7 Alasan Kenapa Masa Menstruasi Anda Menyakitkan

Ketika datang masa siklus menstruasi kaum perempuan pastinya akan menimbulkan beberapa gejala seperti kram ringan, kembung, dan perasaan yang mudah sekali marah. Namun, dari beberapa kondisi gejala tersebut tentunya tidak akan membuat kualitas hidup kita menjadi menurun juga kok. Jika masa periode yang menyebabkan kita secara signifikan menjadi sakit, ada baiknya kalau kita konsultasikan dengan dokter, karena nyeri haid dapat menjadi tanda dari masalah serius lainnya. Berikut ini adalah 7 kondisi yang sudah diketahui menjadi alasan kenapa masa periode tersebut dapat menimbulkan rasa sakit.

Lihat juga efek celana dalam tidak diganti!

Endometriosis: Ketika lapisan uterus menjadi tidak beraturan

Endometriosis adalah suatu kondisi ginekologi di mana lapisan rahim atau endometrium ditemukan di luar rahim pada struktur lain dibagian panggul, termasuk ovarium, saluran telur, kandung kemih, panggul, dan dalam kasus yang lebih berat biasanya dibagian usus, diafragma , hati, paru-paru, dan bahkan otak.

Orang yang mengalami masalah endometrium dapat menyebabkan perlengketan, peradangan kronis, timbulnya kista coklat (kista penuh dengan darah), dan perdarahan internal yang semuanya dapat menimbulkan nyeri panggul menyiksa. Nyeri endometriosis tidak terbatas pada masa periode yang menyakitkan. Sebagian wanita dengan endometriosis mengalami nyeri panggul progresif yang berlangsung hanya selama beberapa hari.

Adenomiosis: Kram nyeri dan seks

Adenomiosis mirip dengan endometriosis, tetapi kondisi ini ditemukan berada jauh di dalam otot rahim. Pada wanita dengan adenomiosis, rahim bertindak seperti otot yang memar. Gejalanya seperti kram dan berhubungan seksual yang menyakitkan, yang dapat terjadi sampai satu atau dua hari, kondisi ini biasanya terjadi pada wanita di atas usia 30 tahun yang telah memiliki anak.

Uterine fibroid

Sebanyak tiga dari empat wanita dapat mengembangkan fibroid rahim dan juga biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Fibroid yang mempunyai ukuran cukup besar dapat dengan mudah merusak bentuk rahim. Fibroid uterus juga dapat mengubah menstruasi dengan meningkatkan jumlah perdarahan dan perasaan nyeri haid. Alasan di balik rasa sakit saat haid adalah bahwa rahim harus berkontraksi (kram) untuk mengusir gumpalan darah besar yang merupakan hasil dari perdarahan berat.

Lihat juga air urin dapat memberitahu kesehatan kita!

Tembaga IUD: sakit setelah penyisipan

IUD tembaga merupakan bentuk non permanen dan non hormonal dari kontrol kelahiran yang dapat mencegah kehamilan hingga 10 tahun. Perangkat, yang ditempatkan di dalam rahim oleh dokter berlisensi, bekerja dengan terus melepaskan tembaga, yang akan melumpuhkan sperma dan mencegah implantasi telur. Penggunaan IUD tembaga juga dapat membuat menstruasi lebih sulit dan lebih menyakitkan, terutama di beberapa siklus pertama setelah insersi.

Pelvic Inflammatory Disease (PID)

Penyakit radang panggul adalah infeksi saluran reproduksi wanita yang paling sering disebabkan oleh infeksi menular seksual yang tidak secara langsung diobati. Jika tidak diobati, PID dapat menyebabkan peradangan, jaringan parut, nyeri haid, dan infertilitas. Selama menstruasi, hormon akan mempengaruhi rahim dan bagian sekitarnya yang akan membantuk struktur jaringan parut dan pelekatan yang dapat meningkatkan peradangan, pendarahan, dan rasa nyeri. Jika kondisi ini dapat di diagnosis sedari awal, PID dapat diobati hanya dengan menggunakan obat antibiotik saja, tetapi antibiotik tidak akan menimbulkan kerusakan struktural yang disebabkan oleh infeksi.

Cacat uterine

Ketika janin perempuan masih di dalam rahim ibunya, maka uterus tersebut akan berkembang dari dua struktur yang dikenal sebagai saluran mulleri. Dalam beberapa kasus rahim tidak akan membentuk perkembangannya sendiri dengan benar, yang justru kemudian dapat menyebabkan infertilitas, masa periode yang menyakitkan, dan hubungan seksual yang menyakitkan.

Untuk wanita dengan anomali struktural seperti uterus bikornu (dua uteri yang mengarah ke satu leher rahim), septate uterus (rahim normal dengan jaringan fibrosa yang terbagi menjadi dua), uterus unicornuate (rahim yang berkembang dari hanya satu saluran mulleri), didelphys uterus (dua uteri, dua serviks, dan septum, atau membran, yang terbagi kedalam saluran vagina), nyeri haid tersebut berasal dari penyumbatan dan terbaginya membran uterus dan vagina.

Dismenore primer

Kram yang tidak bisa dijelaskan oleh cacat struktural atau kondisi reproduksi, juga dikenal sebagai dismenore primer, biasanya terjadi di sebagian banyak wanita yang mengalami menstruasi. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, kram ini disebabkan oleh peningkatan atau ketidakseimbangan kadar prostaglandin yaitu hormon asam lemak yang merangsang rahim untuk berkontraksi. Perubahan tingkat prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi rahim menjadi lebih intens dan sering, menyebabkan kompresi pembuluh darah di dekatnya dan memotong oksigen ke otot rahim, sehingga menyebabkan kram yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Rasa sakit tersebut juga tidak sepenuhnya disebabkan oleh beberapa penyebab seperti diatas, ada juga dari beberapa jenis asupan makanan lainnya yang dapat menimbulkan ketidaknyamaan kita di saat masa periode dan ada juga beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan dalam siklus menstruasi, untuk menghindari beberapa masalah yang tidak di inginkan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *