8 Penyebab Utama Kerontokan Rambut Wanita

Rambut rontok dan menipis menjadi permasalahan utama pada rambut wanita, biasanya ini disebabkan oleh kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan perkembangan rambut menjadi rusak. Rambut rontok merupakan hal yang biasa yang mempengaruhi rambut pria maupun wanita. Biasanya kondisi ini dipengaruhi oleh berubahnya gen seseorang atau dengan pertambahannya usia, sehingga membuat senyawa yang melindungi rambut menjadi berkurang dan membuat rambut menjadi lebih mudah rusak. Penelitian terbaru yang dari trichologist Philip Kingsley menemukan bahwa ada sekitar 1 dari 5 wanita di Inggris selama usia 25 tahun mengalami rambut rontok atau menipisnya rambut.

Genetika

Kecenderungan dari kondisi ketidakseimbangan hormonal seseorang menjadi pemicu utama dari kerontokan rambut, yang dibarengi dengan berubahnya testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT), adalah penyebab utama rambut rontok. Biasanya kondisi tersebut dapat diwariskan oleh salah satu orangtua kita dari sisi ibu atau ayah.

Stres dan trauma

Stres juga ternyata dapat meningkatkan jumlah kadar testosteron dalam tubuh kita, yang merubah menjadi DHT dan akan mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Stres dan trauma juga dapat menyempitkan suplai darah menuju bagian kapiler, yang juga dapat menyebabkan kurangnya asupan oksigen dan serapan mineral, serta vitamin yang akan diserap oleh folikel rambut.

Nutrisi dan diet

Gizi yang buruk, berat badan menurun dengan cepat, konsumsi tinggi lemak hewani dan kekurangan biotin, zat besi, protein serta seng dapat mengurangi kebutuhan asam amino penting sebagai penyerapan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Kesehatan

Seseorang yang menderita penyakit tertentu seperti tiroid adalah penyebab dari kerontokan rambut atau yang berhubungan dengan masalah kesehatan rambut, karena efek samping dari obat yang digunakan tersebut dapat mempengaruhi dan mengganggu pertumbuhan rambut.

Obat

Tidak terkontrolnya penggunaan obat jenis steroid, tekanan darah tinggi, penyakit diabetes dan penderita penyakit jantung ataupun penggunaan obat jerawat ternyata juga dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara bahkan sampai permanen.

Lingkungan hidup

Lingkungan udara dan air yang penuh dengan polutan atau pencemaran, seperti dari paparan klorin, logam dan mineral juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat berkontribusi terhadap kerontokan rambut. Paparan UV dan radikal bebas juga dapat dengan cepat mempengaruhi usia sel kulit kepala dengan cara merusak batang rambut.

Perubahan hidup

Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara yang dapat berlangsung dalam enam bulan atau sampai satu tahun setelah melahirkan. Wanita yang masih menopause juga bisa mengalami rambut rontok karena perubahan hormon tersebut.

Penuaan

Dengan bertambahnya usia maka folikel dalam tubuh kita menjadi memburuk dan dapat menyebabkan rambut rontok. Jika kita khawatir mengenai rambut rontok, kita bisa mengunjungi dokter ahli trichologist untuk mengetahui penyebab sebenarnya masalah kerontokan yang kita alami tersebut.

Perawatan rambut rontok bagi perempuan

Jika kita mengalami kerontokan rambut, jangan panik dan khawatir, karena kita punya beberapa cara untuk mendorong pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut dengan cepat dan sehat. Selain kita mengetahui beberapa penyebab kerontokan rambut juga, kita harus mengetahui tentang bagaimana cara perawatan rambut yang benar untuk mengatasi kerontokan rambut. Yu, kita cari tahu!

NanoGen

Dengan cara pengobatan ini akan mendorong pertumbuhan dan menebalkan rambut. Pengobatan harian ini juga dapat membantu melindungi folikel rambut dari radikal bebas, menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan rambut secara alami alami.

Viviscal Maximum Strength

Suplemen ini akan membantu emelihara rambut dari dalam bagian kepala dengan memperkuat akar rambut.

Tricotherapy

Produk ini sudah banyak dikenal dapat membantu menjaga rambut secara optimal dan juga menjaga kesehatan kulit kepala dari bagian dalam menuju bagian luar, tentunya akan membantu mengurangi kerontokan rambut, yang biasanya disebabkan oleh kerusakan saat kita menyisir rambut.

Hairburst Suplemen

Produk suplemen ini dilengkapi dengan Asam Amino, Colagen dan sejumlah Vitamin untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan rambut.

Hair intense repair serum

Serum banyak digunakan untuk memelihara kesehatan kulit kepala, biasanya digunakan dengan cara dioleskan kebagian kulit kepala setiap hari, yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kulit kepala yang sehat.

Kita harus menjaga kesehatan rambut kita dengan cara menjaganya dari dalam maupun dari luar kulit kepala, karena pertumbuhan setiap rambut dalam tubuh kita tentunya mempunyai manfaat tersendiri yang akan berdampak terhadap kesehatan tubuh kita. Kita bisa menjaga kesehatan rambut dengan cara merubah kebiasaan pola makan kita dengan baik, karena asupan makanan tertentu menjadi bagian terpenting dalam pertumbuhan dan kondisi perkembangan rambut. Penggunaan sampo rambut yang tidak sesuai dan penanganan yang salah pada rambut yang basah juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Ternyata bahan alami dan herbal seperti halnya lidah buaya juga dapat membantu kita untuk menjaga rambut agar tetap sehat juga loh.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *