7 Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak Anda

Kita tentunya mengetahui bagaimana aktivitas kita sehari-hari ini dapat mempengaruhi fisik tubuh kita, tapi itu hanyalah kemungkinan yang sangat kecil bagi kita untuk fokus pada kegiatan tertentu yang dapat meningkatkan kesehatan otak kita.

Solusi jitu mengatasi masalah gangguan otak dengan BRAIN CARE CAPSULE!!!

Tapi seperti yang kita lakukan setiap hari, ternyata hal-hal tertentu yang setiap hari dilakukan dapat menjaga tubuh kita agar tetap merasa baik dan sehat, kita juga dapat melakukan beberapa hal dalam kegiatan sehari-hari yang dapat meningkatkan kekuatan otak kita, seperti pekerjaan yang dapat membuat otak kita agar tetap selalu fokus, memperkuat ingatan dan bahkan keadaan suasana hati kita.

Dengan merawat kesehatan kita melalui asupan cukup nutrisi yang tepat dan olahraga, kita bisa meningkatkan kemampuan otak untuk melakukan tugas dan fungsi yang diperlukan oleh tubuh dan terus menjaga kita agar tetap waspada dan tetap tajam dalam ingatan. Selain itu, terus terlibat dalam tugas-tugas kompleks yang membutuhkan multi-level dalam berpikir juga dapat membantu menjaga otak kita agar tetap waspada dan tetap fokus. Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kesehatan otak kita :

Tidur

Tidur adalah fase yang paling restoratif untuk otak, dengan mendapatkan tujuh sampai sembilan jam tidur dapat membantu otak untuk memproses hal-hal yang lebih cepat dan memiliki pembuktian bahwasanya dapat meningkatkan fungsi memori. Ketika kita tidur, otak kita akan bertanggung jawab untuk berbagai fungsi, termasuk memperkuat memori dan memperbaiki sel-sel yang telah rusak.

Bermain game

Cobalah untuk melakukan satu kegiatan yang menantang pikiran dan otak setiap hari. Sebuah studi dari University of Wisconsin-Madison menemukan bahwa dengan bermain game seperti permainan kartu atau permainan papan dapat membantu melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer. Karena dengan bermain game tersebut dapat melibatkan fungsi kerja otak dan pikiran kita.

Berolahraga

Studi dari University of British Columbia menemukan bahwa dengan membiasakan diri berolahraga secara teratur dapat meningkatkan ukuran hippocampus yaitu bagian wilayah otak kita yang akan bertanggung jawab dalam perkembangan memori verbal dan pembelajaran. Secara fisik, berolahraga juga merangsang tubuh untuk memberikan dorongan energi yang dapat membantu kita untuk berpikir lebih jernih dan meningkatkan energi dalam tubuh.

Membaca

Meluangkan waktu untuk membaca sesuatu yang dapat meningkatkan serta menarik keterampilan secara kognitif pada fungsi dan kesehatan otak. Penelitian dari Emory University menemukan bahwa dengan membaca serita fiksi dapat meningkatkan konektivitas dan meningkatkan fungsi di otak, terutama dalam segi bahasa yang digunakan dalam buku fiksi serta dalam proses kognisi.

Sosialisasi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health menemukan bahwa dengan kebiasaan interaksi sosial sehari-hari dapat membantu melindungi otak terhadap demensia dan Alzheimer. Sosialisasi tidak hanya merangsang otak, tetapi dapat membantu mendorong perilaku sehat lainnya seperti berolahraga.

Bermeditasi

Meditasi dengan penuh kesadaran adalah cara yang bagus untuk destress dan dalam masalah peningkatan mood, tetapi hal ini juga dapat meningkatkan fungsi otak kita. Penelitian dari Harvard University menemukan bahwa orang yang bermeditasi secara teratur dapat meningkat materi abu-abu di insula dan daerah sensorik, yang dapat meningkatkan fungsi indra kita dan di daerah korteks frontal ini dapat meningkatkan memori fungsi kerja dan untuk mengatasi suatu masalah tindakan dalam pengambilan keputusan.

Bermain tebakan kata dengan teman

Penelitian telah menemukan bahwa Scrabble atau permainan kata-kata yang dapat membantu meningkatkan tingkatan IQ kita dan juga dapat meningkatkan kekuatan otak. Jadi permainan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kerja otak, karena permainan ini melibatkan otak dan ingatan kita.

Makan ikan

Asam lemak omega-3 seperti yang terkandung dalam ikan salmon, tuna dan ikan berminyak lainnya ternyata sangatlah penting untuk peningkatan fungsi otak kita, karena omega-3 dapat mengurangi peradangan di otak dan membuat pertumbuhan baru pada bagian sel-sel otak.

Memang masih banyak lagi kegiatan lain yang melibatkan otak dan pikiran kita agar mereka tetap terbiasa dan dapat merangsang kembali pembentukan sel-sel yang rusak dengan beberapa metode sederhana yang dapat dilakukan dirumah. Otak merupakan organ yang sangat penting terutama dalam masalah ingatan, tentunya kita tahu bukan mengapa orang yang sudah lanjut usia sering mengalami lupa ingatan sementara alias pikun.

Ya, hal ini terjadi karena sel otak mereka mengalami kerusakan atau penurunan fungsi sel kerja otak secara alami. Untuk itu kita harus lebih banyak melakukan kegiatan yang banyak melibatkan otak serta pikiran kita agar selalu tetap terasah dan mencegah timbulnya masalah penyakit yang menyerang otak kita. Tidak hanya kegiatan tersebut saja yang dapat menjaga fungsi otak, kita juga bisa menggunakan suplemen tambahan untuk meningkatkan fungsi otak kita. Tetapi jangan lupa juga dengan pemenuhan asupan yang cukup dari  beberapa makanan tertentu yang dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi otak kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *