8 Makanan Yang Akan Mengurangi Rasa Mulas Saat Maag

Asupan makanan yang tidak sehat merupakan penyebab yang paling utama dari terganggunya kesehatan perut kita. Seperti timbulnya penyakit maag yang sudah banyak diderita oleh banyak kalangan masyarakat, hal ini terjadi ketika asam lambung dalam perut naik ke atas kerongkongan. Gejala tersebut cukup mudah untuk diketahui seperti timbulnya perasaan nyeri terbakar di dada ketika kita berbaring atau membungkuk. Para penderita ini biasanya merasakan kondisi tersebut biasanya setelah mengkonsumsi makanan pedas atau makanan yang digoreng, serta kafein dan alkohol. Jika ini terus terjadi, obat-obatan tidak hanya menjadi pilihan utamanya. Kita bisa menggunakan cara penyembuhan alami dengan menggunakan makanan dan minuman yang akan membantu menenangkan dan menetralkan asam dalam perut.

Teh jahe

Akar ini merupakan obat herbal yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit pencernaan. Kita cukup mengupas atau memarut satu inci jahe yang kemudian rebus dalam air mendidih, setelah itu kita minum air rebusan tersebut. Cara ini sangatlah efektif sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi asam lambung yang diderita.

Pisang

Buah yang memiliki kandungan asam yang rendah ini sangatlah cocok untuk para penderita penyakit maag. Pisang yang lembek akan membantu meringankan ketidaknyamanan pada perut karena akan menempel pada lapisan esofagus, yang kemudian akan membentuk lapisan pelindung yang melapisi, melindungi dan menjadi penenang. Pisang juga mempunyai beberapa manfaat kesehatan lainnya loh yang sudah banyak terbukti karena tingginya kandungan antioksidan didalamnya.

Susu almon

Jika kita memiliki asam lambung yang sering kambuh, ada baiknya kalau kita mencoba untuk menggunakan susu almond sebagai minuman yang akan membantu kita untuk menetralisirkan asam tersebut. Susu almon ini mengandung senyawa alkali yang akan membantu menetralisir makanan yang mengandung asam ayng kita konsumsi. Kita bisa menambahkan campuran stroberi dengan 1 buah pisang untuk membuat krim.

Havermut

Produk sereal havermut ini dapat membantu kita juga loh dalam hal meredakan asam lambung dalam perut, karena kandungannya yang mempunyai tinggi serat, tinggi lemak dan lemak sehat dapat mengurangi esofagus bagian bawah, yang menjadi penyebab timbulnya asam dalam lambung.

Sayuran hijau

Sayuran yang berdaun hijau seperti kangkung (benarkah kangkung tidak menyebabkan kantuk?), bayam, brokoli dll juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam menangani kondisi asam lambung yang sering terjadi. Kita bisa menggunakan semangkuk sayuran hijau cincang dengan jus lemon dengan sentuhan minyak zaitun, yang merupakan cara efektif untuk kita lakukan dalam mengatasi asam lambung, karena sayuran hijau ini mengandung rendah lemak. Makanan yang mengandung tinggi lemak, biasanya akan memperlambat pengosongan perut dan bisa memicu asam lambung.

Adas

Ramuan penyembuhan ini merupakan bahan yang sangat baik untuk mengatasi asam lambung, kita bisa mengolahnya sebagai seduhan teh ketika serangan asam lambung mulai naik. Kita cukup menempatkan dua sendok teh biji adas dan madu dalam air mendidih. Kemudian kita meminumnya secara rutin boleh dalam keadaan hangat maupun dingin.

Akar manis

Beberapa ahli menyarankan bahwa akar manis hitam murni dapat membantu melapisi lapisan esofagus. Akar manis ini akan bekerja untuk membentuk lapisan pelindung di atas lapisan kerongkongan. Selain itu, tindakan mengunyah juga akan membuat kita mengeluarkan air liur, yang pada akhirnya dapat membantu untuk menghilangkan asam.

Kefir dan aloe

Kita menggunakan kefir yang merupakan permentasian susu yang akan kita campur dengan aloevera yang akan membantu meringankan gejala asam karena jus dari tanaman lidah akan mengurangi peradangan dan menyembuhkan saluran pencernaan.

Masih banyak lagi sebenarnya makanan yang dapat membantu kita untuk mengatasi masalah asam lambung yang sedang naik, tetapi yang harus kita perhatikan tentunya dengan asupan makanan yang kita konsumsi menjadi penyebab naiknya asam lambung. Banyak kita tahu bahwasanya penyakit maag ini merupakan penyakit umum yang banyak diderita oleh banyak orang tanpa mengenal usia, ekonomi, jenis kelamin bahkan ras seseorang. Akan tetapi, sebagian orang banyak sekali yang mengabaikan kondisi tersebut yang berujung membuat bertambah parahnya penyakit tersebut, yang tentunya membuat seseorang tersebut sulit sekali untuk mencerna makanan. Dan tahukan kalian, maag kronis juga dapat menyebabkan penyakit kanker yang mematikan loh, untuk itu kita harus sedari dini mungkin untuk menjaga pola makan dan hidup yang sehat.

Benar saja kalau jahe ini mempunyai sejuta manfaat yang tidak hanya dapat mengatasi asma lambung saja, kan tetapi sudah ada beberapa bukti manfaat dari jahe yang sudah dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Yang perlu kita ketahui bahwa tidak sembarangan orang dapat mengkonsumsi jahe dan menggunakan jahe sebagai pengobatan alternatif, karena jahe mempunyai sifat yang panas dan terasa pedas, untuk itu kita harus lebih berhati-hati lagi disaat menggunakan bahan-bahan rempah tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *