8 Manfaat Kesehatan Bawang Daun

Daun bawang (Allium porrum) adalah sayuran yang termasuk kedalam keluarga botani yang sama seperti bawang putih, bawang merah, dan jenis bawang-bawangan lainnya, di Allium genus. Namun, tidak seperti jenis lain dari keluarga bawang, beda halnya dengan daun bawang ini yang tidak membentuk umbi.

Bagian yang dapat dimakan dari tanaman daun bawang adalah dasar bawang putih dan tangkai hijau muda (atau batang), sedangkan sarung daun hijau gelap biasanya dibuang. Daun bawang diyakini berasal dari daratan Mediterania dan Timur Tengah. Mereka telah tumbuh dan banyak digunakan untuk bahan tambahan dalam masakan atau tambahan penyedap selama lebih dari 3.000 tahun di kawasan Asia dan Eropa. Sama halnya seperti jenis bawang lainnya, daun bawang atau bawang daun ini juga bisa disajikan baik setelah masak ataupun mentah, tapi tentunya hanya menggunakan bagian dasar yang berwarna putihnya saja dari bawang daun tersebut.

Daun bawang sendiri memiliki citarasa yang sangat khas jika kita gunakan dalam suatu hidangan masakan sebagai penambah rasa. Selain itu, daun bawang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mirip dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam bawang putih dan bawang merah. Hanya dalam 100 gram daun bawang saja sudah mengandung sekitar 83 gr air, 1 gr protein, dan 2 gr serat makanan. Bawang daun merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, Besi, Kalsium, Magnesium dan Mangan.

Sifat anti-kanker

Bawang daun merupakan sumber yang baik dari senyawa sulfida alil yang telah terbukti dapat mengurangi risiko terhadap pengembangan penyakit kanker tertentu, seperti penyakit kanker perut, prostat, dan kanker usus besar. Sebagian besar dari si penderita penyakit tidak pernah menimbulkan atau merasakan adanya tanda-tanda maupun gejala, yang tanpa kita sadari kita pun sudah dalam kondisi diagnosis berlanjut. Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa gejala tersembunyi kanker mematikan, agar kita lebih mudah untuk mendeteksi dini.

Melindungi terhadap penyakit jantung

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa anggota keluarga Allium, yang terdiri dari bawang daun tersebut mempunyai manfaat terhadap orang yang memiliki tekanan darah tinggi karena dapat menjadi obat alternatif untuk menurunkan tekanan darah tersebut dan dapat membantu mencegah penyakit jantung seperti arteriosklerosis, stroke dan gagal jantung.

Melawan infeksi

Daun bawang juga bertindak sebagai agen antiseptik alami untuk tubuh, yang akan membantu tubuh melawan infeksi ataupun terhadap serangan radikal bebas yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh kita.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Bawang daun adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung jumlah prebiotik tinggi yaitu sejenis bakteri baik yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk tubuh, yang diperlukan untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik. Kegunaan bakteri baik ini juga akan membantu tubuh kita untuk menghilangkan kumpulan racun dalam tubuh bisa dibilang sebagai detoksifikasi alami untuk tubuh, merangsang tindakan peristaltik dan mengeluarkan sisa cairan pencernaan, sehingga meningkatkan fungsi pencernaan.

Jika kalian mempunyai gangguan masalah pencernaan yang tentunya menimbulkan ketidaknyamanan dengan kondisi perut kembung, perih dll, ada baiknya kita mencoba pengobatan alternatif alami yang sudah terbukti khasiatnya dalam menangani masalah pencernaan dengan cepat secara keseluruhan tanpa menimbulkan efek samping dengan menggunakan PRO CLEANSING TEA!!!

Menjaga kadar kolesterol sehat

Asupan rutin dengan selalu mengkonsumsi bawang daun juga telah dikaitkan dengan penurunan dalam kolesterol jahat (LDL) dan dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Baik untuk ibu hamil

Bawang daun sangatlah penting bagi wanita hamil karena mengandung tinggi nutrisi seperti asam folat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat selama masa kehamilan pun telah terbukti dapat mengurangi risiko cacat saraf pada si bayi.

Menguatkan tulang

Daun bawang merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium dan magnesium. Kandungan kalsium dan magnesium adalah kandungan nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, yang kemudian akan membantu perubahan sejenis vitamin D yang menjadi bentuk aktif dalam tubuh yang akan menguatkan tulang.

Sekarang bukan hanya orang yang sudah lanjut usia saja yang dapat mengalami kerusakan atau pengeroposan pada tulang, banyak dari kalangan remaja yang sudah mengalami bahkan menderita kerusakan tulang akibat berbagai macam penyebab. Tapi, tidak usah khawatir karena ada pengobatan herbal alami yang sangat ampuh untuk menangani masalah kerusakan tulang tanpa efek samping ataupun ketergantungan dengan obat herbal TRIFLEX CAPSULE!!

Mencegah Anemia

Ternyata bawang daun juga mengandung zat besi yang sangat tinggi yang mempunyai manfaat untuk membantu dalam mencegah berbagai jenis penyakit anemia, terutama anemia defisiensi besi. Bawang daun juga sangat kaya akan kandungan dari  vitamin C, yang dapat membantu dalam penyerapan semua jenis kandungan vitamin C dalam tubuh. Lihat juga mencegah anemia dengan jengkol!!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *