7 Cara Terbaik Untuk Perawatan Telinga Anda

Ingat, melakukan perawatan terhadap alat pendengaran kita hanyalah sebagian kecil dengan harga murah yang kita lakukan untuk mempunyai sistem pendengaran yang sehat, tidak sebanding dengan perawatan yang harus kita jalani ketika kita mengalami pendengaran yang tidak sempurna, tentunya perawatan yang sangat mahal dan tidak mudah. Nah, berikut ini kita akan membahas tentang 7 Cara Terbaik Yang Harus Dilakukan Untuk Merawat Telinga Kita :

Jangan terbiasa untuk menggunakan cotton bud

Infeksi saluran telinga sering di alami oleh orang yang menggunakan cutton bud atau jari untuk membersihkan telinga, tanpa mereka sadari bahwa hal tersebut dapat merusak kulit halus di bagian dalam telinga dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi. Selalu mengeringkan telinga kita secara menyeluruh setelah mandi, terutama setelah berenang dan ketika kita berada terlalu lama di ruangan yang lembab. Infeksi telinga akibat dari kontak yang terlalu lama dengan air, untungnya hal ini dapat di sembuhkan dengan obat antibiotik.

Menghindari aktivitas penerbangan ketika ada masalah dengan telinga

Hal ini sangatlah penting terutama jika kita sedang melakukan penerbangan yang akan menimbulkan rasa sakit pada telinga. Hal ini terjadi karena adanya tekanan udara yang tidak sama dengan suhu telinga bagian dalam dibandingkan dengan di luar saat melakukan penerbangan, karena adanya penyumbatan dari tabung Eustachian yang akan menimbulkan rasa sakit.

Kadang-kadang, lubang kecil pada gendang telinga bisa saja menjadi pecah dan itu akan sembuh secara alami selama beberapa hari atau beberapa minggu ke depan, sementara itu telinga bagian tengah lebih rentan terhadap infeksi. Menggunakan obat decongestant, dapat sedikit membantu untuk membuka tabung Eustachio dan dapat meminimalkan risiko.

Batasi pendengaran dari suara yang nyaring dan keras

Musik, mesin, bahkan blender mengeluarkan suara kebisingan 85 desibel (dB) yang mengharuskan kita untuk melakukan pembatasan diri dari suatu keadaan yang dimana suara keras tersebut dapat mengganggu telinga kita. Pengguna musik MP3 player di daratan Eropa memiliki batas default 85 dBd dan itu merupakan suara yang cukup sangat keras untuk di dengarkan. Hal ini dapat merusak alat pendengaran kita dalam waktu yang lama, jadi gunakan selalu alat penyumbat telinga jika kita berada di lingkungan yang bising.

Belajarlah untuk mengetahui keadaan tinnitus

Biasanya suara seperti dering atau adanya suara yang berdengung di kepala atau telinga hanya terjadi dalam beberapa detik saja dan tidak dalam waktu yang lama. Meskipun ada banyak penyebab lainnya, tetapi mungkin saja ini hasil dari paparan yang terjadi di dekat telinga kita dalam jangka waktu yang panjang terhadap suara keras ( yanglebih dari 85 dB). Hal ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada telinga bagian dalam (atau koklea).

Seorang psikolog tentunya dapat membantu untuk mengubah perilaku seseorang secara kognitif dan dapat membantu penderita menghadapi kondisi yang melemahkan pendengarannya tersebut dan kasus ini sudah mempengaruhi lebih dari 10 persen populasi masyarakat di Inggris atau satu dari delapan orang yang berusia di atas 60 tahun.

Jangan menganggap gangguan pendengaran hanya mempengaruhi orang-orang yang lebih tua saja

Ada banyak sekali penyebab yang berhubungan dengan telinga dari mulai saat kita kecil hingga usia tua, dari kondisi seperti kehilangan kongenital, infeksi, melernya cairan telinga dan otosklerosis. Yang terakhir ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan tulang yang baru di sekitar salah satu tulang kecil di telinga tengah kita sehingga dapat membatasi gerakan dari transmisi suara.

Gunakan obat tetes telinga yang terbuat dari natrium bikarbonat saat cairan di telinga meler

Gejala umum dari keluarnya cairan dari dalam telinga yang seperti lilin ini adalah hilangnya pendengaran namun masih di anggap ringan, yang biasa dikenal sebagai penyebab terjadinya gangguan masalah pendengaran seperti tuli, karena suara tidak bisa lewat dengan bebas melalui saluran telinga kita karena adanya penyumbatan. Minyak zaitun sering direkomendasikan untuk menyembuhkan penyakit ini dengan cara melunakkan lilin.

Selidiki dahulu jika ada gangguan pendengaran

Jika tidak dapat di temukan penyebab masalahnya, mungkin saja masalah ini di sebabkan karena adanya tumor jinak pada bundel saraf yang menuju ke otak yang sudah mulai timbul. Memang kasus ini sangat jarang sekali terjadi dan dapat disebabkan oleh pertumbuhan kanker dalam ruang postnasal, yang mengarah ke penumpukan cairan (atau cairan semacam lilin yang keluar dari dalam telinga), dan harus selalu diselidiki sebagai diagnosis dini yang tentunya dapat mempengaruhi hasil yang positif untuk kita ketahui.

Dari beberapa tips di atas, terlebih dahulu kita harus menjaga telinga kita dari berbagai macam bentuk atau dari sesuatu hal yang dapat membuat telinga kita menjadi rusak dengan selalu melakukan perawatan yang benar dan sehat serta lebih aman.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *