9 Hal Ini Harus Di Perhatikan Selama Masa Kehamilan

Kehamilan adalah saat ketika dimana kita harus selalu berhati-hati ketika melakukan sesuatu, apalagi bagi orang yang senang melakukan diet juga harus lebih memperhatikan kembali program yang dijalani tersebut karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Banyak sekali cara tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan selama masa kehamilan agar memiliki bayi cerdas, dari mulai penggunaan suplemen vitamin atau mengikuti program latihan kesehatan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Dari kondisi tersebut, ternyata ada beberapa hal yang sepenuhnya tidak harus di hindari bahkan tidak harus dilakukan selama dalam masa kehamilan, seperti berikut ini:

Konsumsi alkohol

Kita tahu bahwasanya alkohol ini sangat berbahaya untuk dikonsumsi, apalagi untuk ibu yang sedang hamil, karena beberapa penelitian menunjukan tentang adanya efek buruk yang dapat berpengaruh terhadap si bayi yang dapat mengakibatkan cacat lahir, seperti pertumbuhan yang buruk, keterbelakangan mental dan ketidakmampuan belajar. Bahkan, konsumsi alkohol yang berlebihan selama kehamilan dikaitkan dengan suatu kondisi yang disebut sindrom alkohol janin pada bayi.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan persalinan prematur dan pecah ketuban dini pada ibu hamil. Hal ini juga menyebabkan asupan oksigen terbatas yang akhirnya mempengaruhi perkembangan organ, meningkatkan risiko cacat bawaan dan mengurangi berat badan dan ukuran janin. Satu studi juga telah menunjukkan bahwa ibu yang merokok dapat menyebabkan pubertas dini pada anak laki-laki dan meningkatkan kemungkinan ketergantungan obat pada anak perempuan secara signifikan.

Penyalahgunaan obat

Penggunaan obat-obatan seperti kokain, ganja, dll dapat menyebabkan kerusakan serius pada anak yang belum lahir. Hal ini dapat mengakibatkan berat badan lahir menjadi rendah, dan berbagai komplikasi serius lainnya sebelum dan setelah melahirkan. Lihat juga makanan yang dapat mengecilkan perut buncit degan cepat!

Mandi air panas dan sauna

Penggunaan berlebihan dari sauna, steam dan kolam hangat tidak baik selama kehamilan, karena dapat mengakibatkan rahim kondisi yang terlalu panas dan dalam kasus yang ekstrim dapat mengakibatkan kematian janin. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa paparan berlebihan terhadap panas melalui mandi air panas, sauna dan juga kondisi demam, terutama selama trimester pertama, dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada bayi.

Olahraga ekstrim

Jenis olahraga terutama olahraga fisik yang membuat penekanan pada jantung melebihi 160 bpm dapat menyebabkan kurangnya asupan oksigen ke bayi yang mengarah ke janin hipoksia yang berarti bahwa oksigen ke otak janin menjadi terbatas dan dapat mengakibatkan kerusakan otak.

Pijat di rumah

Dalam masa kehamilan juga si ibu harus lebih berhati-hati ketika akan melakukan refleksi seperti halnya dengan melakukan proses pemijatan, dan harus melakukannya dengan seorang terapis yang sudah terlatih, karena kalau tidak dapat terjadi kontraksi persalinan prematur.

Stres

Stres adalah pemicu berbagai masalah dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan bayi. Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi benar-benar dapat mengalami lingkungan emosional ibu. Bahkan, sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa stres kehamilan karena renggangnya dalam hubungan juga bisa mengubah perkembangan mental dan dapat membuat anak takut sampai batas tertentu ketika dewasa nanti.

Diet tidak seimbang

Menjalani diet tidak seimbang akan menghasilkan perkembangan janin yang non-optimal dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi berat badan si ibu yang dapat menjadi lebih buruk terhadap perkembangan si bayi.

Penggunaan X-rays

Jika ibu hamil menjalani pemeriksaan medis yang mengharuskan untuk menggunakan sinar-X, yang pertama harus terlindungi yaitu bagian perut atau melindunginya menggunakan apron agar terhindar dari paparan radiasi lain terhadap janin yang dapat berkontribusi terhadap cacat lahir. Radiasi karena x-ray dapat menyebabkan kerusakan genetik, kematian intrauterin dan keganasan pada janin.

Di luar beberapa hal tersebut, ternyata masih banyak juga hal-hal tertentu yang mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin ataupun si bayi yang tidak hanya di sebabkan oleh kebiasaan buruk saja, akan tetapi juga dapat di pengaruhi oleh kondisi kesehatan tertentu pada ibu hamil tersebut. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil agar selalu terjaga dan agar tetap mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat selama masa kehamilan, tentunya kita harus menggunakan suplemen kesehatan herbal dari ZINC TABLET yang akan membantu menjaga dan memenuhi nutrisi kesehatan ibu selama masa kehamilan.

Kita tidak hanya harus memperhatikan kesehatan si ibu yang sedang hamil saja, akan tetapi kesehatan pun harus di perhatikan pada perkembangan dan pertumbuhan janin, apalagi yang sudah memasuki tahap-tahap pertumbuhan pada sel dan jaringan tubuhnya. Suplemen atau obat herbal dari CALCIUM SOFTGEL pun dapat membantu menjaga perkembangan bayi sekaligus menjaga kesehatan si ibu dalam masa kehamilan dengan cara memenuhi asupan nutrisi dan vitamin yang di butuhkan oleh ibu dan bayi tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *