7 Jenis Makanan Sehat Untuk Mengurangi Gejala PMS

Gejala kembung, kram, ngidam, dan perubahan suasana hati merupakan kondisi yang sangat normal untuk wanita yang sedang dalam siklus menstruasi. Gejala pramenstruasi (PMS) biasanya akan mengubah kondisi mood kita dalam beberapa hari yang akan membuat perasaan lekas marah. Lihat juga cara alami mengurangi gejala kram saat menstruasi!

Perempuan cenderung mempunyai nafsu makan yang meningkat selama periode karena adanya fluktuasi hormon. Estrogen, testosteron, dan progesteron merupakan hormon reproduksi utama yang naik turun, dan tetap pada tingkat rendah selama siklus menstruasi kita. Menurut Ohio Academy of Nutrition and Dietetics, menyarankan untuk para wanita yang masih menjalankan proses diet yang harus memenuhi kebutuhan diet seimbang mereka setiap harinya seperti makan buah-buahan dan sayuran untuk mendapatkan berbagai macam jenis asupan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh dan hal ini juga yang akan membantu untuk mengurangi gejala PMS yang biasanya akan datang sewaktu-waktu yang dapat merubah suasana hati seseorang.

Salmon: Omega-3 asam lemak

Salmon dan jenis ikan tertentu lainnya merupakan sumber yang baik akan kandungan asam lemak omega-3 yang tidak hanya mempunyai sejuta manfaat kesehatan untuk jantung saja, akan tetapi juga dapat memberikan bantuan untuk mengurangi kondisi dari beberapa gejala menstruasi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1996 yang diterbitkan dalam Obstetricians and Gynecology menemukan bahwa wanita yang menerima dosis harian 6 gram minyak ikan, yang mempunyai 1.080 miligram (mg) dari EPA, dan 720 mg DHA, secara signifikan sudah merasakan adanya perubahan yang dapat mempengaruhi rasa sakit yang berkurang dari gejala-gejala tersebut.

Konsumsi lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang dianjurkan oleh dokter memang benar dapat membantu seperti halnya dalam menurunkan kadar kafein, vitamin b-6, mengurangi asupan gula berlebih, karbohidrat kompleks, dan penggunaan herbal liver seperti milk thistle dan dandelion. Lemak sehat ini tidak hanya ditemukan pada ikan salmon saja kok, kita masih bisa untuk mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Brokoli: Tinggi serat

Sayuran hijau ini memiliki kandungan serat yang tinggi yang juga benar-benar dapat meringankan kondisi perut yang kembung. Brokoli memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan beberapa kandungan vitamin seperti kalsium, vitamin A, C, B6, dan E, potassium, dan magnesium yang merupakan nutrisi yang dapat membantu meringankan gejala PMS. Lihat juga penyebab menstruasi menyakitkan!

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2000 yang diterbitkan dalam Obstetrics & Gynecology menyebutkan bahwasanya seseorang yang menjalani diet vegetarian yang rendah lemak dapat menekankan konsumsi makanan nabati yang secara signifikan juga dapat mengurangi rasa sakit dan PMS bagi banyak perempuan. Efek gejala ini bisa disebabkan oleh adanya pengaruh diet yang kita jalani yang tentunya mempengaruhi aktivitas estrogen. Brokoli mengandung 91 persen air yang menjadikan sayuran ini dapat membantu menghilangkan kondisi gejala kembung sementara menyingkirkan bengkak, produksi gas dalam tubuh berlebihan, dan kelelahan.

Pisang dan biji labu: Magnesium

Biji labu ini dapat membantu meringankan retensi air dan perubahan suasana hati karena kandungan magnesiumnya yang sangat tinggi, serta kemampuannya untuk mengatur kadar serotonin. Magnesium adalah kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi retensi air selama seseorang tersebut mengalami gejala PMS. Lihat juga manfaat menakjubkan buah pisang!

Pisang dikenal sebagai sumber yang kaya kandungan kalium saja, akan tetapi juga memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Buah ini juga dikenal sebagai bantuan tidur alami karena mengandung melatonin yang dapat membantu mengatur ritme alami tubuh yang akan memberikan waktu istirahat malam yang baik untuk tubuh.

Kinoa: Vitamin B

Kinoa baru-baru ini menjadi makanan kesehatan utama terbaru karena kandungannya yang kaya protein yang banyak mengandung semua jenis sembilan asam amino esensial dan dua kali lebih banyak serat seperti kebanyakan bahan dasar dari biji-bijian lainnya. Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat dalam sereal kinoa tersebut dapat membantu mengatur perubahan suasana hati dan merangsang produksi energi tinggi dari kandungan zat besi dan vitamin B12. Lihat juga jenis vitamin yang diperlukan oleh otak!

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan adanya bukti yang dilakukan oleh seseorang yang telah melakukan diet rendah karbohidrat lebih rentan terhadap gangguan depresi, cemas, atau marah dari pada mereka yang mengonsumsi biji-bijian setiap harinya. Hal ini diyakini bahwa kandungan karbohidrat dapat meningkatkan produksi serotonin yang dapat memproduksi dan meningkatkan suasana hati dengan merubah kimia dalam otak.

Susu rendah lemak dan telur: Kalsium dan vitamin D

Kalsium dan nutrisi vitamin D akan dapat dengan cepat mengurangi kondisi dari gejala PMS yang ditimbulkan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa seseorang yang memenuhi asupan tinggi kalsium dan vitamin D dapat mengurangi risiko PMS. Lihat juga cara terbaik memiliki bayi cerdas!

Para peneliti pun menyarankan agar terpenuhinya asupan susu rendah lemak, jus jeruk, atau makanan susu rendah lemak seperti yoghurt, untuk mendapatkan jumlah yang cukup vitamin D saat menjalankan program diet, Vitamin D ini sendiri akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas sehingga juga secara bersamaan dapat mengurangi sel-sel kanker.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *