9 Ciri Timbulnya Penyakit Batu Ginjal

Ginjal adalah organ dalam terpenting dari bagian tubuh manusia termasuk salah satu organ ekskresi. Ginjal inipun mempunyai tugas atau fungsi yang cukup penting yaitu untuk sistem pembuangan kotoran dari dalam darah dan di buang melalui kotoran atau urine.

Ginjal sendiri berbentuk seperti kacang yang berpasangan dan terletak di belakang perut atau abdomen, berada di kiri dan kanan di belakang tulang rusuk. Ginjal inipun di lapisi oleh lemak yang cukup banyak untuk terlindung dari goncangan.

Ginjal berperan penting dalam proses pencernaan kita, karena setiap hari di butuhkan makanan untuk keperluan gizi dan asupan ke dalam tubuh kita sehingga makanan yang sudah di makan harus melalui proses pencernaan dan di pisahkan dari kotoran atau sisa yang harus di buang melalui urin agar tubuh kita menyerap sisa makanan yang baik, dan semua itu kedua ginjal inilah yang memproses. Ginjal juga akan mengalami kerusakan sama seperti organ tubuh yang lainnya jika kita tidak bisa menjaga atau merawatnya dengan baik dan tepat.

Kerusakan akan terjadi jika kita memakan makanan yang kurang baik sehingga berdampak buruk pada tubuh kita termasuk pada organ dalam tubuh karena organ dalam tubuh termasuk ginjal mempunyai peran penting dalam proses pencernaan. Makanan yang masuk dalam tubuh dan mempunyai zat yang keras atau makanan yang mengandung pewarna tekstil dan sebagainya itu akan membuat proses cerna ginjal menurun karena ginjal harus memprosesnya dengan lambat dan bisa jadi membentuk pengkristalan yang terjadi akibat zat zat tertentu menumpuk karena tidak bisa di cerna dan inilah yang membuat ginjal menjadi bermasalah dengan adanya Batu Ginjal.

Ciri Timbulnya Penyakit Batu Ginjal

Sakit saat buang air kecil

Ini terjadi karena batu sudah mulai pindah dan berada di bagian kantung kemih dan biasanya menyebabkan rasa perih pada bigan kantung kemih saat membuang urin, bisa saja hal lain seperti adanya infeksi atau gejala medis pada penularan penyakit seksual yang menjadikan timbulnya rasa sakit pada saat kita membuang urine.

Penyakit turunan

Bisa saja bagi anda yang mempunyai keluarga atau orang tua yang mempunyai penyakit yang sama bisa menurunkan penyakit ini, dan kita tidak bisa menyerap oksalat dengan baik. Hal ini yang membuat penumpukan zat zat dan membuat pengkristalan dan menjadikan nya segumpalan batu di dalam ginjal.

Buang air kecil darah

Hal ini terjadi karena adanya batu ginjal dan ureter dalam satu keadaan dimana ginjal yang sudah terdapat batu akan meng-ekskresikanya dengan sedikit darah dan membuat warna urine menjadi merah kecoklatan.

Sakit punggung

Inilah yang menjadi awal tanda anda menderita batu ginjal, karena letak ginjal itu sendiri berada di belakang perut yang tertutupi oleh tulang iga sehingga orang yang menderita penyakit batu ginjal ini akan merasakan sakit punggung sebagai ciri ciri awal menderita penyakit batu ginjal.

Berubahnya warna urine

Perubahan ini terjadi ketika batu ginjal dapat melewati saluran kantung kemih dan akan merusak atau melukai tabung kecil yang biasanya untuk membawa saluran urine keluar dari tubuh. Dan perubahan pun terjadi pada warna urine secara langsung.

Kurangnya Kalsium

Bukan hanya mineral, protein atau vitamin saja yang di butuhkan oleh tubuh tetapi kalsium juga sangat penting di perlukan untuk tubuh, ini di maksudkan untuk membantu pencegahan pembentuk zat zat atau pengkristalan dalam ginjal yang akan membentuk batu di daerah bagian dalam ginjal.

Penggunaan obat pencahar

Tidak hanya obat obatan keras saja yang berdampak buruk bagi tubuh kita, ternyata obat pencahar untuk memperlancar proses pengeluaran urine atau tinja pun akan membuat tubuh kita susah untuk menyerap nutrisi termasuk pada proses kerja ginjal karena adanya ketidakseimbangan elektrolit yang terjadi pada proses pencernaan.

Penyakit Inflasi usus

Penyakit ini menyebabkan diare serta dehidrasi yang akan membuat anda kehilangan banyak cairan dan pengeluaran tinja yang terus menerus, ini yang akan membuat pembentukan batu ginjal.

Infeksi saluran kemih

Keadaan yang sering seperti ini dan mengalami sakit yang terus menerus bisa jadi ini pembentukan batu ginjal karena batu akan di blokir di daerah saluran kantung kemih. Jika anda mengalami ini secara berulang ulang atau terus menerus di sarankan untuk melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi ke dokter.

Dalam kasus seperti ini sudah tentu banyak sekali yang tidak heran akan bahaya penyakit batu ginjal yang akan mengancam kehidupan kita. Sebaiknya kita melakukan pola hidup sehat dan menerapkan beberapa kebiasaan baik untuk memilih makanan yang sehat untuk tubuh kita, sehingga makanan yang kita cerna  pun akan mudah di proses oleh ginjal kita.

By : Toko Acep

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *