9 Dampak Buruk Narkoba Bagi Kesehatan

Narkoba adalah suatu zat adiktif yang membuat pengguna narkoba ini menjadi kecanduan. Bukan saja hanya di indonesia bahkan di semua negara barang haram ini bebas berkeliaran tanpa adanya larangan yang mampu mencegah barang haram itu masuk ke setiap negara. Colombia lah yang menjadi pengguna narkoba terbesar di dunia, dengan keuntungan yang sudah tidak di ragukan lagi dari hasil penjualan membuat setiap orang begitu ingin berbisnis dengan barang ini.

Pablo escobar adalah seorang gembong narkoba terbesar di dunia asal colombia yang berhasil memasarkan narkoba ke seluruh dunia dengan keuntungan dan keberhasilan yang fantastis, sehingga dia perlu mengeluarkan uang banyak hanya untuk membeli karet gelang agar bisa  mengikat uang uangnya.

Di balik kesuksesan para gembong narkoba, tidaklah kita memperhatikan dampak buruk dari narkoba sendiri pada lingkungan terutama pada masyarakat. Begitu banyak dampak buruk yang di timbulkan yang akan membuat generasi kita menjadi bodoh dan mempunyai prilaku yang negatif.

Narkoba memiliki berbagai macam dan jenis seperti morphin, heroin, ganja, kokain, opium, mariyuana dll. Dalam dosis tertentu memang benar narkoba ini memiliki manfaat untuk masalah atau gangguan tertentu pada tubuh, narkoba jenis psikotoprika biasanya di gunakan untuk membius pasien yang akan menjalani operasi, morphin dan heroin di gunakan untuk membantu menghilangkan rasa sakit pada tentara yang terluka di zaman dulu, dan kokain di gunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit asma dan TBC.

Dan semua itu di salah gunakan dengan pemakaian dosis yang berlebihan dan penjualan secara bebas di mana mana dan di jadikan bisnis tersendiri oleh orang yang tidak bertanggung jawab karena keuntungan yang luar biasa dari penjualan barang haram tersebut.

Beberapa bentuk dampak negatif narkoba bagi tubuh

Merusaknya sistem imun pada tubuh

Sering kali di abaikan penggunaan dari narkoba dengan pemakaian tanpa aturan dengan dosis yang tinggi yang di lakukan masyarakat pada saat ini, justru berdampak buruk bagi kesehatan, karena zat berbahaya yang terkandung dalam narkoba ini berbahaya pada sistem imun di tubuh kita yang akan membuat sistem kekebalan pada tubuh kita menjadi melemah tentunya kita akan menjadi mudah terserang penyakit.

Merusak mental

Dampak yang serius nya tentunya merusak pada mental pikiran kita. Kejadian ini akan di alami oleh si pengguna narkoba, pasalnya kandungan zat yang berbahaya akan merusak mental seperti merasakan halusinasi pada objek tertentu yang di anggap nyata atau ada padahal tidak ada ada sama sekali.

Rusaknya sistem peredaran darah

Kerusakan ini terjadi pada pengguna narkoba dengan ciri ciri yang dapat kita lihat dari mata merah si pengguna, ini karena rusaknya pembuluh darah di daerah mata dan mengalami pelebaran. Berbahayanya zat kimia yang terkandung di dalam narkoba ini akan mengalir dari paru paru menuju ke aliran darah di seluruh tubuh, dan kadang kadang hal ini akan membuat detak jantung berdetak dengan kencang yang akan membuat si pengguna bisa mengalami serangan jantung mendadak.

Terganggunya sistem saraf

dalam kasus ini kejadian si pengguna akan mengalami kerusakan pada sistem saraf di pusat, karena terganggunya sistem pencernaan pada otak yang akan membuat si penderita sulit untuk berpikir bahkan mengingat sesuatu. Senyawa kimia yang ada pada obat akan mengalir ke seluruh bagian tubuh tanpa waktu yang lama. Dan yang membuat si pengguna merasa tenang ialah THC yang ada pada narkoba ini akan mengeluarkan dopamin yang merangsang semua sistem saraf di tubuh.

Rasa takut yang berlebihan

Ini yang akan membuat si pengguna narkoba tidak akan percaya dengan saran orang lain, dengan percaya diri yang berlebihan tentunya akan merasa mudah tersinggung ketika di beri masukan oleh orang lain.

Sistem reproduksi yang terganggu

Ini akan terjadi pada semua pengguna narkoba wanita atau pria, pengguanaan secara terus menerus dengan dosis yang tinggi akan membuat sistem repsroduksi dan fungsi seksualitaspada wanita dan pris menurun.

Rusaknya sistem pernafasan

Asap dari narkoba jenis ganja ini mengandung karsinogen yang akan menyebabkan kanker paru paru. Jadi tidak heran jika pengguna narkoba akan sering batuk karena sudah teriritasinya paru paru oleh asap narkoba yang di hirup.

Gangguan pada kulit

Narkoba dengan berbagai macam dengan penggunaan yang berbeda tentunya dengan cara yang beda pun bisa kita lihat dengan ada luka atau lebam di kulit si pengguna, ini di akibatkan oleh penggunaan dari bekas jarum suntik.

Berubahnya fungsi otak

dalam hal ini perubahan fungsi otak terjadi karena kandungan zat yang berbahaya dari narkoba mampu merusak jaringan sistem yang ada pada otak sehingga bisa membuat perubahan sistem patologis dan biologis.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *