9 Cara Alami Terbaik Untuk Menghilangkan Kutil

Kutil adalah pertumbuhan kulit jinak yang disebabkan oleh virus. Sebagian besar berasal dari human papillomavirus (HPV), yang menginfeksi lapisan atas kulit dan menyebabkannya pertumbuhan daging luar yang cepat sehingga menghasilkan kutil. Kitaa dapat terinfeksi virus ini jika kita mempunyai bekas luka pada kulit yang kemudian melakukan sentuh dengan orang yang sudah terinfeksi, atau dengan cara berbagi handuk, pisau cukur, atau barang-barang perawatan pribadi lainnya.

Lihat juga tanda-tanda kulit menderita penyakit kudis!

Meskipun setiap orang dapat mengembangkan penyakit kutil tersebut, tetapi ada beberapa orang kemungkinan lebih tinggi untuk berisiko seperti halnya pada anak-anak dan remaja serta pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah. Ada beberapa jenis kutil yang masing-masing terlihat berbeda dan akan muncul pada bagian tubuh yang berbeda juga.

  • kutil umum, ini paling sering terjadi pada tangan, bertekstur kasar, berbentuk kubah, dan berwarna abu-abu coklat.
  • kutil plantar, ini tumbuh di telapak kaki, tekstur keras dan tebal dengan bintik gelap.
  • kutil datar ini dapat tumbuh pada wajah, lengan, dan kaki. Berbentuk kecil, memiliki puncak datar, dan berwarna kekuningan, coklat, atau merah muda.
  • kutil filiform ini dapat tumbuh dibagian wajah, biasanya di sekitar mulut, hidung, atau dagu. Memiliki warna yang sama dengan kulit, tetapi mereka memiliki pertumbuhan seperti benang yang mencuat dari mereka.
  • kutil periungual, ini terjadi dibagian bawah dan di sekitar kuku jari atau kuku kaki.

Sebenarnya kutil ini dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi jika tidak diobati dengan cepat dan benar justru akan menjadi lebih cepat dalam perkembangannya, atau bahkan dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa saat di sentuh. Tapi, tenang saja, masih ada cara terbaik dan alami untuk mengatasi kutil tersebut dengan cara:

Lihat juga penyebab timbulnya kutil!

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kutil disebabkan oleh virus, sehingga salah satu cara terbaik untuk menghilangkan mereka adalah dengan cara meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk melawan serangan virus tersebut. Bahkan, kebanyakan dari orang melihat bahwa kutil bisa muncul ketika mereka sudah merasa lelah, sakit, atau lelah. Untuk itu, pastikan kita agar mmepunyai waktu tidur yang cukup dan berolahraga secara teratur, tidak lupa juga dengan menggunakan beberapa suplemen peningkat sistem kekebalan tubuh seperti astragalus, elderberry, daun zaitun, vitamin C, seng dan kunyit.

Menghentikan penyebarannya

Kutil tidak hanya dapat ditularkan saja, akan tetapi juga si penderita dapat menyebarkannya ke seluruh bagian tubuh kita sendiri melalui sentuhan. Jika tangan kita mencoba untuk menyentuh kutil dengan menggunakan tangan dan ketika kita akan melakukan sesuatu tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, maka hal inilah yang memungkinkan tersebarnya virus, sehingga beresiko memunculkan jenis kutil-kutil yang baru.

Menggunakan nanas

Oleskan nanas segar langsung kebagian kulit yang ditumbuhi dengan kutil beberapa kali dalam sehari. Karena nanas ini mengandung asam alami dan senyawa enzim yang akan membantu menyembuhkannya.

Bawang putih

Kita bisa mencampurkan bawang putih segar dengan sedikit air, sehingga menyerupai pasta, setelah itu oleskan pada bagian kutil tersebut lalu tutup dengan perban, biarkan selama beberapa jam dan lakukan secara rutin.

Baking powder

Campurkan baking powder dan minyak jarak yang dibuat menjadi pasta, lalu oleskan pada kutil setiap malam hari dan tutup dengan perban, lalukan hal tersebut secara rutin. Kita juga dapat mencoba menggunakan kemangi segar dengan cara yang sama atau bahkan mencampur keduanya secara bersamaan.

Vitamin

Kita juga masih bisa menggunakan vitamin C tablet yang sudah dihancurkan dan campur dengan air untuk membuat pasta tebal. Oleskan pada bagian kutil dan tutup dengan perban. Kita juga dapat mencoba menggunakan vitamin E lau menggosokkannya pada bagian kulit yang ditumbuhi kutil dan ditutup lagi dengan perban.

Lihat juga manfaat mentimun untuk kecantikan kulit!

Minyak pohon teh

Oleskan langsung kebagian kutil, lalu tutup dengan perban, diamkan selama beberapa jam. Kemudian ulangi secara rutin setiap hari. Kita juga dapat mencampurnya dengan cengkeh atau inyak kemenyan sebagai tambahan.

Propolis lebah

Beberapa orang sudah mencoba untuk membuktikan khasiat dari propolis lebah ini yang memang benar kalau hasilnya tersebut dapat mengatasi penyakit kulit sejenis kutil, yaitu dengan mengoleskannya kebagian kutil dan di diamkan selama beberapa jam, tentunya harus dilakukan secara rutin setiap hari, khusunya pada malam hari.

Lidah buaya

Lidah buaya ini sangat terkenal dengan khasiatnya yang dapat menenangkan kondisi suatu peradangan yang sedang terjadi, karena sifatnya yang menyegarkan. Aloe ini mengandung senyawa asam malat. Kita bisa mengupas kulit lidah buaya terlebih dahulu, kemudian gosokan daging lidah buaya tersebut kebagian pemukaan kulit yang di tumbuhi kutil, lakukan cara seperti dalam beberapa kali secara rutin.

Lihat juga cara perawatan kulit agar cantik, bersih dan sehat!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *