8 Kondisi Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Tubuh

Semua orang pasti menginginkan postur tubuh yang tinggi dan beberapa diantara kalian yang mempunyai postur tubuh yang terbilang agak pendek pastinya mempunyai perasaan yang minder dan tidak mempunyai rasa kepercayaan yang tinggi. Kita pun harus mengetahui bagaimana bisa kita mempunyai pertumbuhan  tubuh yang terhambat dan susah tinggi. Berikut beberapa faktor-faktornya:

Kondisi tubuh yang konservatif

Kebiasaan yang umum yang sering kita lakukan seperti kebiasaan untuk meningkatkan tinggi badan, kebanyakan dari kita mempunyai prinsip yang ditentukan oleh genetika dan faktor keturunan, oleh karena itu kita berpikir bahwasanya tidak ada cara lain untuk meningkatkan tinggi badan jika orang tua kita juga mempunyai badan yang pendek.

Kondisi tubuh yang pasif

Dalam rangka untuk mencapai tujuan yang kita idam-idamkan seperti tujuan untuk meningkatkan tinggi badan kita, kita pertama harus yakin mengenai proses yang akan kita lakukan tersebut, karena ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kita harus bisa untuk berpikir positif setiap saat untuk menghilangkan semua pikiran-pikiran negatif yang dapat mencegah kita untuk menuju proses keberhasilan tersebut. Salah satu cara terbaik untuk membuat kita agar tetap berpikir positif adalah mendengarkan orang-orang yang telah berhasil dalam menjalankan proses peningkatan tubuh tingginya.

Kebiasaan merokok secara berlebihan

Dalam proses peningkatan tinggi badan kita tentunya membutuhkan jumlah oksigen yang cukup sepanjang waktu. Melakukan kebiasaan merokok beberapa batang rokok dalam sehari tidak akan mempengaruhi pertumbuhan badan kita, merokok secara berlebihan dapat menurunkan pertumbuhan organ paru-paru kita. Jika jumlah kapasitas paru-paru berkurang berarti paru-paru hanya bisa menampung sedikit udara dan sedikit juga dalam memproses oksigen.

Berlebihannya asupan makanan tinggi karbohidrat

Kandungan karbohidrat ini paling umum terdapat didalam makanan seperti nasi, roti, kentang, jagung, dan biji-bijian sereal lainnya. Kita harus bisa menghindari makanan yang mengandung tinggi karbohidrat karena mengandung banyak kalori, tapi tentu saja kita membutuhkan beberapa nutrisi penting yang dapat membantu tubuh kita untuk tumbuh. Ini sebenarnya adalah alasan utama mengapa orang Asia lebih pendek dari orang-orang Eropa dan Amerika.

Makanan diet orang Asia terutama terdiri dari makanan yang berbasis tinggi karbohidrat seperti nasi jagung, tapi orang-orang Eropa dan orang-orang Amerika lebih cenderung mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein yang lebih tinggi seperti daging dan ikan. Jadi jangan membuat nasi, roti, kentang, atau biji-bijian menjadi sumber utama dari makanan diet kita, jika kita ingin mencoba meningkatkan tinggi badan.

Berlebihannya asupan makanan tinggi lemak

Ada dua jenis lemak: lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh yang kebanyakan buruk karena mereka memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit jantung karena arteri dapat menjadi tersumbat dengan makanan berlemak. Juga, lemak jenuh mengandung banyak kalori yang dapat dengan mudah meningkatkan berat badan kita. Berat badan yang ekstra adalah musuh dari badan yang tinggi karena semakin kita menimbang, semakin tampak pendek juga kita, sehingga kita harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh secara berlebihan.

Asupan makanan rendah protein, vitamin, dan mineral

Tubuh kita juga membutuhkan protein, vitamin, dan mineral. Protein dipecah menjadi asam amino di trek pencernaan. Tanpa asam amino yang cukup, enzim pencernaan tidak dapat diproduksi, sehingga makanan tidak dapat benar dicerna dan pertumbuhan pun menjadi terhambat karena kekurangan gizi. Vitamin merupakan zat organik yang larut dalam lemak atau larut dalam air. Vitamin yang paling penting adalah Vitamin C dan D, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang normal. Mineral adalah unsur anorganik yang penting untuk nutrisi manusia. Mineral yang paling penting adalah kalsium, yang membuat sebagian besar dibutuhkan oleh tulang. Kita juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan untuk meningkatkan tinggi badan secara alami.

Tidur yang tidak teratur

Hormon pertumbuhan akan melakukan tugasnya di saat kita tertidur. Terlalu sedikit waktu tidur tidak akan memberikan waktu yang cukup terhadap tulang kita untuk melakukan pertumbuhannya terlalu banyak tidur akan menyebabkan kita untuk mengembangkan perasaan malas dan memperlambat metabolisme tubuh kita, sehingga meningkatkan bahaya kenaikan berat badan. Tidur dalam postur yang tepat juga sangat penting untuk pertumbuhan tubuh kita saat tidur. Tidur dengan postur tubuh yang benar dapat membantu kita untuk memperpanjang tulang belakang dan meningkatkan tinggi badan kita.

Kurangnya latihan fisik atau gerak tubuh

Latihan fisik dapat mendorong pertumbuhan tulang dengan meningkatkan tingkat hormon pertumbuhan sementara. Beberapa latihan peregangan dengan metode khusus bahkan dapat secara langsung merangsang pertumbuhan tulang rawan pada tubuh bagian bawah dan bagian atas. Kurangnya latihan fisik akan menyebabkan rendahnya tingkat hormon pada pertumbuhan dan metabolisme. Kita juga bisa melakukan beberapa latihan untuk meningkatkan tinggi badan secara alami tanpa bantuan obat-obatan peninggi badan tertentu.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *