8 Faktor Alasan Umum Mengapa Kita Sering Menguap

Apakah Anda pernah menguap sepanjang waktu ? Hal ini benar-benar memalukan, terutama jika kita berada dalam sebuah pertemuan atau sedang berbicara dengan seseorang. Dianggap sebagai tanda ngantuk, menguap berlebihan juga bisa menjadi sinyal bagi tubuh kita dalam bereaksi bahwa adanya hal lain yang lebih serius terjadi.

Berikut adalah delapan kondisi yang menjadi alasan kita menguap secara berlebihan :

Kelelahan atau mengantuk

ketika ketika lelah atau mengantuk hal umum yang akan terjadi yaitu menguap. Sementara penyebab yang tepat mengapa kita melakukan ini belum diketahui, menguap ketika kita lelah adalah kejadian yang cukup umum dan cukup normal.

Gangguan yang menyebabkan kurang tidur

Kurang tidur juga dapat membuat kita menguap saat kita sedang terjaga, ini merupakan sinyal dari otak saat kita merasa lelah dan perlu istirahat. Sementara kebiasaan gaya hidup kita yang buruk juga bisa menjadi salah satu alasan dari kurang tidur, kondisi lain seperti apnea tidur sentral atau insomnia dapat menjadi beberapa alasan kita selalu menguap berlebihan di siang hari.

Obat-obat tertentu

Terlepas dari semua faktor lain dalam hidup kita, obat-obatan tertentu juga dapat membuat kita cepat mengantuk dan menyebabkan menguap berlebihan. Obat-obatan seperti SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor), antihistamin (obat yang digunakan untuk mengobati alergi), antidepresan, dan beberapa obat nyeri.

Epilepsi

Sebuah kondisi yang terjadi karena beberapa kerusakan permanen pada otak yang kemudian mengganggu daerah lainnya membuat seseorang menderita serangan epilepsi. Iritasi ini menyebabkan otak untuk mengirimkan sinyal yang abnormal sehingga selalu menguap secara berlebihan. Jika kita menderita masalah lain, sebaiknya kita melakukan konsultasi ke dokter. Menurut sebuah penelitian, menguap dapat berhubungan terkait dengan sejumlah penyakit otak dan dapat dilihat pada pasien dengan kondisi yang ada dan dapat terjadi setelah kejang.

Tumor otak atau stroke

Ini merupakan suatu kondisi dimana otak cenderung untuk mengirimkan sinyal yang abnormal, karena bisa menguap secara berlebihan. Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, ilmuwan berpendapat bahwa menguap berlebihan merupakan gejala dari orang penderita lesi di bagian batang otak mereka.

Reaksi vasovagal

Reaksi ini merupakan tempat dimana bermasalahnya fungsi saraf vagus . Hal ini terjadi karena perdarahan internal di dalam dan di sekitar jantung atau aorta. Hal ini juga bisa menyebabkan serangan jantung atau aorta terputus. Sementara itu, gejala ini masih cukup jarang terjadi, bisa saja menguap berlebihan tanpa kelelahan atau kurang tidur bisa menunjukkan gangguan jantung.

Multiple Sclerosis

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Medicine pasien yang menderita MS atau multiple sclerosis sering memiliki masalah nguap yang berlebihan dan masalah tidur. Studi ini juga menyatakan bahwa orang yang menderita multiple sclerosis dapat menderita disfungsi thermoregualtory (ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh mereka) yang menyebabkan adanya serangan menguap.

Terlepas dari penyebab yang disebutkan di atas mungkin ada beberapa penyebab yang lebih parah yang di akibatkan menguap secara berlebihan termasuk kompresi hipotalamus atau kelenjar hipofisis.

Berikut 3 cara untuk mengatasi aktivitas menguap kita supaya tidak berlebihan

Dengan berpindah tempat

Jika kita bekerja di dalam ruangan, di mana ada sedikit cahaya alami saja atau jika kita berada dalam pekerjaan yang mengharuskan kita untuk menetap di satu tempat, ini merupakan kebiasaan umum yang menjadi penyebab seringnya kita menguap. Lakukanlah aktivitas kecil seperti berjalan-jalan di saat waktu istirahat untuk memompa kadar oksigen di tubuh. Memompa darah, seperti dengan berjalan-jalan singkat dapat mencegah dorongan aktivitas untuk menguap.

Bernapas melalui hidung

Sering menguap di udara yang dingin atau segar dapat membantu untuk mengatur suhu otak. Ini membantu mendinginkan pembuluh darah di rongga hidung, karena pembuluh darah yang hangat akan membuat kita untuk menguap secara terus-menerus . Jika kita ingin menghindari aktivitas menguap ambilah beberapa tarikan nafas dalam-dalam melalui hidung, menghembuskan udara hangat melalui mulut kita dan lakukan lagi secara berulang-ulang.

Makanan dingin/segar

Kadang-kadang makan sesuatu yang dingin akan bertindak dengan cara yang sama untuk menggugahkan tubuh kita agar supaya lebih segar kembali. Minum atau makan sesuatu langsung dari lemari es untuk membantu menurunkan suhu tubuh kita dan melawan keinginan tubuh untuk menguap.

Sebenarnya menguap merupakan tanda bahwa otak memerlukan oksigen, ketika sedang menguap dengan otomatis kita akan menghirup kembali nafas yang sudah di buang melalui menguap tadi. Dari beberapa hal di atas tersebut sebenarnya yang paling penting untuk menghindari penguapan yaitu dengan cara selalu tidur secara teratur, dengan kelebihan tidur maupun kekurangan tidur tentunya dapat mengakibatkan pengaruh buruk terhadap tubuh dengan berbagai reaksi yang di timbulkan oleh tubuh tergantung bagaimana sistem kekebalan tubuh kita dapat mengatasinya.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *