9 Faktor Penyebab Kolestrol Tinggi

Kolestrol adalah lemak yang berada di tubuh atau aliran darah dan baik untuk pembentukan zat pembangun pada dinding dinding sel baru. Tapi jika kolestrol dalam tubuh kita berlebih, ini justru akan berbahaya dan bisa mengakibatkan penyakit sehingga akan mengundang penyakit berat seperti penyakit jantung koroner. Bagian tubuh yang menghasilkan kolestrol ialah hati.

Pembentukan kolestrol bisa di lakukan secara alami oleh tubuh kita sendiri atau dari berbagai asupan makanan yang kita makan lalu di cerna dan akan menghasilkan lemak nabati seperti  buah, sayur dan berbagai macam kacang kacangan. Ini pun bisa kita hasilkan dari hewani seperti unggas, keju, susu, bahkan ikan. Kolestrol tidak menyatu dengan darah atau beraliran secara terpisah dan kolestrol mempunyai sendiri pengikatnya yaitu lipoptotein.

Banyak kita ketahui kolestrol itu hanya berbahaya dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan, tapi jangan salah di sisi lain kolestrol pun ada manfaatnya bagi tubuh kita, yaitu untuk membungkus beberapa sel saraf yang ada pada jaringan organ dalam tubuh kita dan melindunginya, membentuk hormon untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh kita, dan juga untuk  menjaga perkembangan beberapa organ yang ada di bagian tubuh bagian dalam.

kolestrol tinggi yaitu dari 240 mg dan normalnya tubuh hanya memiliki 160-200 mg. Jika lebih dari 240 mg maka tubuh anda mengalami ancaman berbagai penyakit dan di haruskan untuk diet sehat agar kolestrol dalam tubuh mengalami penurunan dan membuat anda terbebas dari penyakit.

Beberapa penyebab kolestrol

Makanan

Tidak di pungkiri lagi kalau keseharian hidup kita di penuhi oleh makanan yang kita tahu bahwa makanan tersebut memiliki kadar kolestrol yang tinggi, contohnya makanan cepat saji burger, mie instan, serta makanan ringan lainnya seperti keripik dan snack lainnya adalah pemicu kolestrol di tubuh menjadi naik karena makanan tersebut mengandung lebih banyak lemak tak jenuh sehingga semakin banyak lemak yang tertimbun di tubuh.

Keturunan

Kedapatan penyakit lain seperti darang tinggi atau penyakit hati tanpa kita sadari inilah yang akan membuat kolestrol di tubuh cenderung menjadi berlebih dan menjadi naik.

Tidak berolahraga

Olahraga tidak hanya akan menyegarkan pikiran, tetapi membantu tubuh kita untuk tetap sehat dan bugar. Orang yang tidak berolahraga akan rugi untuk dirinya sendiri karena berolahraga ringan berjalan kaki saja dapat menurunkan kadar kolestrol yang berlebih pada tubuh. Inilah manfaat yang kita ambil untuk kesehatan pada tubuh kita.

Merokok

Seorang perokok akan rentan terhadap penyakit kolestrol tinggi, karena zat berbahaya pada rokok akan mengurangi kolestrol baik yang terdapat di tubuh dan sebaliknya zat berbahaya ini akan menambah kadar LDL dalam tubuh.  Selain itu zat dalam rokok juga bisa menumpuk lemak dan bersarang di hati, sehingga mengharuskan hati untuk bekerja dengan kuat dan lambat laun hati tidak akan berfungsi dengan baik.

Usia

Dengan seiringnya bertambah usia maka kolestrol yang di tubuh pun meningkat. Produksi kolestrol inipun alami keluar dari tubuh dan meningkat sesuai usia, seperti pada laki laki ketika sudah menginjak usia 50 tahun kadar kolestrol di tubuh akan meningkat dengan sendirinya.

Mengonsumsi obat obatan

Berisiko terkena penyakit kolestrol pun akan di alami oleh orang orang yang sering mengkonsumsi obat obatan dari bahan kimia, ini menjadi pemicu kadar kolestrol tinggi di tubuh meningkat. Zat kimia yang ada pada obat tersebut bisa mengurangi kadar HDL di dalam tubuh karena HDL adalah kolestrol baik bagi tubuh.

Stress

stress adalah sejumlah gangguan jiwa yang biasa terjadi lewat pikiran dan memunculkan hal negatif serta berdampak berbahaya bagi tubuh. Sama halnya dengan penyakit lain, Kolestrol naik pun bisa di sebabkan dari keadaan pikiran kita yang stress, stress juga jadi pemicu bertambahnya kadar LDL di tubuh.

Mengonsumsi alkohol

Tidak hanya berdampak buruk terhadap gangguan mental saja, alkohol juga punya pengaruh buruk yang bisa merugikan diri kita maupun orang lain. Memasukkan alkohol berlebihan ke dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah, berat badan dan kolestrol

Kelebihan berat badan

Obesitas atau berat badan yang berlebih adalah sumber dari berbagai penyakit. Obesitas merupakan penyebab pertama orang mengidap diabetes, karena seseorang dengan berat badan yang berlebih memiliki kolestrol yang berbahaya bagi tubuh. Orang dengan penyakit obesitas mempunyai kadar HDL yang kecil. Karena kolestrol di bagi menjadi 2, HDL ialah kolestrol baik bagi tubuh sedangkan LDL merupakan kolestrol buruk bagi tubuh.

Kenaikan kolestrol secara berlebih bisa datang dari berbagai makanan yang kita konsumsi sehingga tidak kita sadari gejala gejalanya dari pada penyakit kolestrol ini sudah terasa pada tubuh kita, karena dampat dan pengaruh buruk dari bertambahnya kolestrol pun terjadi, jadi marilah kita melakukan pola gaya hidup sehat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *