7 Bukti Manfaat Kesehatan dari Air Minum Putih Yang Cukup

Tubuh kita terdiri dari sekitar 60% kandungan air, itu kenapa kita di anjurkan untuk meminum air putih sebanyak delapan 8 gelas air per hari agar tubuh kita tetap dalam keadaan terhidrasi. Pentingnya meminum air putih sangatlah di anjurkan karena sangat berpengaruh terhadap sel dan organ di dalam tubuh kita.

Berikut 7 manfaat kesehatan dari air putih

Membantu memaksimalkan kinerja fisik

Jika kita tidak terhidrasi, maka kinerja fisik pun dapat bekerja dengan keras dan mengalami kelelahan yang ekstrim, apalagi dalam keadaan cuaca panas dan bekerja secara intens. Keadaan dehidrasi dapat memiliki efek yang serius jika tubuh kita sudah kehilangan 2% kadar air dalam tubuh. Namun, tidak jarang bagi para atlet akan kehilangan kadar air dalam tubuh hingga 6-10% dari tubuh mereka melalui keringat.

Hal ini dapat menyebabkan kontrol suhu tubuh berubah, dorongan kerja fisik berkurang, meningkatkan kelelahan dan membuat latihan merasa jauh lebih sulit dan berat, baik secara fisik maupun mental. Hidrasi yang optimal telah terbukti dapat mencegah hal ini untuk terjadi dan bahkan dapat mengurangi stres oksidatif yang terjadi selama latihan intensitas tinggi. Hal ini tidak mengherankan jika kita sudah mempertimbangkan bahwa otot sendiri terdiri dari sekitar 80% air.

Hidrasi memiliki efek utama di tingkat energi dan fungsi otak

Studi menunjukkan bahwa dehidrasi ringan (1-3% air dari berat badan) dapat mengganggu banyak aspek fungsi dari kinerja otak. Dalam sebuah penelitian terhadap wanita muda saat kehilangan sekitar 1,36% cairan setelah latihan akan mengalami gangguan suasana hati yang baik dan konsentrasi serta dapat meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Penelitian lain yang serupa pun dari seorang pria muda, menunjukkan bahwa kehilangan sekitar 1,59% cairan dapat merusak memori dan meningkatnya rasa cemas serta lelah dalam bekerja. 1-3% kehilangan cairan sama dengan sekitar 1,5-4,5 lbs (0,5-2 kg) dari berat badan tubuh kita.

Membantu mengurangi serta mencegah sakit kepala

Dehidrasi dapat memicu sakit kepala dan migrain pada beberapa orang dengan kelainan yang berbeda. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa air dapat meredakan sakit kepala, Namun, ini tampaknya tergantung pada jenis dari sakit kepala. Karena air dapat membantu memperlancar peredaran darah, sehingga aliran darah menuju otak akan lancar dan otak pun akan berfungsi dengan baik.

Membantu menyembuhkan sembelit

Sembelit ditandai dengan sulit dan tidak teraturnya buang air besar. Meningkatkan asupan cairan sering dianjurkan untuk pengobatan yang dapat memperlancar pengeluaran tinja. Air berkarbonasi dapat menunjukkan hasil yang sangat mendukung untuk penyembuhan penyakit sembelit.

Dapat membantu mengobati batu ginjal

Batu kemih adalah gumpalan kristal yang menimbulkan rasa sakit di daerah sistem kemih, atau yang biasa kita sebut sebagai batu ginjal. Asupan cairan yang lebih tinggi dapat meningkatkan volume urin yang melewati ginjal dan dapat membantu mencegah pembentukan awal dari batu ginjal.

Membantu mencegah rasa sakit setelah mabuk

Hangover yaitu Sakit (kepala) yang diderita oleh seseorang setelah meminum alkohol. Alkohol mengandung senyawa diuretik, sehingga pemabuk akan kehilangan lebih banyak air, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Meskipun dehidrasi bukanlah penyebab utama mabuk, tapi dehidrasi dapat menyebabkan gejala seperti haus, kelelahan, sakit kepala dan mulut kering. Cara yang baik untuk mengurangi mabuk adalah minum segelas air dan meminum air yang banyak sebelum tidur.

Dapat menurunkan berat badan

Minum banyak air dapat membantu kita unruk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan fakta air yang menakjubkan, bahwa air dapat meningkatkan rasa kenyan dan meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh kita.

Dalam dua studi, minum setengah liter (17 ons) air di sarangkan untuk meningkatkan metabolisme oleh 24-30% air dalam 1,5 jam (26, 27). Ini berarti bahwa meminum 2 liter air setiap hari dapat meningkatkan pengeluaran energi total hingga 96 kalori per hari. Pembagian waktu dalam meminum air pun sangat penting, seperti minum air setengah jam sebelum makan merupakan cara efektif untuk menurunkan lemak dalam tubuh serta dapat membuat kita merasa lebih kenyang dan makan pun dalam porsi sedikit dengan kalori (28, 29). Dalam satu studi, diet dengan minum setengah liter air sebelum makan dapat menghilangkan 44% lebih berat dalam kurun waktu 12 minggu.

Banyaknya minuman bermerek yang sudah banyak bebas di pasarkan dengan harga tertentu sekalipun dengan minuman bersoda dan minuman penambah energi, tentunya sangat berbahaya karena mengandung berbagai macam zat yang dapat membahayakan tubuh. Gaya hidup yang mewah dengan membeli minuman seperti itu tidaklah baik, kita memang seperti sudah di tunjang untuk memiliki gaya yang modern, seperti minuman yang bersoda ataupun minuman beralkohol seperti Vodka yang begitu terkenal di dunia.

Tetapi, semua itu hanyalah gaya modern yang mencontoh dunia barat saat ini, tanpa kita tahu bagaimana dampak penyakit yang di timbulkan dari minuman tersebut. Lebih baik hidup sederhana dengan hidup sehat yang lebih murah dengan selalu meminum air putih yang cukup setiap hari.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *