6 Peranan Serta Kondisi Yang Di Tunjukan Air Liur Terhadap Kesehatan Anda

Setiap hari, tubuh kita memproduksi sekitar 50 ons air liur. Tetapi, kita tidak pernah berpikiran tentang peranan air ludah dalam kehidupan kita, yang ternyata air ludah sendiri mempunyai manfaat serta berperan penting dalam proses pencernaan makanan yang di lakukan oleh mulut dan air ludah juga dapat menunjukan tentang apa saja kondisi yang sedang tubuh kita alami.

Satu hal yang harus kita ketahui bahwa air liur merupakan disinfektan mulut alami, yang akan membantu menjaga kesehatan gusi kita, mencegah kerusakan gigi, dan membersihkan partikel makanan, dan menyediakan zat pelawan penyakit untuk mencegah gigi berlubang dan infeksi lainnya. Sementara air liur dalam mulut kita juga dapat membersihkan keadaan mulut kita, kondisi air ludah kita juga dapat memberikan petunjuk dari hal-hal lain yang terjadi dalam tubuh kita, seperti contoh tanda-tanda di bawah ini :

Memiliki molekul RNA tertentu

Melakukan tes terhadap air liur dapat memberikan bebrapa informasi tentang genetik dan hormon tubuh kita. Dari mulai penelitian diabetes sampai kanker, air liur dapat di jadikan sebagai alat diagnosis sementara untuk beberapa penyakit. Sebuah pengetesan air ludah juga dapat menilai tingkatan kita dari hormon seperti melatonin, yang dapat memberikan pengaruh terhadap pola tidur, nafsu makan, dan penurunan berat badan yang lebih baik.

Mengetahui tingkatan asam dalam tubuh kita

Jika air ludah kita tidak memiliki kadar pH, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat di sudut mulut yang nyaman dan di bagian celah gigi kita. Air liur yang tinggi akan kandungan asam juga dapat mengikis gigi kita dan menyebabkan gigi berlubang. Mengonsumsi makanan kaya akan senyawa arginina, seperti daging merah atau unggas, bisa menurunkan keasaman air liur kita.

Mengetahui asam lambung

Kondisi ini dapat memungkinkan asam pada lambung menjadi meningkat dan membuat gelembung asam tersebut naik ke tenggorokan, dan menghasilkan bau yang tidak sedap dari bersendawa. Terlepas dari rasa asam di mulut dan tenggorokan, gejala yang paling umum dari refluks sendiri yaitu adanya rasa mulas pada bagian perut. kita juga mungkin akan memperhatikan masalah-masalah seperti bau mulut atau mual. Jika diagnosis dari dokter kita tentang refluks, tentu saja dokter akan sangat mungkin menyarankan kita untuk merubah gaya hidup yang lebih baik lagi seperti menurunkan berat badan atau menghindari makanan yang berminyak dan pedas.

Adanya rasa yang tidak enak di mulut kita

Menghirup dan menghembuskan napas melalui hidung kita adalah cara terbaik untuk menjaga mulut kita agar tetap terhidrasi, karena aliur merupakan desinfektan alami mulut kita, tanpa air liur tersebut maka pertumbuhan bakteri di rongga mulut akan semakin cepat berkembang.

Sebuah studi di General Dentistry juga menemukan, bahwa pada banyak anak-anak dan orang dewasa, pernapasan mulut yang mengeluarkan bau mulut yang tidak sedap dapat menunjukkan masalah kesehatan seperti sleep apnea. Jika kita mengira bahwa pernapasan mulut kita seperti ada masalah masalah, segeralah untuk menemui dan berkonsultasi dengan dokter, agar kita dapat mengetahui penyebab dan perkembangan masalah selanjutnya.

Adanya warna putih pada lidah/sekitar dalam mulut

Kita mungkin pernah mengalami beberapa infeksi yang terjadi di bagian dalam mulut kita, seperti candida albican yaitu merupakan jamur yang dapat menyebabkan infeksi di dalam mulut kita dan menimbulkan penyakit yang disebut sariawan. Sementara sariawan jarang terjadi pada orang dewasa yang sehat, orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes mungkin akan sangat mudah terkena penyakit ini karena gula dalam air liur dapat menyebabkan pertumbuhan ragi. Tentunya dokter kita akan meresepkan obat antijamur yang dapat membantu membersihkan mulut kita dari berbagai macam jamur serta dari infeksi.

Pengaruh akibat obat-obatan

Mungkin banyak dari kita pernah menggunakan obat-obatan tertentu yang di maksudkan untuk mengurangi rasa nyeri atau untuk menyembuhkan penyakit yang sedang kita alami seperti obat-obatan dekongestan dan antihistamin, ternyata obat-obatan ini dapat menyebabkan mulut kering yang timbul karena efek samping dari obat tersebut. Dalam keadaan mulut kita yang kering akan membuat pertumbuhan kuman dan jamur semakin lebih cepat berkembang apalagi setelah kita makan dan tidak membersihkan gigi secara langsung, dan tentunya akan membuat gigi kita menjadi lebih mudah untuk berlubang karena perkembangan kuman dan jamur lebih banyak di bagian sela-sela gigi kita.

Di sarankan untuk kita agar menggosok gigi menggunakan pasta yang mengandung fluoride yang di harapkan dapat membunuh kuman serta jamur, akan tetapi jika kita menggunakan pasta yang mengandung fluoride secara berlebihan justru akan membuat gigi kita menjadi keras dan gampang rusak. Sudah kita ketahui betapa bermanfaat sekali air ludah kita yang mempunyai peranan penting dalam berbagai keadaan dalam tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *