8 Manfaat Luar Biasa Dari Biji Nangka

Tak seorang pun akan pernah dapat menyadari bahwa ada sejuta manfaat kesehatan yang terkandung hanya dalam biji buah nangkanya saja. Sebagian besar dari kita tidak menyadari bahwa bibit ini memiliki manfaat yang sangat berharga untuk tubuh kita. Kebanyakan dari kita juga pasti memilih untuk mekanan buah nangkanya saja, karena selain rasanya manis buahnya juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Tetapi memakan biji nangkanya juga mempunyai manfaat untuk banyak orang karena merupakan sumber tinggi akan kandungan karbohidrat, serat dan vitamin A, C dan B, tidak lupa juga dengan kandungan mineralnya seperti kalsium, zinc, dan fosfor.

Lihat juga batasan konsumsi yang baik untuk buah nangka!

Manfaat kesehatan dari biji nangka adalah tingginya kandungan jumlah besar fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin. Isoflavon dan antioksidan akan membantu pencegahan pertumbuhan sel kanker. Tidak seperti kebanyakan vitamin dan mineral yang dianggap penting bagi tubuh, fitonutrien ini tidak hanya dapat diklasifikasikan sebagai nutrisi yang penting saja, namun sangat memberikan manfaat yang secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh kita. Menariknya manfaat kesehatan mereka tersebut masuk kedlaam kelompok antihipertensi, anti-kanker dan antioksidan serta anti-penuaan. Jika kita mempunyai masalah gangguan pencernaan dan juga sembelit, kita bisa menggunakan biji nangka sebagai pengobatan alami utamanya. Biji buah nangka juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan atau perkembangan kulit, rambut dan kesehatan lainnya secara keseluruhan.

Mengatasi keriput

Jika kita ingin mengurangi kerutan dibagian wajah, kita bisa menggunakan benih dari buah nangka dan meletakannya dalam susu dingin untuk beberapa waktu. Kemudian dihaluskan, kemudian oleskan saja pada bagian wajah yang keriput. Lakukan cara seperti ini secara teratur untuk membantu mengurangi kulit keriput tersebut, yang tentunya mmbuat kulit wajah agar tampak lebih mudah lagi.

Lihat juga beberapa tanda kulit menderita penyakit kudis!

Melembutkan dan mencerahkan kulit

Memakan biji nangka secara teratur dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Benih nangka yang mempunyai kandungan tinggi kadar serat tersebut dapat membantu mencegah timbulnya kondisi sembelit. Biji nangka adalah racun yang sangat baik yang akan membantu menghilangkan racun. Menyembuhkan kondisi sembelit juga adalah cara utama untuk memiliki kulit bersinar. Jika kita tidak menyukai biji nangka ini, tenang saja kita masih bisa kok untuk menggunakan cara lain untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat muda.

Mengatasi kulit wajah yang bermasalah

Manfaat menarik lainnya dari biji buah nangka adalah memperbaiki kulit wajah yang bermasalah seperti bekas luka, warna yang belang dll. Kita bisa menggunakan biji nangka ini dengan terlebih dahulu merendamkanya dengan susu dan madu. Setelah beberapa waktu, haluskan dan dibuat seperti pasta, lalu oleskan pada permukaan kulit wajah yang bermasalah. Biarkan selama beberapa menit, lalu cuci sampai bersih.

Mengontrol tingkat stres dan menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat yang terdapat dalam biji nangka ini sudah terbukti dengan banyaknya kandungan tinggi protein dan mikronutrien lainnya, yang juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan untuk meringankan kondisi stres mental. Memakan biji nangka juga menjaga tingkat kelembaban kulit yang tinggi. Ternyata, kondisi stres itu sangatlah buruk terhadap kesehatan tubuh, karena ada beberapa cara stres mempengaruhi kesehatan.

Menebalkan rambut

Biji nangka juga memiliki manfaat yang tinggi untuk mempertahankan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar dan sehat sangatlah baik untuk pertumbuhan rambut. Selain itu juga, makan biji nangka juga sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh karena kandungannya yang kaya akan mangan.

Mencegah anemia

Makan biji buah nangka pada dasarnya tidak akan menambah persediaan jumlah zat besi yang diperlukan oleh tubuh kita. Akan tetapi, hal inilah yang akan membantu untuk mencegah timbulnya kelainan darah yang disebut anemia. Jika kita mempunyai gangguan kesehatan anemia tapi tidak menyukai biji nangka, kita tidak perlu khawatir lagi ya, karena kita bisa menggunakan jengkol untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit anemia tersebut.

Mencegah kerontokan rambut

Biji buah nangka juga mengandung vitamin A yang akan membantu mempertahankan penglihatan yang baik. Hal ini juga akan mencegah penyakit mata seperti rabun senja. Vitamin A dalam benih nangka ini akan membuat rambut menjadi sehat serta terhindar dari kerontokan dan kekeringan pada rambut. Ada baikanya kalau kita bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab kerontokan rambut, yang sewaktu-waktu dapat kita alami, tentunya kita pun dapat dengan tepat untuk menghindari beberapa penyebabnya tersebut.

Meningkatkan gairah seksual

Biji nangka dapat diolah dengan cara dipanggang seperti halnya biji kastanye. Biji nangka yang sudah di panggang ternyata dapat menghasilkan sifat afrodisiak yang dapat merangsang serta meningkatkan gairah seksual seseorang.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *