7 Hal Yang Harus Di Hindari Ketika Menderita Batuk

Batuk merupakan salah satu gejala ringan yang paling diabaikan oleh banyak orang yang menderitanya. Sebagian besar kasus tersebut, batuk yang sudah akut tanpa di sadari akan berlangsung menjadi kronis. Sayangnya beberapa perawatan untuk menyembuhkan batuk juga jarang dilakukan, karena memang kondisi tersebut banyak di abaikan oleh si penderita yang menganggap bahwa gejala tersebut hanya akan berlangsung sementara saja. Untuk mengurangi keparahan kondisi batuk, kita harus memperhatikan beberapa kebiasaan berikut ini:

Obat herbal QNC JELLY GAMAT solusi cepat dan sehat atasi penyakit ringan dan berat!!!


Menghindari makanan dingin

Menurut ahli kesehatan, menyebutkan bahwa pada umumnya batuk dan pilek biasanya dipicu oleh makanan dingin seperti es krim dan jenis minuman dingin lainnya. Meskipun tidak ada bukti ilmiah tentang bagaimana makanan dingin tersebut dapat memicu atau memperburuk kondisi batuk, namun biasanya dokter juga akan menyarankan pasien untuk menghindari jenis makanan dingin tersebut sampai mereka benar-benar sembuh sepenuhnya.

Karena memang ada satu penjelasan yang terbilang masuk akal mengenai pengaruh dari minuman dan makanan dingin tersebut yang dapat menyebabkan pengeringan bagian luar dari lapisan pernapasan sehingga menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan memicu batuk karena iritasi.

Menghindari makan berlebih pada malam hari

Mengkonsumsi makanan berlebih pada malam hari bisa menjadi pemicu batuk untuk orang yang menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Orang penderita GERD kemungkinan memiliki hubungan yang buruk antara kontraksi dan relaksasi otot sphincter yang mencegah refluks makanan ke kerongkongan. Akibatnya, asam lambung bisa mengalir kembali ke pipa makanan, menimbulkan iritasi pada lapisan yang kemudian memicu batuk.

Menghindari posisi tidur terlentang

Posisi tidur juga ternyata memainkan peranan penting dalam memicu timbulnya gejala batuk di malam hari. Pada malam hari tersebut akan terjadi penumpukan lendir dan dahak yang sudah terkumpul selama seharian penuh, yang kemudian akan mengalir dan mengiritasi tenggorokan ketika kita berbaring telentang. Sebaliknya, jika kita tidur dengan posisi miring atau tidur menyamping akan menjaga dahak untuk menumpuk di kerongkongan dan menghindari timbulnya batuk di malam hari.

Menghindari makanan yang di goreng

Makanan yang di goreng dengan minyak merupakan penyebab umum terjadinya gejala batuk tersebut. Makanan yang di goreng dalam minyak panas akan menghasilkan senyawa yang disebut akrolein, yang bertindak sebagai alergen yang akan memperburuk batuk dan menyebabkan timbulnya gatal pada tenggorokan.

Menghindari kebiasaan merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab batuk karena bronchitis. Tidak hanya itu, kebiasaan buruk tersebut akan mengiritasi lapisan tenggorokan, penundaan pemulihan dan meningkatkan risiko penyakit berat seperti kanker. Jika kita tidak mempunyai kebiasaan buruk merokok tersebut, tetap saja kita harus menghindari asap rokok, karena sebagai perokok pasif saja sama bahayanya dengan si perokok.

Menghindari minuman berkafein

Minuman atau makanan yang mengandung kafein juga harus dihindari oleh orang-orang yang menderita batuk karena kafein tersebut mengandung asam dan pemicu GERD. Walaupun kafein juga dapat memungkinkan untuk memberikan bantuan yang bersifat sementara dari serangan batuk, tapi efek sampingnya justru dapat menyebabkan esophageal sphincter yang akan menjadi longgar, yang juga kemudian akan memungkinkan lebih banyak asam menuju ke kerongkongan.

Menghindari aktivitas berlebih

Batuk merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuh kita, sehingga timbulah gejala tersebut sebagai tanda bahwa tubuh kita membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan kembali sistem kekebalan tubuh yang lemah tersebut.

Batuk tersebut sangat bermacam-macam, dari mulai gejala batuk yang di barengi dengan dahak ada juga batuk yang tidak di barengi dengan dahak. Kebanyakan batuk tersebut terjadi karena rasa gatal yang di sebabkan oleh dahak atau lendir dalam kerongkongan atau sistem pernafasan. Untuk itu, ada baiknya kalau kita mengetahui beberapa cara untuk menghilangkan dahak dari tenggorokan, agar kita bisa menghindari kemungkinan penyakit yang dapat timbul yang disebabkan oleh penumpukan lendir atau dahak.

Selain itu kita juga harus mengubah pola makan menjadi lebih sehat lagi, karena setiap makanan yang kita konsumsi tentunya mempunyai pengaruh terhadap tubuh kita. Tidak terkecuali dengan beberapa hal penyebab timbulnya lendir berlebihan dalam tubuh yang menjadi pemicu iritasi serta peradangan pada tenggorokan kita. Selain pengaruh dari makanan yang kita konsumsi juga, ternyata timbulnya lendir atau dahak ini menjadi tanda atau respon cepat dari tubuh kita yang dapat melawan infeksi dari luar tubuh sehingga terlindungi oleh lendir tersebut.

Pengobatan herbal kini bisa menjamin anda untuk sembuh dari batuk secara menyeluruh dari KUDING PLUS TEA, yang akan membantu untuk mengurangi bahkan menghilangkan penumpukan lendir di dalam tenggorokan. Teh ini juga akan membantu untuk memperlancar sistem pernafasan dan juga tenggorokan. Teh ini bukan hanya sekedar teh biasa, namun teh ini juga berperan penting sebagai obat alami penyembuh penyakit yang dengan cepat akan membunuh bakteri penyebab batuk.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *