7 Manfaat Kesehatan Berenang Dalam Air Dingin

Kegemukan, lesu, kondisi kulit yang tidak sehat atau menipisnya rambut, merupakan kondisi seseorang yang mempunyai masalah kesehatan yang sudah seharusnya untuk diprihatinkan.

Karena penyebab kondisi tersebut bukan hanya dari jenis asupan makanan yang buruk saja, akan tetapi dapat juga terpengaruh dari kondisi eksternal dari luar tubuh kita yang menjadi tidak terdukungnya kesehatan dari luar tubuh kita. Seperti halnya ketika kita menggunakan air dingin untuk mandi dipagi hari yang mempunyai menfaat untuk meningkatkan lonjakan energi dan membuat tubuh kita menjadi segar dalam beraktivitas. Dan benar saja, sudah ada beberapa penelitian yang mengungkapkan tentang keunggulan dan manfaat dari air dingin untuk kesehatan tubuh kita.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Para ilmuwan dari Republik Ceko menyebutkan bahwa dengan berenang dalam air dingin selama satu jam dalam tiga kali seminggu ternyata telah menemukan peningkatan yang secara signifikan dalam jumlah sel darah putih dan beberapa faktor lain yang berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan, karena air dingin menjadi stressor ringan yang dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan tekanan ringan pada otot kita.

Meringankan rasa sakit

Endorfin adalah pembunuh rasa sakit alami tubuh, seperti yang kebanyakan orang gunakan yaitu untuk mengurangi kondisi stres ataupun untuk meningkatkan perasaan senang. Tetapi, sekarang ini para peneliti dan ahli medis telah menemukan bahwasanya air dingin juga dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi pada tubuh kita dengan cara menenangkan saraf-saraf sensitif pada kulit.

Jadi, dengan mudah jika kita ingin mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh tertentu, kita hanya cukup untuk merendamkan tubuh di dalam air dingin. Air dingin juga akan merangsang sistem parasimpatis, yang bertanggung jawab untuk mengistirahatkan dan memperbaiki bagian jaringan sel tubuh, dan ini juga dapat memicu pelepasan dopamin dan serotonin. Neurotransmiter adalah bagian penting untuk meningkatkan suasana hati kita seperti halnya untuk mengurangi tingkat depresi.

Melancarkan aliran darah

Kebiasaan kita yang selalu berenand didalam air dingin juga akan membantu mendorong dan meningkatkan sirkulasi untuk melewati semua kapiler, pembuluh darah dan arteri didalam tubuh kita. Air dingin akan membantu tubuh kita untuk mengelupaskan dan menghilangkan kotoran dari bagian permukaan kulit kita, sehingga membantu kulit kita agar tetap bersih, cerah, sehat dan tentunya terhindari dari kondisi penuaan dini. Beberapa bukti lainnya juga menunjukkan bahwa tubuh kita akan menyesuaikan dengan kondisi dingin tersebut sehingga dapat meningkatkan sirkulasi peradaran darah pada tubuh.

Meningkatkan gairah seks

Dalam sebuah penelitian pada orang yang mempunyai kebiasaan mandi dengan air dingin setiap hari dengan timbulnya beberapa perubahan yang telah ditemukan dengan adanya peningkatan produksi testosteron dan estrogen pada pria dan wanita.

Membakar kalori

Berenang didalam air dingin akan membuat tubuh kita untuk bekerja dua kali lebih keras untuk membuat kita menjadi hangat dan dalam prosesnya pun akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita. Lemak adalah sumber energi utama pada tubuh kita energi dan tingkat kerja yang tinggi akan meningkatkan metabolisme kita dalam jangka panjang. Jantung harus memompa lebih cepat dan tubuh harus bekerja lebih keras untuk menjaga tubuh agar tetap hangat saat berenang di air dingin, tentunya hal ini juga yang akan membuat kita untuk membakar lebih banyak kalori dari pada berenang dalam air panas.

Meningkatkan libido

Air dingin secara tradisional juga sudah diketahui kemanfaatannya sebagai cara untuk menekan dorongan seksual. Faktanya ialah air dingin sudah terbukti dapat meningkatkan libido. Ketika kita berendam dalam air dingin selama beberapa jam saja sudah dapat meningkatkan produksi estrogen dan testosteron dengan menambahkan keunggulan untuk kesuburan dan libido. Manfaat dari peningkatan libido tersebut seperti lebih percaya diri dan meningkatkan suasana hati. Selain itu, air dingin juga dapat meningkatkan libido pada wanita, hormon ini juga yang menjadi peranan penting dalam kesuburan seseorang.

Mengurangi stres

Kondisi stres merupakan keadaan yang dapat sangat cepat mempengaruhi tubuh kita melalui cara yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga membuat berbagai macam penyakit mudah untuk menyerang tubuh. Untuk itu, kita harus bisa untuk mencegah dan mengontrol kondisi stres kita dengan cepat, kita bisa menggunakan cara seperti mempunyai kebiasaan berenang dalam air dingin yang sudah terbukti memang ampuh dalam menangani masalah stres secara fisik dan mental.

Tidak hanya air dingin saja saja yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita yang memang dikenal dapat menyegarkan dahaga ketika seseorang sedang mengalami kondisi yang panas. Tapi, kita juga tidak boleh mengabaikan manfaat kesehatan dari air hangat, yang tanpa sepengetahuan kita pun air hangat ini sangat berperan penting dalam tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *