8 Mitos Dan Fakta Tentang Raja Buah Durian

Kebanyakan orang berpikiran bahwasanya jika mengkonsumsi durian dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh, namun hal itu sebenarnya belum benar-benar terbukti yang menjadi penyebab utamanya. Bahkan, buah yang yang kita anggap sebagai raja buah ini ternyata memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol berbahaya dan tekanan darah tinggi serta durian ini memiliki beberapa manfaat lainnya yang harus kita ketahui. Tetapi, jika kita mengkonsumsi buah durian ini secara berlebihan, tentunya akan berdampak terhadap kesehatan kita. Durian ternyata mengandung sekitar 885 kalori sampai 1.500 kalori tergantung pada ukuran buahnya itu sendiri. Durian juga dapat menjadi sumber yang sangat baik untuk kesehatan kita karena mengandung kandungan nutrisi tertentu, akan tetapi buah yang mempunyai duri ini juga tinggi kalori dan karbohidrat, dengan demikian kita harus mempunyai batasan untuk mengkonsumsi buah tersebut.

Fakta durian

Durian dapat menyebabkan kenaikan berat badan

Durian dengan ukuran 1 kg rata-rata memiliki kandungan sekitar 1.350 kalori, mengkonsumsi satu durian sekaligus dapat menambah sekitar 68 persen dari jumlah asupan harian kita sekitar 2.000 kalori yang terjadi pada orang dewasa. Sedangkan, satu biji durian (sekitar 40 gr) memiliki kandungan sekitar 54 kalori.

Durian kaya akan nutrisi

Durian secara alami kaya akan kalium, serat makanan, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Raja buah-buahan ini dengan demikian sangatlah baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan menstabilkan tekanan darah, buang air besar serta untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini juga yang dapat mendukung kekuatan sistem saraf dan kekebalan tubuh, serta untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah. Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa tips untuk meningkatkan nafsu makan dengan pemenuhan nutrisinya, agar kita tidak repot-repot untuk memilih jenis makanan apa saja yang dapat menjaga kesehatan sistem metabolisme kita.

Orang penderita diabetes harus membatasi asupan durian

Jika kita menderita diabetes dan mempunyai kewajiban dalam menghitung jumlah asupan karbohidrat kita setiap hari, tentunya kita tidak bisa menikmati durian dengan bebas tanpa batasan, karena durian memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dengan jenis kandungan gula yang sederhana yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Ternyata, jengkol juga dapat mencegah penyakit diabetes dan penyakit lainnya juga loh.

Durian adalah sumber energi instan

Karena kandungan karbohidrat yang tinggi, durian dapat menjadi makanan yang dapat mendukung peningkatan jumlah tinggi energi dalam tubuh kita dengan cepat. Kandungan kalium yang tinggi dalam buah ini juga dapat membantu mengurangi kelelahan dan menghilangkan stres mental serta kecemasan. Tetapi, bukan berarti kita menggantikan makanan pokok seperti nasi dengan hanya memakan buah durian saja, kita harus tetap untuk menjaga pola makan dengan seimbang dan teratur.

Mitos durian

Durian tinggi kandungan kolesterol

Persepsi ini tidaklah benar. Ternyata durian memiliki kandungan nol kolesterol. Kolesterol hanya ditemukan dalam makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut dan produk susu tertentu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Manggis harus dimakan dengan durian untuk mengurangi panas dalam

Menurut China’s conventional wisdom, manggis merupakan buah yang dapat menjadi pendingin dalam perut yang akan mengurangi panas dalam, kalau berhubungan dengan durian. Namun, ternyata belum ada penelitian ilmiah yang dapat mendukung pendapat tersebut. Kebiasaan makan durian dan manggis dalam waktu bersamaan mungkin hanya mitos belaka yang berasal dari kesamaan panenya dua buah tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Makan durian dan minum bir pada saat yang bersamaan dapat mematikan

Belum adanya bukti ilmiah yang dapat menunjukkan bahwa dengan mengkombinasikan makanan tersebut dapat mengancam nyawa seseorang. Hal ini lebih memungkinkan seseorang yang mengkonsumsi menyebabkan perut menjadi kembung, gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan pada tubuh kita, karena jantung harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme lemak dan gula yang terdapat dalam durian dan alkohol, terutama jika kita telah mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Makan durian dapat meningkatkan libido

Durian mempunyai kandungan sifat panas yang dapat menyebabkan suhu tubuh kita meningkat, tetapi makanan ini tidak akan membuat buah afrodisiak.

Durian adalah buah yang sangat bergizi jika kita mengkonsumsi dalam batasan yang cukup, tentunya hal ini juga akan memberikan tubuh banyak asupan mineral, vitamin dan lemak baik. Kita bisa mengkonsumsi dua hingga tiga biji durian dalam satu waktu, tetapi kita harus mengetahui batasan dan efek samping dari durian yang dapat menyebabkan terganggunya kesehatan kita, karena buah durian tersebut dapat membuat orang kecanduan dan cenderung untuk memakan secara berlebihan dalam satu waktu, dan kondisi inilah yang banyak dikhawatirkan yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *