6 Bahayanya Minyak Nabati Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang menganggap bahwa minyak nabati itu ternyata sehat sehat, karena mereka mengandung sayuran. Bahkan The main nutritional organizations merekomendasikan untuk memilih jenis minyak yang mengandung lemak tak jenuh yang terbukti jauh lebih sehat dari pada kandungan lemak jenuh. Lihat juga hal yang tidak seharusnya dilakukan untuk wajah berminyak!

Namun, banyak penelitian juga yang menunjukkan bahwa minyak ini dapat menyebabkan kerusakan serius. Komposisi asam lemak yang terdapat dalam minyak tersebut dapat menyebabkan perubahan fisiologis dalam tubuh kita dan memberikan kontribusi terhadap timbulnya beberapa penyakit.

Kandungan berbahaya minyak nabati

Minyak biji nabati olahan ini dapat dapat diambil dari minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak jagung, minyak canola, minyak biji kapas, minyak safflower dan yang lainnya. Minyak ini mengandung jumlah yang sangat besar dari lemak biologis aktif yang disebut asam lemak Omega-6 tak jenuh ganda, yang jauh lebih berbahaya.

Beda halnya dengan minyak zaitun dan minyak kelapa yang mempunyai manfaat lebih untuk tubuh kita. Metode pengolahan yang tidak benar biasanya menggunakan suhu pemanasan yang tinggi, menambahkan bahan kimia atau tambahan pelarut makanan yang sangat beracun. Itu jugalah yang menjadi alasan kenapa minyak nabati sangat tidak sehat untuk dikonsumsi oleh manusia.

Kandungan asam lemak yang tinggi

Ada dua jenis asam lemak yang sangat penting untuk tubuh, namun tubuh tidak dapat menghasilkan mereka, yaitu kandungan asam lemak Omega-3 dan Omega-6. Asam lemak ini tidak hanya lembam pada bagian molekul struktural atau bahan bakar untuk sel mitokondria, mereka melayani fungsi vital terkait dengan proses yang diketahui mempengaruhi berbagai sistem seperti sistem kekebalan tubuh.

Ketika keseimbangan Omega-6 dan Omega-3 dalam sel tubuh mati, maka aka menyebabkan timbulnya masalah lain. Lemak tak jenuh ganda memiliki dua atau lebih batas ganda, sedangkan lemak tak jenuh tunggal memiliki satu dan lemak jenuh tidak memiliki ikatan ganda. Lemak tak jenuh ganda cenderung bereaksi dengan oksigen, yang dapat menyebabkan reaksi seperti merusak struktur lain seperti DNA. Asam lemak akan lebih cenderung untuk menetap di bagian membran sel, yang kemudian akan meningkatkan reaksi berantai oksidatif yang berbahaya.

Menimbulkan peradangan

Omega-3 dan omega-6 lemak yang digunakan untuk memproduksi zat dalam tubuh yang disebut eikosanoid. Karena asam lemak tersebut menetap dibagian membran sel yang mempunyai peranan penting dalam fungsi tubuh seperti pesan sel, sistem imun dan peradangan.

Kita bisa menggunakan obat jenis aspirin atau ibuprofen untuk mengurangi kondisi sakit kepala atau beberapa jenis rasa sakit lainnya, karena obat tersebut akan menghambat jalur eikosanoid dan mengurangi peradangan. Secara umum, eikosanoid tersebut terbuat dari Omega-6 yang pro-inflamasi, sedangkan yang terbuat dari Omega-3 adalah anti-inflamasi. Asam ini lemak yang berbeda ini akan bersaing satu sama lain. Semakin banyak kandungan Omega-6 dalam tubuh kita, maka semakin banyak pula asupan Omega-3 yang kita butuhkan.

Tinggi lemak trans

Lemak ini sangatlah beracun yang menjadi penyebab tingginya risiko terhadap berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas, sehingga pemerintah pun membuat kebijakan untuk mengurangi penggunakan lemak trans pada setiap produk makanan dan minuman. Dan ternyata minyak nabati lah yang menjadi salah satu bahan produksi yang mempunyai kandungan lemak trans yang tinggi.

Risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia, sedangkan lemak jenuh juga merupakan faktor utama terhadap timbulnya penyakit kardiovaskular. Lemak jenuh ini sering terkandung dalam produksi minyak nabati, itu kenapa minyak zaitun dan minyak kelapa lebih baik dari pada minyak nabati.

Penyakit kardiovaskular ini berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke yang justru membuat si penderitanya ini menjadi orang yang lebih rentan terhadap kematian dini, walaupun orang tersebut sudah melakukan berbagai macam pengobatan untuk menyembuhkan penyakit jantung dan strokenya tersebut. Kini, tidak perlu menjadi kekhawatiran kita lagi untuk menangani kondisi tersebut karena sudah ada pengobatan herbal dari JIAN XIN CAPSULE, yang merupakan asli pengobatan herbal alami yang akan menyembuhkan penyakit jantung dengan cepat dan sehat.

Penyakit menular lainnya

Karena lemak tak jenuh ganda yang begitu erat kaitannya dengan fungsi tubuh pada tingkat molekul, yang menyebabkan kondisi tersebut dapat mempengaruhi penyakit lain juga.

  • Dalam sebuah studi, peningkatan Omega-6 di ASI dikaitkan dengan timbulnya penyakit asma dan eksim pada anak-anak.
  • Studi di kedua pada hewan dan manusia telah menyebabkan adanya peningkatan asupan Omega-6 untuk kanker.

Setelah kita mengetahui mengenai efek bahaya dari minyak nabati ini ada baiknya kita harus menghindari dalam penggunaan minyak nabati tersebut dan menggantinya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yang lebih baik, yang justru mempunyai manfaat kesehatan yang lebih besar.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *