9 Makanan Yang Menyebabkan Urin Menjadi Berbau

Seringkali kita berpikir bahwa kotoran yang dihasilkan oleh sistem pencernaan kita sangatlah tidak bermanfaat, tapi tunggu dulu, pendapat ini tidak berlaku untuk urin. Lebih mengejutkannya lagi, ternyata urin memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ternyata asupan makanan tertentu juga dapat mempengaruhi warna air yang dikeluarkan oleh urin loh, tidak terkecuali dengan aroma bau yang dihasilkannya tersebut. Yu, kita cari tahu beberapa makanan yang dapat menyebabkan urin menjadi berbau tak sedap.

Asparagus

Asparagus adalah sayuran berbunga yang sering dimakan dengan steak, bentuknya yang panjang, batangnya yang lembut selalu membawa rasa yang berbeda. Salah satu dari banyak senyawa kimia dalam sayuran ini adalah asam asparagusic, yang hanya muncul dalam sayuran asparagus saja. Setelah itu dalam sistem pencernaan kita, asam tersebut akan memecah menjadi kelompok senyawa sulfur. Setelah senyawa tersebut mulai berbaur dalam urin kita, selanjutnya senyawa tersebut akan masuk dan menyatu dengan gas yang akhirnya menghasilkan bau.

Kari

Rempah-rempah jenis tertentu biasanya dapat mempertahankan kepedasan dan senyawa tertentu mereka bahkan setelah sampai melewati saluran pencernaan tubuh. Contohnya saja jika kita mengkonsumsi makanan khas India, mungkin saja kita akan mengeluarkan kencing yang berbau sedikit. Kondisi ini disebabkan oleh campuran rempah-rempah dari jinten dan ketumbar, dua bahan yang paling penting dalam banyak kari India.

Ikan salmon

Mengonsumsi makanan kaya vitamin B-6 sangatlah dianjurkan, karena membantu tubuh untuk memetabolisme protein dan lemak. Mengkonsumsi ikan salmon adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin B-6. Sayangnya, bahwa vitamin ternyata memiliki beberapa efek negatif dalam saluran kemih. Kondisi inilah yang akan membuat warna urin menjadi lebih kuning terang dari biasanya, dan juga memiliki bau seperti obat. Vitamin B tersebut akan mudah untuk larut dalam air yang bisa melewati ginjal dan menjadi urin.

Cabai

Makanan pedas seperti halnya cabai mengandung senyawa capsaicin yang menghasilkan sensasi terbakar saat dikonsumsi. Iritasi yang disebabkan oleh senyawa capsaicin dapat memicu reaksi langsung ketika terjadi kontak dengan membran mukosa pada tubuh. Terlalu banyak makan cabai dapat menyebabkan kita menjadi sering buang air kecil dan juga dapat menghasilkan aroma bau dalam cairan urin yang kita keluarkan. Dan memang benar, makanan pedas juga mempunyai efek terhadap tubuh kita.

Alkohol

Terlalu banyak meminum minuman yang mengandung alkohol dapat membuat air kencing kita menjadi berbau yang disebabkan oleh sifat diuretik kuat dalam alkohol. Ketika kita meminum minuman beralkohol tersebut, maka air beralkohol itu tidak melewati sistem pembersihan dalam sistem pencernaan kita untuk rehydrate. Disaat kadar air kencing kita sedikit, maka kemungkinan dapat menyebabkan timbulnya penyakit asam urat dan membuat air kencing kita menjadi berbau. Bukan hanya mempengaruhi air urin saja, ternyata alkohol juga dapat mempengaruhi beberapa bagian otak kita, tentunya dapat menimbulkan beberapa efek samping yang negatif terhadap kesehatan kita.

Kubis Brussel

Sayuran kubis brussel ini ternyata memiliki kandungan tinggi akan serat, vitamin A dan C, dan beta karoten. Sayangnya, sayuran ini juga memiliki sejenis senyawa kimia yang disebut metil-mercaptan, tetapi jangan khawatir senyawa tersebut tidak akan memiliki efek samping terhadap tubuh kita kok. Senyawa metil-mercaptan ini akan disalurkan melalui ginjal, mulai berbaur dengan senyawa sulfur organik yang akhirnya menghasilkan aroma bau.

Gandum

Gandum juga dapat menghasilkan bau mabuk yang kuat dalam urin yang disebabkan oleh kandungan senyawa kimia tertentu yang terdapat dalam gandum tersebut

Kopi

Sama seperti alkohol, kafein juga memiliki efek diuretik yang dapat menyebabkan urin menjadi berbau. Karena efek diuretiknya itu tidak larut dalam air ataupun dalam sistem metabolisme tubuh kita, jadinya akan tetap untuk sampai dikeluarkan dari tubuh kita. Selain itu, kopi juga memiliki efek tertentu bagi tubuh kita, tidak jarang kebanyakan orang dapat mengetahui beberapa efek samping dan manfaat dari kopi tersebut.

Bawang putih

Bawang putih termasuk rempah-rempah yang memiliki kandungan methyl mercaptan yang dapat menghasilkan aroma bau dalam air urin, karena kandungan dari senyawa tersebut tidak mudah dilarutkan atau tidak mudah hilang saat melewati beberapa organ dalam sistem pencernaan kita seperti ginjal, jadinya senyawa ini akan tetap utuh sampai keluar menjadi air kencing.

Berbicara tentang urin, mungkin saja banyak kita anggap bahwasanya air urin sangatlah tidak bermanfaat atau tidak mempunyai kelebihan sama sekali dalam kehidupan kita, akan tetapi, air urin ternyata dapat memberitahu kondisi kesehatan tubuh kita juga loh. Hal ini bisa dilakukan melalui beberapa ciri dari urin tersebut, seperti warna, aroma dan suhunya, karena metode ini sudah banyak digunakan oleh ahli medis untuk meneliti beberapa masalah tertentu yang dapat diketahui melalui tes urin.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *