9 Gejala Orang Mengalami Penyakit Jantung

Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh bagian dalam. Jantung berfungsi untuk mengatur dan memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jantung sendiri sering kita gunakan untuk mengetahui seseorang telah meninggal atau belum melalui detak jantung yang masih bergerak pada tubuh seseorang.

Penyakit jantung adalah penyakit mematikan yang sering di alami oleh masyarakat dunia, tidak heran lagi kalau di indonesia jika kematian terbesar akibat penyakit adalah jantung, dengan korban kebanyakan orang dewasa serta lanjut usia.

Beberapa gejala orang mengalami penyakit jantung

Nyeri dada

Hal awal yang biasa terjadi pada orang yang mengalami penyakit jantung adalah nyeri dada, terasa seperti jantung ada yang meremas remas dan sakit. Ini penyebabnya adalah karena jantung kekurangan pasukan oksigen dan darah yang seharusnya datang dan mengalami proses penyulingan oleh jantung.

Jantung terasa berdebar debar

Kejadian ini sering terasa sebagai awal dari penyakit jantung, jantung berdebar debar seolah olah kita sudah melakukan lari padahal hal ini terjadi tanpa sebab dan bisa dalam kondisi apapun.

Sesak napas

Bukan hanya pada penderita asma saja sesak nafas sering terjadi, tapi pada penderita penyakit jantung pun bisa terjadi karena kontraksi otot pada jantung yang tidak normal sehingga mempunyai dampak buruk bagi paru paru.

Sakit kepala

kejadian ini sering terjadi dan menjadi hal sering terjadi bahkan sama dengan penderita penyakit lainnya. Kejadian ini menjadi kejadian awal bahwa si penderita mengalami penyakit jantung, ini terjadi karena aliran darah ke otak tidak lancar sehingga menjadi terhambat dan terjadi rasa sakit.

Keluar keringat

Keringat yang biasa kita ketahui terjadi karena kita sudah melakukan aktivitas yang berat maupun melelahkan, tetapi berbeda dengan kejadian pada si penderita, karena keringat keluar secara tiba tiba tanpa di ketahui sebabnya. Keringat ini biasanya keluar di bagian telapak tangan dan kaki.

Rasa cemas

Dengan rasa cemas yang berlebih justru akan menganggu jantung anda, karena rasa cemas ini biasa anda pikirkan tentang masalah kesehatan atau masalah penyakit yang anda derita.

Menurunnya nafsu makan

ini bukan saja terjadi pada penderita penyakit lainnya saja, penderita penderita penyakit jantung juga merasakan hal yang sama nafsu makan menjadi menurun dan di sertai dengan mual dan muntah muntah. Ini adalah reaksi dari salah satu indikasi penyakit jantung.

Selalu merasa lelah

Perasaan yang merasa lelah selalu padahal anda tidak melakukan aktivitas yang melelahkan tetapi perasaan ini selalu datang tiba tiba tanpa sebab. Dan hal ini merupakan awal indikasi dari penyakit jantung.

Sakit di bagian tubuh

Keadaan yang selalu sakit pada tubuh setiap hari dengan bagian yang berbeda beda adalah gejala yang orang orang belum ketahui dan sadari akan timbulnya penyakit jantung karena bukan saja penyakit jantung, hal ini bisa sering terjadi pada penyakit ringan. Sakitnya di bagian tubuh ini terjadi karena tersumbatnya aliran darah yang seharusnya di saluran ke seluruh bagian di tubuh.

Hal yang wajar jika gejala gejala ini terjadi pada penderita penyakit yang ringan, karena ini merupakan gejala gejala umum penyakit jantung bukan secara khusus.

Penyebab timbulnya penyakit jantung

Gaya hidup

Kebiasaan gaya hidup yang kita jalani tidaklah begitu mudah dengan harus selalu melakukan pola gaya hidup sehat. Kegiatan yang menguras tenaga serta pikiran yang terjadi setiap hari tentu saja membuat keadaan tubuh harus tetap dalam keadaan bugar, sebaiknya kita melakukan olahraga rutin untuk mengembalikan keadaan tubuh agar tetap sehat dan kuat dengan melakukan olahraga dan diet sehat.

Kolestrol

Berbagai makanan yang kita konsumsi tidaklah semuanya baik bagi tubuh, begitu banyak makanan yang menggiurkan membuat kita inin terus menyantapnya yang kita ketahui apakah makanan yang kita konsumsi enak itu sehat bagi tubuh. Biasanya kita akan mengkonsumsi makanan cepat saji untuk menghemat waktu, seperti mie instan, burger dll. Makanan cepat saji lah yang memiliki banyak kandungan lemak berbahaya baik bagi tubuh sehingga menimbun banyak kolestrol di tubuh kita.

Merokok

Kebiasaan inilah yang akan membantu memperparah keadaan jantung kita. Hal ini tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi bisa merugikan orang lain. Kandungan nikotin dan karbon monoksida ini akan membuat darah menjadi lebih kental dan membentuk gumpalan di daerah jantung sehingga membuat jantung harus memompa dengan lebih keras dan cepat, dan kandungan zak rokok yang lain justru akan membuat dinding ateri pada jantung akan rusak dan terjadi penyempitan.

Usia

Dengan beranjak dan menambahnya umur menjadi semakin tua sehingga membuat beberapa organ tubuh kita menjadi rusak dan penurunan masa fungsinya, jadi kenapa kita baik melakukan olahraga jalan kaki, karena itu baik bagi tulang anda untuk menggantikan dengan sel yang baru atau memperbaiki kembali sel tulang yang sudah keropos.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *