlet, untuk menjaga bagian usus kecil agar tetap bersih dan membuka katup outlet, untuk memungkinkan limbah mengalir dengan bebas.

Lihat juga beberapa penyebab utama penyakit diare !

Wasir

Wasir adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang membengkak dan meradang dibagian anus dan rektum. Ketika kita sedang dalam posisi berdiri atau duduk ini biasanya disebut sudut anorektal, tertekuk yang menempatkan tekanan ke atas pada rektum dan menghasilkan kotoran dibagian dalam tersebut.

Pada usia 50 tahunan, sekitar setengah dari orang dewasa harus menderita gangguan gatal, ketidaknyamanan dan pendarahan yang dapat menandakan timbulnya kondisi wasir. Pembuluh darah di sekitar anus kita cenderung untuk meregang seperti adanya tekanan, timbulnya tonjolan atau pembengkakan. Wasir dapat sembuh tanpa kambuh kembali ketika kita mulai mengubah kebiasaan postur jongkok yang buruk dengan postur jongkok saat Buang Air Besar menjadi lebih baik lagi.

Penyakit usus

Banyak penelitian menunjukkan bahwa disaat adanya penumpukan kotoran dibagian usus besar dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan yang dapat menjadi tanda timbulnya penyakit besar seperti kanker usus besar. Dan ketika ada penumpukan di usus besar tersebut, tubuh kita tidak dapat menyerap semua nutrisi dari makanan yang kita makan, yang sebaliknya kondisi ini akan membuat tubuh kita kehilangan energi tubuh sebagai zat pembangun.

Adanya infeksi dibagian kemih

Aliran kemih biasanya lebih kuat dan lebih mudah ketika seseorang berada dalam posisi jongkok untuk buang air kecil. Kandung kemih akan dikosongkan lebih mudah dan cepat ketika kita berjongkok dari pada duduk ketika Buang Air Besar. Jongkok dapat membantu mengurangi resiko terhadap infeksi saluran kemih.

Lihat juga alasan air urin menjadi bau !

Masalah sakit pinggul

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 oleh Kaiser Permanente diterbitkan dalam Obstetrics & Gynecology menemukan bahwa sepertiga dari wanita menderita satu atau lebih gangguan dibagian panggulnya.

Selain itu, penuaan, obesitas, dan masalah gangguan persalinan dapat menjadi meningkatkan terhadap resiko dari kondisi pinggul yang bermasalah tersebut. Meskipun gangguan tersebut lebih sering terjadi pada wanita, tetapi pria juga dapat menderita gejala yang sama. Health and Nutrition Examination Survey National melaporkan, bahwa hampir satu dari setiap lima pria usia 60 tahun lebih tua mempunyai pengalaman terhadap inkontinensia.

Lihat juga manfaat air urin untuk kesehatan !

Jaringan ligamen, otot dan jaringan ikat pada panggul bertindak sebagai organ yang berfunsgi untuk menyimpan sesuatu untuk mendukung organ panggul, termasuk kandung kemih dan rektum, dan pada wanita biasa disebut sebagai rahim dan vagina. Gangguan dasar panggul, juga disebut disfungsi dasar panggul yang biasanya terjadi pada laki-laki dan perempuan ketika otot dan saraf di daerah ini rusak atau melemah yang dapat menyebabkan organ panggul menjadi prolaps (drop), yang dapat menyebabkan gejala seperti sembelit dan membuat gangguan sistem pembuangan seperti inkontinensia.

Yang terpenting, kita harus dapat lebih berpikir dan mempertimbangkan sesuatu ketika melakukan sesuatu, karena melakukan hal yang sepele seperti halnya kondisi Buang Air Besar dengan posisi duduk juga tidak secara langsung dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *