8 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Dari Teripang

Teripang adalah makhluk laut yang termasuk ke dalam kelompok yang disebut echinodermata yang juga termasuk ke dalam spesies bintang laut dan landak laut. Teripang atau banyak dikenal dengan sebutan mentimun laut ini juga memiliki bentuk yang mirip dengan mentimun. Seperti semua jenis echinodermata lainnya, teripang juga memiliki endoskeleton tepat dibagian bawah kulit. Ada lebih dari 1250 spesies teripang yang dapat ditemukan di lautan yang tersebar di seluruh Dunia. Teripang biasanya hidup di dasar laut. Hanya beberapa spesies saja yang hidup di dekat permukaan air.

Hewan laut ini telah lama dikenal karena sifat penyembuhan dan secara luas juga sudah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan, termasuk kelelahan, sembelit, impotensi, sering buang air kecil, dll. Teripang sangat kaya akan kandungan kondroitin sulfat, glikosida triterpen, dan mengandung protein, asam lemak, kalsium, magnesium, zat besi, dan seng, serta vitamin A, B1, B2, B3 & C. Berikut beberapa manfaat kesehatan teripang.

Sekarang sudah ada jenis olahan Teripang Emas yang juga banyak dikenal karena manfaat dan khasiatnya yang sangat terjamin dengan kualitas penyembuhan yang sangat cepat tanpa menimbulkan efek samping yaitu dengan Obat Herbal QnC Jelly Gamat. Khasiat dan manfaatnya pun sudah terbukti dengan menyembuhkan berbagai macam penyakit dari mulai penyakit ringan sampai penyakit berat tidak menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan.

Pencegah kanker

Makan teripang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Penelitian sebelumnya pada teripang telah divalidasi mengenai kemampuannya yang dapat memerangi sejenis kanker payudara, usus, kulit, paru-paru, prostat, dan sel-sel kanker lainnya. Frondoside A dan glikosida triterpen ditemukan dalam teripang diyakini menjadi komponen kuat kunci dalam melawan pertumbuhan sel kanker.

Ada baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa gejala tersembunyi penyakit kanker yang tanpa kita sadari dapat sangat mematikan dengan sejenis tanda dan juga efek yang dirasakan tubuh.

Menyembuhkan arthritis dan nyeri sendi

Seorang penderita penyakit arthritis atau nyeri sendi yang rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung kondroitin sulfat, maka secara efektif dapat mengurangi rasa sakit peradangan sendi. Dan teripanglah salah satu dari jenis pengobatan untuk mengobati peradangan sendi, karena konsentrasinya yang sangat tinggi kondroitin sulfat. Jika kita sulit menemukan atau belum pernah mengolah teripang tapi kita ingin menyembuhkan peradangan sendi dengan cepat, kita bisa menggunakan jahe untuk menyembuhkan peradangan tersebut.

Menghambat infeksi HIV

Sulfat chrondroitin yang terkandung dalam teripang juga dapat menghambat infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Dan jika kita ingin melindungi diri dari infeksi atau serangan HIV, kita bisa menggunakan teripang sebagai menu makanan yang kita masukan untuk program diet kita.

Mempercepat penyembuhan luka

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi teripang atau ekstraknya dapat mempercepat pemulihan luka. Teripang secara luas dikenal karena kemampuannya untuk meregenerasi jaringan tubuh sendiri ketika terluka dan beberapa studi percaya bahwa keuntungan ini akan sangat bermanfaat bagi manusia juga jika mereka mengkonsumsi teripang, karena mengandung asam lemak tertentu, seperti asam arakidonat.

Meningkatkan kesehatan gusi

Penggunaan ekstrak teripang sebagai pasta gigi ternyata mempunyai manfaat untuk orang yang memiliki masalah dengan gusi. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Science Oral pada tahun 2003, 28 orang dewasa yang menderita gingivitis kronis atau tahap awal periodontitis dan melakukan cara menggosok gigi dengan teripang yang diperkaya pasta gigi dua kali sehari selama tiga bulan sudah dapat menunjukkan perbaikan secara signifikan lebih besar. Lihat juga beberapa cara alami memperkuat gigi dan gusi!

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teripang adalah sumber yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan polipeptida di teripang dapat mempertahankan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita loh, dengan cara meningkatkan stamina dan energi. Lihat juga analisa mengenai sistem kekebalan tubuh!

Menjaga kesehatan kardiovaskular

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa asupan yang tinggi protein akan sangat berguna untuk melindungi seseorang dari penyakit kardiovaskular, dan beberapa studi telah membuktikan bahwa kandungan senyawa echinodermata ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan asupan protein kita.

Sebuah studi pada teripang dilakukan oleh beberapa peneliti di Dunia pun sudah menunjukkan bahwa protein yang terkandung dalam mentimun laut tersebut lebih tinggi dari pada makanan lainnya, kecuali putih telur. Dalam porsi teripang saja sudah mengandung sekitar 6 ons jenis kandungan nutrisi dan sudah memenuhi asupan harian minimum protein yang diperlukan oleh tubuh.

Meningkatkan kesehatan ginjal

Mentimun laut ini dianggap sebagai tonik kesehatan yang sangat baik, terutama untuk organ ginjal yang dapat digunakan untuk menyehatkan ginjal dan mengobati kasus buang air kecil yang berlebihan. Lihat juga beberapa gejala penyakit ginjal!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *