9 Dampak Buruk Penggunaan Gadget Untuk Pertumbuhan Anak

Zaman sekarang ini teknologi dan anak-anak merupakan sebuah hal yang sangat lumrah banyak terlihat dimana-mana. Rupanya, penelitian dari Common Sense Media mengungkapkan bahwa telah terjadi peningkatan yang luar biasa dari anak-anak yang menggunakan gadget seperti smartphone dan tablet. Penelitian lainnya juga telah menunjukan bahwa gadget ini sudah mengubah seluruh gaya hidup masa kecil, bahkan menggantikan TV, mainan, aktivitas bermain, dan buku cerita.

Dari sekitar 38% pada tahun 2011, survei dua tahunan mengungkapkan bahwa anak-anak berusia di bawah delapan tahun sudah banyak menggunakan perangkat mobile yang sudah meningkat sekitaran 72% pada tahun 2013. Sedangkan pada balita dari sekitaran 10% meningkat menjadi 38 %. Dengan ini, American Academy of Pediatrics menyarankan penggunaan teknologi terhadap anak-anak di bawah usia dua tahun bahkan secara berlebihan dapat mempengaruhi pola pikir serta kondisi tumbuh kembangnya.

Mempengaruhi perkembangan otak

Selama masa pertumbuhan balita, otak tiga kali lipat akan terus berkembang sampai tahun-tahun dewasa. Studi telah menunjukkan bahwa dengan menggunakan gadget secara berlebihan dapat berdampak negatif yang akan mempengaruhi fungsi otak anak dan dapat menyebabkan berkurangnya perhatian, keterlambatan kognitif, gangguan belajar, peningkatan impulsif, dan menurunnya kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Lihat juga beberapa tips untuk mengurangi paparan radiasi ponsel!

Masalah obesitas

Anak-anak yang mempunyai kebiasaan waktu duduk atau berdiam diri dan menghabiskan waktu di satu tempat cenderung dapat menambah penumpukan kalori yang pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Satu dari tiga anak di negara maju seperti AS menderita obesitas, yang dapat menyebabkan komplikasi seperti diabetes, serangan jantung, dan stroke.

Peran orangtua pun menjadi penting ketika mendorong si anak untuk selalu melakukan aktivitas fisik yang juga akan membantu membuat si anak untuk terus tetap bergerak yang akan melatih seluruh bagian organ tubuhnya agar menjadi lebih terbiasa dan kuat.

Kekerasan

Tantrum adalah bentuk paling umum dari sifat agresivitas yang banyak terjadi di kalangan balita. Saat mereka tumbuh dewasa, anak-anak yang kecanduan game komputer lebih mungkin untuk melawan dan tidak mematuhi orang tua mereka. Jadi kita sebagai orangtua harus membantu si anak untuk terbiasa dengan lingkungan luar yang cenderung lebih bersahabat.

Paparan radiasi

Menurut 2011 laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, ponsel dan perangkat nirkabel lainnya dianggap sebagai kategori yang beresiko tinggi karena emisi radiasi. Penelitian dari University of Toronto School of Public Health mengungkapkan bahwa paparan frekuensi radio jelas merupakan ancaman bagi anak-anak. Lihat juga cara agar tetap sehat walaupun merawat si anak yang sedang sakit!

Berkurangnya interaksi sosial

Penelitian dari University of California mengatakan bahwa jika anak-anak yang menghabiskan terlalu banyak waktu dengan teknologi, maka dapat menghalangi interaksi dan mengganggu pengembangan keterampilan komunikasi normal pada anak-anak.

Kurang tidur

Dampak bahaya ini di sebabkan oleh kondisi si anak yang berubah menjadi lebih agresif, selain itu bahwa paparan cahaya dari alat teknologi tersebut dapat membuat saraf kontrol si anak yang mengatur untuk tidur menjadi terganggu. Yang pada akhirnya membuat si anak menjadi sulit untuk tertidur. Lihat juga cara terbaik untuk memiliki bayi cerdas!

Tidak adanya sentuhan dengan alam

Gadget sendiri secara perlahan dapat membunuh perkembangan dan pertumbuhan normal pada anak yang seharusnya terjadi dan di alami pada saat masa anak-anak. Di usia tersebut seharusnya si anak dapat mengetahui dan mencoba belajar untuk menyesuaikan diri dengan alam melakukan interaksi sosial, mengenal kondisi alam dan mempunyai wawasan yang luas. Karena teknologi gadget ini hanya akan membuat si anak menjadi untuk terpaku diam di dalam rumah tanpa melakukan aktivitas fisik sama sekali.

Merusak penglihatan

Para ahli mengatakan bahwa penglihatan yang baik sangat tergantung pada kebiasaan menggunakan mata saat melihat hal-hal dari berbagai jarak. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kecanduan bermain game komputer lebih mungkin untuk mengembangkan masalah mata saat mereka tumbuh dewasa. Lihat juga informasi makanan sehat untuk anak-anak dibawah usia 5 tahun!

Kecanduan

Bukan hanya pada anak-anak saja kasus kecanduan ini bisa terjadi yang memang masa anak-anak merupakan masa untuk menyesuaikan diri dengan sesuatu, akan tetapi kecanduan pada gadget atau alat elektronik lainnya juga bisa terjadi pada orang dewaasa terutama remaja. Kondisi tersebut juga yang menjadi masalah dan berpengaruh buruk terhadap perkembangan mental, fisik, dan emosional.

Jika Anda mempunyai buah hati yang memiliki masalah kesehatan terutama pada tumbuh kembang fisik dan mentalnya, tidak perlu khawatir ataupun risau dan putus asa lagi dalam membantu si anak tercinta untuk tetap aktif secara fisik maupun mental. Karena pengobatan dari ZINC TABLET FOR CHILDREN ini akan membantu memperbaiki perkembangan anak yang terganggu, dan perlu di ingat juga bahwasanya produk herbal ini tidak hanya berperan untuk memperbaik sel atau jaringan si anak yang rusak, akan tetapi juga berfungsi sebagai nutrisi yang akan memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak dengan cepat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *