7 Efek Berbahaya Yang Di Sebabkan Oleh Tidur Terlalu Malam

Apakah Anda sering tidur larut malam di karenakan menonton tv atau alasan lainnya ? …Ini bukan merupakan kebiasaan tidur yang disarankan oleh para ahli kesehatan. Bahkan dokter-dokter di seluruh dunia menyarankan untuk menghindari kebiasaan tidur larut malam. Tidur larut tidak hanya membuat tubuh kita mudah terserang berbagai masalah kesehatan, tetapi juga mengganggu rutinitas harian kita serta meningkatkan stres dan kecemasan. Tidur larut akan membuat kita terburu-buru dan tergesa-geasa pada pagi hari untuk menjalankan aktivitas karena perasaan yang masih ngantuk akan kurangnya kualitas tidur pada malam hari.

Berikut 7 efek kesehatan paling berbahaya yang di sebabkan oleh tidur larut malam :

Kehilangan konsentrasi

Tidur larut malam akan membuat kita bangun terlambat dan ini dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi. Tidur di luar jam tidur diperbolehkan karena dapat mengimbangi suasana hati dan menjaga penurunan yang cukup besar terhadap konsentrasi. Karena dalam pengurangan waktu dapat mempengaruhi kinerja fungsi dari otak serta kondisi kesehatan fisik.

Suara menjadi berat

Jika kita membiasakan tidur larut setiap malam maka akan mempengaruhi serta merugikan  kualitas suara dan nada. Suara akan menjadi terlalu serak dan kasar, ketika kita melakukan kebiasaan bangun siang. Bangun terlambat/ siang lebih berbahaya lagi bagi perokok dan dapat menyebabkan gangguan lain yaitu seperti pada paru-paru.

Sakit kepala

Tidur larut dapat mempengaruhi otak dengan sangat cepat, karena aliran darah menuju otak menjadi tidak lancar yang akan membuat kinerja serta fungsi otak menjadi tidak baik dan menyebabkan sakit kepala. Tidak hanya sakit kepala saja, tetapi kejadian ini dapat membuat si penderita menjadi batuk secara terus-menerus dan demam ringan.

Obesitas

Ketika orang yang tidur larut malam dengan kebiasaan bangun terlambat akan membuat sarapan pagi menjadi terlewati dan hal ini yang akan membuat anda untuk makan dalam porsi yang sangat banyak karena adanya dorongan ketika perut tersebut kosong akibat tidak sarapan pagi. Orang tersebut akan cenderung untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak, yang selalu ingin ngemil makanan ringan, dan akan menambah lemak di tubuh mereka. Dan jika kita selalu dalam keadaan terjaga di waktu malam, maka kebiasaan lain muncul yaitu untuk mengkonsumsi minuman soda, minuman manis dan makanan berlemak lainnya seperti keripik kentang goreng, selanjutnya dalam keadaan bangun terlambat pun akan mengurangi kegiatan fisik untuk menurunkan lemak kita di pagi hari.

Lingkaran hitam di bawah mata

Jika kita melakukan kebiasaan tidur larut malam maka kita akan mendapati lingkaran hitam di bawah kelopak mata, ini di karenakan adanya perubahan jam tidur atau karena kebiasaan bekerja lembur sampai larut malam, diikuti oleh kebiasaan bangun terlambat di pagi hari. Jerawat dari jenis lain pun dapat timbul di wajah, karena permasalahan kulitpun dapat terjadi yang di akibatkan oleh kebiasaan tidur yang salah.

Penyebab penyakit

Kita dengan mudah dapat mengembangkan berbagai macam penyakit yang hanya di sebabkan oleh satu kebiasaan buruk yaitu dengan tidur terlalu malam. Menurut berbagai penelitian medis yang dilakukan di seluruh dunia, sebuah hormon bernama kortisol akan dilepaskan dalam tubuh ketika kita tidur larut malam. Hormon ini yang bertanggung jawab dalam peningkatan tekanan darah dan penurunan aktivitas regenerasi sel.

Stres

Gejala stres sangat dipengaruhi oleh gangguan tidur setiap malamnya. Sudah sangat umum ketika orang yang selalu melakukan kebiasaan tidur tidur larut malam terkena masalah gangguan pikiran seperti stres. Jadwal tidur yang tidak benar dapat menyebabkan gangguan mental termasuk depresi, skizofrenia bahkan penyakit berat seperti Alzheimer. Orang yang selalu tidur larut ternyata lebih bergantung pada obat pil untuk tidur yang dapat menyebabkan peningkatkan tingkat stres dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Berikut tips bagaimana caranya mempunyai kualitas tidur yang baik :

Berolahraga

Banyak sekali manfaat berolahraga, salah satunya membantu anda agar cepat tidur di malam hari dan anda memperoleh tidur yang berkualitas.

Jangan mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur

Pastikan anda tidak makan berat atau terlalu banyak sebelum tidur. Makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Karena rahasia panjang umur yaitu cukup tidur, banyak tidur, dan makan jangan terlalu kenyang.

Kasur

Jika pada bagian tengahnya sudah lebih kempis dibandingkan sisi-sisinya, saya sarankan anda untuk menggantinya dengan yang baru, yang akan menopang tubuh anda lebih baik sehingga anda merasa jauh lebih nyaman selama tidur.

Lingkungan tidur anda

Aturlah timer pada AC / kipas angin jika anda merasa dingin atau jika tidak terdapat timer, pastikan anda menyelimuti diri anda sebelum tidur sehingga anda tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.

Jadwalkan waktu tidur anda

Menjadwalkan tidur anda secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas, dan keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh anda berjalan baik.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *