9 Efek Samping Berbahaya Mengkonsumsi Durian

Durian adalah buah yang yang sangat lezat, tetapi mempunyai aroma bau khas yang sangat tajam. Bau dari durian ini juga yang menyebabkan sebagian orang tidak menyukai si raja buah ini. Tapi siapa sangka di balik kelezatannya, durian ini juga bisa sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi orang-orang tertentu, buah durian ini sangatlah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Buah durian mempunyai kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tetapi jika kita mengkonsumsi durian tanpa batasan tertentu, maka akan berdampak negatif bahkan sampai menyebabkan kematian juga loh. Setidaknya ada lima per sen kematian per tahunnya yang disebabkan oleh durian. Di balik kelezatan durian tersebut ternyata menyimpan efek yang dapat mematikan jika kita tidak mengetahui aturan ataupun dosis memakannya.

Penyebab kolesterol tinggi

Bahaya dan efek samping dari buah durian yang pertama adalah penyebab kolesterol tinggi. Durian mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Bagi orang-orang yang sebelumnya memiliki riwayat kolesterol sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi durian secara berlebihan. Makan durian berlebihan dapat memicu kadar kolesterol menjadi meningkat. Lihat juga faktor penyebab kolesterol tinggi!

Penyebab diabetes

Durian juga sangatlah berbahaya terhadap orang yang memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit diabetes dan dianjurkan untuk tidak boleh makan buah durian lebih dari dua potong. Kandungan glukosa yang tinggi dalam durian tersebut juga dapat memicu peningkatan kadar gula darah, sehingga semakin besar risiko terkena diabetes. Kandungan glukosa dalam durian dapat meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes lebih cepat dari glukosa gula. Selain menaikkan gula darah juga ternyata dapat menyebabkan kematian bagi para penderita gula darah tinggi.

Penyebab kematian janin

Janin dalam rahim tidak mampu menahan panas yang berlebihan. Jika wanita hamil makan durian, efek durian pada perut akan menimbulkan rasa panas. Panas yang berlebihan akan menyebabkan kematian janin. Ini terjadi karena kandungan alkohol dalam buah durian sangatlah tinggi.

Penyebab penyakit jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh konsumsi durian yang berlebihan. Penyakit jantung diperburuk oleh konsumsi durian yang berlebihan. Penyebab seseorang mengalami serangan jantung dan mengakibatkan kematian yang disebabkan oleh detak jantung yang cepat. Alkohol dan kandungan kolesterol yang tinggi akan membuat denyut jantung seseorang menjadi lebih cepat. Lihat juga makanan sehat untuk jantung!

Penyebab kematian penderita hipertensi

Orang yang terkena hipertensi biasanya memiliki komplikasi dengan penyakit jantung. Kandungan alkohol dalam buah durian tersebut dapat meningkatkan tekanan darah penderita hipertensi. Tekanan darah yang naik akan memicu detak jantung. Tekanan darah akan terjadi jika tekanan darah seseorang berada di atas dari 200 dan akan membuatnya rentan terhadap penyakit jantung. Jika tekanan darah dan serangan jantung terjadi secara bersamaan, efeknya bisa menyebabkan kematian.

(Tidak boleh) Dicampur dengan alkohol

Kandungan alkohol dalam durian akan menyebabkan kematian jika dicampur lagi dengan alkohol dalam minuman keras. Alkohol bertemu dengan alkohol akan menghasilkan sulfur atau belerang. Sulfur yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan menurunkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh, bahkan jika jumlah sulfur ke dalam tubuh sangat banyak akan menyebabkan kematian. Sulfur adalah salah satu zat yang tidak boleh masuk ke dalam tubuh manusia karena dapat menyebabkan kematian. Lihat juga kerusakan otak oleh minuman beralkohol!

Masalah pencernaan

Mengkonsumsi durian tidak seharusnya dikombinasikan dengan kopi atau alkohol. Kopi adalah minuman pemicu tekanan darah tinggi. Terlalu sering mencampur durian dan kopi akan membuat seseorang terkena penyakit komplikasi. Durian juga tidak boleh dicampur dengan soda karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Masalah pencernaan dalam jangka panjang akan membuat usus dan perut menjadi sakit bahkan berlubang. Usus dan rongga perut yang bermasalah dapat menyebabkan kematian. Lihat juga buah anggur dapat meningkatkan sistem pencernaan!

Penyebab penyakit ginjal

Durian mengandung zat etanol, metanol dan etil metakrilat serta dalam bentuk senyawa sulfur atau belerang. Bahaya etanol dan metanol juga telah sangat berdampak negatif terhadap kesehatan. Untuk pasien ginjal, semua kandungan zat tersebut tidak baik untuk fungsi ginjal karena ginjal sudah sakit tidak bisa menguraikan semua substansi. Akibatnya, kinerja ginjal terbebani dan kinerja ginjal menurun dari 40 persen menjadi 35 persen. Lihat juga gejala penyakit ginjal!

Penyempitan darah

Senyawa dalam bentuk alkohol dalam durian dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak. Penyempitan pembuluh darah yang tersebut dapat memblokir aliran oksigen ke otak yang berarti tidak dapat disalurkan secara maksimal, sehingga menyebabkan penyakit stroke.

Ini juga bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi buah durian ini kok, kita masih tetap bisa mengkonsumsi si raja buah ini asalkan dengan batasan dan aturan makan yang perlu kita perhatikan, karena masih saja ada beberapa mitos dan fakta tentang durian ini yang menyebabkan seseorang khawatir untuk menyantap kelezatan si raja buah ini.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *